Timespedia

Mengenal Istilah-istilah Wajib di Bulu Tangkis, Sering Muncul dalam Pertandingan

Inilah istilah-istilah dalam bulu tangkis yang wajib diketahui

Irwan Febri Rialdi

Aksi Anthony Ginting dalam laga final Singapore Open 2022. (Instagram/@badminton.ina)
Aksi Anthony Ginting dalam laga final Singapore Open 2022. (Instagram/@badminton.ina)

Bolatimes.com - Bulu tangkis menjadi olahraga populer kedua di Indonesia, meskipun yang paling sering menyumbang prestasi di kancah internasional untuk Tanah Air.

Untuk memainkan bulu tangkis, tak hanya dibutuhkan peralatan lengkap seperti net, raket hingga shuttlecock selain dua pemain atau bisa lebih dari itu.

Dalam memainkan bulu tangkis, dibutuhkan pemahaman mengenai istilah-istilah penting di dalamnya dan wajib untuk diketahui.

Lantas apa saja istilah yang wajib diketahui dan dipahami sebelum bermain bulu tangkis? berikut ini penjelasannya masing-masing.

1. Servis

Merupakan sebutan untuk pukulan awal terhadap shuttlecock untuk memulai pertandingna, dalam hal ini pemain bisa langsung kehilangan poin jika dinyatakan service over.

2. Smash

Smash adalah pukulan keras yang dilakukan saat pemain melakukan serangan, menyambut bola lewat pukulan dari atas yang diarahkan ke bawah.

Pukulan hasil kombinasi kekuatan dan kecepatan, membuat laju bola menghujam ke area lawan dengan kecepatan tinggi.

3. Jumping Smash

Tidak jauh berbeda dengan smash, pukulan yang memadukan kecepatan dan kekuatan, yang membedakan hanya metode dan timing.

Jumping smash dilakukan dengan pemain melakukan jumping terlebih dulu saat menyambut bola dengan smash keras ke arah lawan.

4. Dropshot

Dropshot disebut juga dengan chop, pukulan pengembalian yang melintasi net dan jatuh area lawan dengan sedikit mengurangi kekuatan.

Bisa dilakukan dengan underhand, overhand dari bibir net atau belakang lapangan area pertandingan.

5. Netting

Sesuai dengan namanya, metode meraih poin ini dilakukan lewat permainan di sekitar net secara mendatar dengan tujuan agar bola jatuh di depan net.

Teknik ini kerap kali dilakukan untuk membuat lawan kesulitan dalam melakukan pengembalian sehingga bola justru masuk ke area permainan sendiri.

6. Rally

Merupakan pukulan yang dilakukan sejak service hingga bola akhirnya terjatuh, rally terjadi dalam kurun waktu yang terbilang lama.

Sehingga dalam kondisi ini para pemain akan kehilangan banyak kekuatan, hingga tak jarang enggan melakukan smash.

7. Straight Game

Istilah ini digunakan saat salah satu pemain mampu menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan dua gim tanpa memaksakan pertandingan ketiga.

8. Rubber Game

Istilah ini digunakan saat pertandingan harus dilanjutkan ke gim ketiga setelah kedua pemain saling berbagi kemenangan pada gim pertama dan kedua.

9. Match Point

Istilah ini digunakan saat salah satu pemain mencapai poin ke-20 saat pertandingan memasuki gim kedua dan hanya tinggal membutuhkan satu angka memenangi laga.

Atau juga digunakan saat pertandingan gim ketiga memasuki poin ke-20 saat pemain butuh satu angka guna memenangi laga.

10. Deuce

Istilah ini digunakan saat kedua pemain sama-sama mengoleksi 20 poin di waktu yang sama, sehingga membutuhkan dua jarak poin untuk memenangi gim.

Jika berlangsung lama, maka satu pemain yang pertama mencapai angka ke-30 dinyatakan sebagai pemenang.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini