Timespedia

Pengertian dan Aturan Gol dalam Sepak Bola

Gol jadi hal vital di sepak bola.

Husna Rahmayunita

Aksi Antoine Griezmann cetak gol penentu kemenangan Atletico Madrid atas Porto di menit akhir jelang laga bubaran. (AFP)
Aksi Antoine Griezmann cetak gol penentu kemenangan Atletico Madrid atas Porto di menit akhir jelang laga bubaran. (AFP)

Bolatimes.com - Gol menjadi materi terpenting dalam sepak bola, khususnya bagi tim yang bertanding karena statusnya sebagai penentu siapa yang keluar sebagai tim pemenang.

Pertandingan dapat dikatakan berakhir imbang jika muncul tanpa gol, dalam laga tertentu nantinya akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu demi mencari pemenang.

Meski begitu dalam sepak bola ada aturan tersendiri soal aturan gol dalam permainan, bukan hanya asal memainkan pertandingan untuk mencetak gol kemenangan.

Digelarnya pertandingan sepak bola, setiap tim memiliki tujuan mencetak gol sebanyak-banyaknya untuk meraih kemenangan dengan durasi waktu selama 90 menit.

Masing-masing tim harus memasukkan bola ke gawang yang memiliki ukuran antartiang dengan lebar 7,32 dan tinggi 2,44 m.

Bola dianggap sah masuk gawang jika seluruh bagiannya sudah melewati garis gawang dan dinyatakan sah oleh wasit sebagai pengadil di lapangan.

Dalam Law of The Game Dewan Sepak Bola Internasional (IFAB), gol dinyatakan sah jika selama proses atau rangkaiannya terjadinya tidak ditemukan pelanggaran.

Jika kiper dengan sengaja melemparkan bola ke arah gawang lawan fan gol maka hal itu tidak dapat dikatakan sah dan menjadi tendangan bebas bagi lawan.

Wasit memiliki hak penuh dalam mengambil keputusan terkait gol atau tidak, termasuk menggunakna alat bantu teknologi seiring perkembangan jaman.

Di era modern, VAR sangat penting karena mampu dipakai sebagai alat tinjau ulang dalam proses gol dan bisa menjadi penentu sah tidaknya gol.

Aturan IFAB menyatakan bahwa pemain akan mendapat hukuman keras jika sengaja menghalangi terjadinya gol atau peluang bersih dari tim lawan.

Terdapat empat faktor untuk menentukan tingkat pelanggaran, mulai dari jarak titik pelanggaran ke gawang, alur permainan, kemungkinan tim menjaga penguasaan atau merebut bola dan posisi jumlah pemain.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini