Usai Timnas Indonesia Dicukur Jepang, Shin Tae-yong: Saya Melatih Tim Terlemah

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan, level permainan anak asuhnya di Piala Asia 2023 Qatar tak mencerminkan peringkat ranking FIFA.

Pipin Lukmanul Hakim | BolaTimes.com
Kamis, 25 Januari 2024 | 19:18 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memberikan arahan kepada para pesepak bola asuhannya saat melawan Timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). FOTO/Aditya Pradana Putra/nym. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memberikan arahan kepada para pesepak bola asuhannya saat melawan Timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). FOTO/Aditya Pradana Putra/nym. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan, level permainan anak asuhnya di Piala Asia 2023 Qatar tak mencerminkan peringkat ranking FIFA.

Sekarang ini, timnas Indonesia berada di peringkat 146 dunia berdasarkan ranking FIFA teranyar per 21 Desember 2023.

Peringkat ranking FIFA Indonesia adalah peringkat dua terendah dari 24 tim yang berlaga di Piala Asia bersama Hong Kong, yang berada di peringkat 150 dunia.

Baca Juga: Hajar Timnas Indonesia, Pelatih Jepang Mengaku Senang

"Saya melatih tim terlemah di antara 24 tim di kompetisi ini, jadi ini adalah pengalaman lain. Tim Indonesia berada di peringkat 146 FIFA, tetapi tingkat performa kami tidak sama dengan peringkat FIFA kami," kata Shin Tae-yong, dipetik dari laman resmi AFC.

Dengan kemenangan 1-0 melawan Vietnam, dan kalah 103 dengan skor yang sama dari Irak serta Jepang dari laga di Grup D.

Shin Tae-yong menegaskan level Indonesia sekarang ini jauh lebih baik dari hanya sekadar ranking 146 dunia.

Baca Juga: Jawaban Didier Deschamps saat Ditanya Ibu Negara Kenapa Tidak Panggil Junya Ito ke Timnas Prancis

Dengan hasil satu kemenangan dan dua kekalahan, tim Garuda saat ini finis sebagai peringkat tiga Grup D mengoleksi 3 poin dan selisih gol -3.

Hasil ini membuat Indonesia harus menunggu hasil pertandingan Grup E dan F, yang akan bertanding pada Kamis pukul 18.30 WIB, dan 22.00 WIB untuk menentukan nasib lolos ke babak 16 besar sebagai satu di antara tim peringkat tiga terbaik.

Tetapi, dikatakan Shin Tae-yong, lolos atau tidaknya Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia, berpartisipasi dalam turnamen terbesar Asia sudah membuatnya bangga.

Baca Juga: Pelatih Fisik Persib: Ketika Semuanya Berjalan dengan Baik, Saya pun Tak Akan Mengeluhkan Apapun

"Kami adalah tim termuda di grup kami, dan dengan memiliki pengalaman melawan tim-tim terbaik di Asia akan membantu tim kami untuk terus berkembang," kata juru taktik asal Korea Selatan itu.

Bukan itu saja, Shin Tae-yong pun sangat cukup bangga untuk perkembangan performa timnas Indonesia untuk masa depan.

"Sebagai pelatih kepala, kompetisi semacam ini memberi saya kesan tentang peningkatan yang diperlukan," katanya. 

Baca Juga: Kevin Akui Gara-gara Mereka Tugasnya di Persib Jadi Lebih Mudah: Itu Bagus!

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak