Wajib Tahu, Ini Pengertian Diving dalam Sepak Bola

Yuk mengenal arti diving dalam olahraga sepak bola.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 09 September 2022 | 14:00 WIB
Rudi Voller terlibat aksi diving yang membuatnya menerima kartu kuning kedua.

Rudi Voller terlibat aksi diving yang membuatnya menerima kartu kuning kedua.

Bolatimes.com - Mengupas arti diving yang dikenal luas sebagai trik dalam sebuah permainan sepak bola dan awam dipraktikkan oleh para pemain di lapangan hijau.

Permainan sepak bola dipenuhi oleh berbagai trik. Trik-trik ini biasanya digunakan untuk mengelabui lawan dalam permainan, terutama trik dalam mengolah bola.

Namun di sepak bola, ada pula trik yang dilakukan untuk mengelabui wasit. Salah satu trik tersebut biasa dikenal dengan sebutan Diving.

Baca Juga: PSSI Sebut Infrastuktur JIS Belum Layak untuk Timnas Indonesia, Sewanya Juga Mahal

Trik Diving dalam sepak bola umum terjadi dalam beberapa waktu ke belakang, terutama saat teknologi Video Assistant Referee (VAR) belum hadir di sepak bola.

Trik ini biasanya dilakukan oleh para pemain yang telah memasuki kotak penalti lawan, dengan tujuan mendapatkan penalti dari wasit.

Sebagai contoh trik ini dilakukan oleh penyerang PSIS Semarang, Taisei Marukawa di kancah Liga 1 2022/2023. Trik tersebut pernah ditunjukkannya kala melawan Barito Putera di pekan ke- 3 (6/8).

Baca Juga: Resmi Latih Chelsea, Graham Potter Ternyata Punya Kenangan Indah dengan Gelandang Bali United

Dalam laga itu, Barito Putera sempat unggul dulu lewat Rafael da Silva di menit ke-16. Namun di menit ke-28, PSIS mampu menyamakan kedudukan lewat titik putih.

PSIS mendapat penalti usai Taisei Marukawa terlihat dilanggar pemain Barito Putera. Namun dalam tayangan ulang, nampak jika pemain asal Jepang itu tak dilanggar sama sekali dan melakukan Diving.

Duo PSIS Semarag, Taisei Marukawa dan Oktafianus Fernando. (Dok. PSIS)
Duo PSIS Semarag, Taisei Marukawa dan Oktafianus Fernando. (Dok. PSIS)

Tak pelak trik tersebut membuatnya menjadi bahan cemoohan para penikmat sepak bola, karena trik ini dianggap curang.

Baca Juga: Bikin Haru, Momen Richarlison Menangis di Pelukan Sang Ayah usai Borong Dua Gol Kemenangan Tottenham di Liga Champions

Terlepas dari banyaknya kasus Diving di sepak bola, kira-kira apa pengertian Diving tersebut?

Pengertian Diving

Secara harfiah, ‘diving’ sendiri merupakan bahasa Inggris untuk kata ‘menyelam’. Kata ini pun sejatinya juga menggambarkan dua jenis olahraga.

Baca Juga: Dapatkan Izin Kerja, Diego Costa Segera Gabung Klub Calon Bek Timnas Indonesia U-20

Dua olahraga tersebut adalah Scuba dan Freediving ataupun Skydiving. Scuba dan Freediving sendiri biasanya dilakukan di dalam air, sedangkan Skydiving dilakukan di udara.

Namun kata ‘diving’ juga diterapkan di sepak bola untuk menggambarkan trik. Bedanya, ‘diving’ di sepak bola tak memiliki arti menyelam.

Dalam sepak bola, ‘diving’ diartikan sebagai tindakan pemain yang secara sengaja bereaksi seperti saat dilanggar lawan untuk mendapatkan keuntungan.

Maka tak mengherankan jika Diving di sepak bola sendiri banyak dilakukan di kotak penalti. Pasalnya, tindakan ini semata-mata untuk mendapatkan keuntungan seperti penalti bagi timnya.

Namun ada pula trik Diving yang dilakukan di luar kotak penalti, yang bertujuan untuk mendapatkan tendangan bebas ataupun membuat lawan yang telah dihukum, mendapatkan kartu kuning kedua dan diusir oleh wasit.

Dalam sepak bola, trik Diving ini merupakan trik terlarang. Bahkan FIFA selaku induk sepak bola dunia, melarang aksi ini.

FIFA sendiri telah memberlakukan aturan bahwa para pemain yang melakukan Diving akan mendapatkan hukuman berupa kartu kuning.

Saat ini, Diving sendiri mulai jarang terlihat di sepak bola internasional. Hal ini tak lepas dari kehadiran Video Assistant Referee (VAR) yang mengamati gerak-gerik pemain.

Maka tak mengherankan jika kompetisi top yang telah menggunakan VAR, minim akan trik-trik Diving yang dilakukan pemain seperti sebelum-sebelumnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Prawira Harum Bandung akan menjalani laga hidup dan mati saat berjumpa Ulaanbaatar XAC Broncos pada laga play off putaran pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (7/4).

timespedia | 00:30 WIB

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB

Jangan ketinggalan event Jatim Media Summit akan digelar 24-25 Mei. Buruan daftar.

timespedia | 17:23 WIB

Buat skuatmu menjadi tangguh

timespedia | 07:48 WIB
Tampilkan lebih banyak