Timespedia

Pengertian Kapten dan Tugasnya di Sepak Bola

Kapten tim merupakan sosok vital yang harus ada di lapangan.

Husna Rahmayunita

Kapten Liverpool, Jordan Henderson. (Paul Ellis/AFP).
Kapten Liverpool, Jordan Henderson. (Paul Ellis/AFP).

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok kapten beserta peran dan tugasnya yang terasa vital dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Dalam sepak bola, kapten tim merupakan sosok vital yang harus ada di lapangan. Bisa dikatakan, sosok kapten dalam sepak bola adalah pemimpin bagi timnya.

Tak mengherankan jika kapten dalam sepak bola diisi oleh sosok-sosok berkharisma. Sebagai contoh ada Roy Keane, Carles Puyol, Paolo Maldini, John Terry, Javier Zanetti dan lain sebagainya.

Peran kapten di sepak bola tak hanya menjadi seorang pemimpin di lapangan saja. Kapten juga berfungsi menjadi sebagai mediator di lapangan bagi pelatih tim, wasit dan pemain.

Karenanya, untuk menjadi kapten di sebuah tim sepak bola, dibutuhkan jiwa kepemimpinan yang tinggi, kemampuan komunikasi yang baik, dan juga pengalaman mumpuni.

Selain itu, seorang kapten di sepak bola biasanya menjadi representasi bagi tim yang dipimpinnya di di lapangan.

Maka tak mengherankan jika pemain yang biasa didapuk sebagai kapten tim di sepak bola saat ini, adalah pemain dengan kemampuan paling menonjol di antara rekan-rekan setimnya.

Dewasa ini, peran kapten sangat vital dalam sepak bola. Tak hanya untuk menjadi mediator dan representasi tim di lapangan, tapi juga menjadi pengayom para rekannya.

Alhasil, tindak-tanduk seorang kapten dalam sebuah tim sepak bola akan dilihat dan menjadi contoh bagi para rekannya.

Lantas, apa saja tugas seorang kapten dalam permainan sepak bola?

1. Pemimpin Tim

Tugas utama kapten dalam permainan sepak bola adalah memimpin timnya. Tak hanya saat bertanding, kapten juga memimpin timnya saat sesi latihan.

Tak hanya di lapangan saja, kapten tim juga harus menjadi pemimpin bagi timnya di kamar ganti, termasuk memberikan contoh di luar lapangan.

2. Penyambung Lidah Pelatih di Lapangan

Seorang kapten juga bertugas menjadi penyambung lidah antara pelatih dengan para pemain yang ada di timnya.

Dengan perannya, seorang kapten membantu pelatih dalam mengatur tim, terutama dalam menjalani latihan dan juga saat bertanding.

3. Jadi Contoh bagi Timnya

Dengan jabatan kapten yang diembannya, seorang kapten harus bisa menjadi contoh bagi rekan-rekannya di dalam dan luar lapangan.

Dalam sepak bola, kapten tim harus bisa menunjukkan etos kerja tinggi sehingga rekan-rekannya bisa mencontohnya dan termotivasi untuk bermain lebih baik.

4. Representasi Tim

Tak hanya menjadi ikon bagi timnya, seorang kapten di sepak bola juga mewakili tim saat akan bertanding. Hal ini terkait urusan-urusan yang bersifat simbolis di sepak bola.

Contohnya adalah saat memimpin rekan-rekannya masuk ke lapangan hingga bertemu dengan wasit dan kapten tim lawan untuk menentukan penendang bola pertama dalam pertandingan.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini