43 Tahun Berlalu Pernah Berjaya Lawan Jepang, 3 Sosok Ini Bisa Kembalikan Masa Emas Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bukan pertama kali melawan Timnas Jepang. Dalam catatan, ada 15 pertemuan antara Timnas Indonesia kontra Jepang. Melihat itu peta kekuatan keduanya sama. Bahkan Timnas Indonesia pernah merujak Jepang 0-7.

Rizki Laelani | BolaTimes.com
Rabu, 24 Januari 2024 | 13:52 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri  sukses memberi asis berujung gol penyeimbang atas Irak di Piala Asia 2023. (pssi)

Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri sukses memberi asis berujung gol penyeimbang atas Irak di Piala Asia 2023. (pssi)

Bolatimes.com - Terseok-seoknya Jepang di gelaran Piala Asia 2023 menandakan jika mereka tak kuat-kuat amat. Benar jika Jepang ada di ranking 17 FIFA. Namun Timnas Indonesia punya peluang dan kesempatan yang sangat bisa diperjuangkan.

Sejarah pertemuan kedua tim tercatat jelas, jika Indonesia pernah sanggup mengimbangi Jepang dalam 15 kali pertemuan. Bahkan skor mengerikan pernah terjadi di mana Jepang digasak 7 gol tanpa balas.

Timnas Indonesia terakhir kali mempecundangi Jepang pada tahun 1981. Nah pertanyaanya saat ini apakah skuad bentukan Shin Tae-yong mampu mengulang masa manis itu?

Baca Juga: Penampilan Stefano Beltrame di Laga Uji Coba Persib Tuai Pujian

Tentang peta kekuataan pemain, mengacu pada data The Analyst, ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang dinilai bisa membayakan Jepang.

Ketiganya adalah Marselino Ferdinan, Rafael Struick, dan Yakob Sayuri. Dari catatan statistik saat melawan Iran dan Irak dua laga penting, mereka mampu memberikan hasil yang dominan.

Di sisi Jepang, ada lima pemain yang mentereng selama gelaran ini. Mereka adalah Wataru Endo, Takumi Minamino, Ritsu Doan, Mao Hosoya, dam Daizen Meida.

Baca Juga: Kode Keras! Pelatih Persib Sampaikan Kabar Baik untuk Para Pemain Mudanya

Dari deretan itu, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia bisa melahirkan pemain ciamik dan membahayakan pada saat melawan Jepang nanti. (*)

 

Baca Juga: Kekuatan Jepang Tak Seistimewa Digemborkan Media, Timnas Indonesia Punya Catatan Lebih Apik

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak