Timespedia

Berapa Lama Waktu Permainan Bola Basket?

Berikut penjelasan durasi permainan bola basket.

Husna Rahmayunita

Pebasket Suriah Elias Azrie (kanan) berusaha melewati hadangan pebasket tim nasional Jepang dalam laga babak penyisihan Grup C FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (15/7/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Pebasket Suriah Elias Azrie (kanan) berusaha melewati hadangan pebasket tim nasional Jepang dalam laga babak penyisihan Grup C FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (15/7/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Bolatimes.com - Berapa lama waktu permainan bola basket akan dibahas di artikel berikut ini. 

Seperti halnya sepak bola, durasi permainan bola basket juga telah diatur. Ini masuk ke dalam aturan dasar yang dimiliki dalam olahraga bola basket.

Hingga saat ini diketahui ada 3 versi terkait lama permainan bola basket, mulai dari versi Federasi Bola Basket Internasional atau sering (FIBA), National Basketball Association (NBA), hingga National Collegiate Athletic Association Amerika Serikat (NCAA).

Peraturan FIBA adalah peraturan yang dipakai luas oleh berbagai negara dan pertandingan-pertandingan resmi di bawah naungan FIBA sebagai induk bola basket dunia.

Sementara aturan NBA hanya mengikat untuk para kontestan liga basket NBA. Selain masalah waktu permainan, NBA juga punya beberapa aturan berbeda lainnya dari FIBA.

Begitu juga dengan NCAA, Liga bola basket antar universitas di Amerika Serikat, ini punya aturan tersendiri yang tak sama dengan FIBA menyoal durasi waktu pertandingan bola basket.

Lama Waktu Permainan Bola Basket

Dikutip dari situs web resmi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), lama permainan bola basket ada 3 versi. Ketiga versi itu dibuat oleh FIBA, NBA, dan satu lagi NCAA (National Collegiate Athletic Association) Amerika Serikat.

Sebelum membahas lebih lanjut soal waktu permainan, perlu diketahui bahwa permainan bola basket dibagi ke dalam beberapa babak.

Biasanya permainan bola basket dibagi menjadi 4 babak atau kuarter.  Jika berpedoman dengan aturan dari FIBA, lama permainan bola basket adalah 4 x 10 menit.

Artinya, permainan bola basket dimainkan selama 10 menit dan dibagi dalam empat babak atau kuarter.

Untuk versi NBA, waktu bermain bola basket adalah 4 x 12 menit, di mana setiap babak atau kuarter dimainkan selama 12 menit.

Sedangkan untuk kompetisi NCAA, pertandingan bola basket dibagi atas dua babak. Setiap babaknya memiliki waktu selama 20 menit.

Perpanjang Waktu dalam Pertandingan Bola Basket

Seperti sepak bola, olahraga bola basket juga mengenal istilah babak tambahan waktu atau extra time. Hanya, di dalam bola basket dikenal dengan istilah overtime.

Perpanjangan waktu digunakan untuk menentukan tim yang menang ketika skor imbang. Jika kedua tim imbang setelah perpanjangan waktu, mereka memainkan perpanjangan waktu kedua dengan aturan dan peraturan yang sama.

Untuk urusan overtime, FIBA, NBA, dan NCAA memiliki aturan yang sama yaitu lima menit.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini