Sejarah Piala Dunia: Ludah Frank Rijkaard Hujani Kepala Voller

Piala Dunia adalah momen yang paling ditunggu penggemar sepak bola seluruh dunia. Kompetisi empat tahunan itu selalu memunculkan drama dan intrik di setiap laganya.

Senin, 25 Juni 2018 | 18:42 WIB
Ludahan Frank Rijkaard kepala Rudi Voller semakin panaskan hawa persaingan Jerman Barat dan Belanda pada Piala Dunia 1990.

Ludahan Frank Rijkaard kepala Rudi Voller semakin panaskan hawa persaingan Jerman Barat dan Belanda pada Piala Dunia 1990.

Bolatimes.com - Piala Dunia adalah momen yang paling ditunggu penggemar sepak bola seluruh dunia. Kompetisi empat tahunan itu selalu memunculkan drama dan intrik di setiap laganya. Salah satunya duel antara Jerman Barat dan Belanda di Piala Dunia 1990.

Duel klasik itu menghadirkan satu kisah kontroversial. Tidak lain adalah perilaku Frank Rijkaard yang meludahi Rudi Voeller.

Sebenarnya, ketegangan kedua negara sudah terjadi sejak Piala Dunia 1974 di Jerman. Ludah Rijkaard ke Voller pun semakin memanaskan persaingan dua negara ini.

Baca Juga: Prediksi Arab Saudi Vs Mesir di Grup A Piala Dunia 2018

Di Piala Dunia 1990, Jerman mengandalkan Voller dan Juergen Klinsmann. Sedangkan Belanda menugaskan Rijkaard mematikan pergerakan kedua pemain tersebut.

Duel sengit terjadi antara Frank Rijkaard dan Rudi Voller

Sembari berlari, eks Barcelona itu meludahi kepala bagian belakang Voller. Tentunya, aksi Rijkaard itu membuat Voller naik pitam dan dia mengadu kepada wasit.

Baca Juga: Dimanfaatkan Sebagai Alat Politik, Salah Ingin Keluar dari Timnas

Juan Carlos Loustau, wasit yang memimpin laga kala itu, memberi Voller kartu kuning. Juan Carlos menganggap Voller berlebihan menanggapi masalah yang dinilai yang pengadil sepele.

Aksi ludahan pertama Rijkaard kepada Voller luput dari pandangan wasit. Merasa tak terlihat, Rijkaard justru semakin membuat provokasi.

Kartu Kuning Kedua

Baca Juga: Gawat! Suvenir Piala Dunia 2018 Diisi Narkoba

Voller mencoba menenangkan diri dan berusaha mencetak gol ke gawang Belanda. Saat tendangan bebas, Voller mencoba mengejar bola yang mengarah ke gawang.

Namun kiper Belanda, Hans van Breukelen lebih dahulu menangkap bola sebelum disundul Voller. Untuk mengindari tabrakan, Voller mencoba melompat.

Rijkaard dan Van Breukelen pun marah. Di sini, Rijkaard kembali berulah. Dia menjewer telinga Voller. Adu mulut pun terjadi. Voller tak terima dengan aksi Rijkaard, sementara Rijkaard menuduh Voller melakukan diving.

Baca Juga: Bepe Sindir Umuh Muchtar Jelang Laga Persija Vs Persib

Rudi Voller terlibat aksi diving yang membuatnya menerima kartu kuning kedua.

Sial bagi Voller, Rijkaard memenangkan aksi provokasinya. Voller mendapat kartu kuning kedua dan harus meninggalkan lapangan.

"Saya tidak tahu kenapa wasit mengusir saya dari lapangan. Mungkin alasan itu tidak akan terungkap dan dia bawa sampai ke lubang kubur," kata Voller.

Ludahan Berujung Kartu Merah

Ketika Voller berjalan ke luar lapangan, sambil tertunduk atas keputusan wasit. Rijkaard kembali melakukan aksi tercela. Dia meludahi kepala bagian belakang Voller.

Kali ini, aksi Rijkaard tak luput dari pandangan Juan Carlos. Rijkaard pun mendapat kartu merah. Keluarnya Rijkaard menjadi berkah untuk Jerman. Jerman memenangkan pertandingan atas Belanda dengan skor 2-1. Jerman pun melaju hingga menjuarai Piala Dunia 1990.

Rudi Voller menggenggam trofi Piala Dunia 1990, setelah sebelumnya mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.

Rijkaard menolak berhenti berulah. Saat berjalan memasuki ruang ganti, dia melakukan aksi yang sama kepada Voller. Beruntung, Voller dapat menahan diri. Bentrokan tak terjadi di lorong stadion, Voller memasuki ruang ganti tanpa membalas.

Insiden itu juga terus dikenang sebagai permusuhan Jerman dan Belanda. Beberapa bulan kemudian, Rijkaard meminta maaf kepada Voller. Dia mengaku sedang kehilangan akal sehat karena tekanan pertandingan dan stres akibat pernikahannya hancur.

"Hari itu saya salah. Tidak ada penghinaan untuk Rudi Voller. Saya selalu sangat menghormati dia. Tapi saya mengamuk ketika melihat kartu merah itu. Saya berbicara dengannya setelah pertandingan dan minta maaf," kata Rijkaard.

"Saya sangat senang dia menerimanya. Saya tidak punya firasat buruk tentang dia sekarang. Kami bahkan berpose untuk iklan yang sangat lucu bersama beberapa tahun kemudian," ujar Rijkaard.

Frank Rijkaard dan Rudi Voller duduk bersama dalam rangka membintangi iklan keju mentega.

Drama unik seperti itu kadang menjadi ciri khas sepak bola. Bertahun-tahun setelah permaafan itu, keduanya kembali bertemu. Bukan dalam pertandingan, tapi di proyek iklan mentega keluaran Belanda. Keduanya didapuk sebagai bintang iklan. Konon, mentega itu menggunakan tagline, 'Everything in Butter Again' (semuanya akan baik kembali).

 

Bolatimes.com/Rauhanda Riyantama

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Persib Bandung berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dengan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jl. Sancang, Bandung, Selasa (26/3) .

bolatainment | 16:22 WIB

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB
Tampilkan lebih banyak