Fix! Persib Bandung Ubah Hari Jadi dari 14 Maret 1933 Menjadi 5 Januari 1919, Ternyata Ini Alasannya

Persib Bandung secara resmi telah mengubah hari jadi mereka dari awalnya pada tanggal 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919 berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Tim Peneliti Hari Jadi Persib dari Unpad.

Ilham Maulana | BolaTimes.com
Minggu, 17 Desember 2023 | 19:17 WIB
Persib Bandung ubah hari jadinya dari semula pada 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919 berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tim peneliti dari Unpad. (Tangkapan layar YouTube Persib)

Persib Bandung ubah hari jadinya dari semula pada 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919 berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tim peneliti dari Unpad. (Tangkapan layar YouTube Persib)

Bolatimes.com - Persib Bandung, klub kebanggaan Bobotoh ini banyak diketahui secara resmi terbentuk pada tanggal 14 Maret 1933.

Oleh karenanya, Persib dan para Bobotoh seringkali merayakan hari ulang tahun pada tanggal tersebut.

Jika mengikut penanggalan hari lahir pada 14 Maret 1933, Persib Bandung berarti baru berusia 90 tahun.

Baca Juga: Mengharukan, Pemain Persib Bandung Pilih Sambut Piala Asia 2023 Daripada Liburan Nataru Bersama Keluarga

Namun kini, klub yang bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tersebut telah menetapkan hari jadi yang baru.

Sebagaimana dilansir dari laman persib.co.id pada Minggu (17/12/2023), hari jadi Maung Bandung berubah menjadi tanggal 5 Januari 1919.

Hal tersebut diumumkan secara langsung oleh CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Glenn T Sugita.

Baca Juga: 2 Pemain Keturunan Main di MLS Ini Kode Siap Bela Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sumeringah!

Sebelumnya, Glenn telah menerima hasil penelitian dari Tim Peneliti Hari Jadi Persib dari Universitas Padjadjaran.

Tim Peneliti Hari Jadi Persib tersebut, diketuai oleh Prof Kunto Sufianto, Ph.D , yang merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

“Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu decade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnali dan Bobotoh Persib karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hariu jadi Persib pada tanggal 14 Maret 2933,” katanya.

Baca Juga: 6 Nama Pemain Ini Disinyalir Akan Perkuat Timnas Indonesia dalam Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Justin Hubner Dibawa ke

Selain itu, penyebutan Persiba tau BIVB kala itu sebagai salah satu dari tujuh pendiri PSSI pada tahun 1930.

Sehingga secara logika, Kunto menegaskan bahwa tentu berarti Maung Bandung harus lebih dulu lahir daripada PSSI.

Terkait penetapan hari jadi menjadi 5 Januari 1919, karena adanya momen kesepakatan dalam rapat atau vergadering 13 klub pribumi.

Baca Juga: Laga Super Big Match Pekan ke-23, Bali United vs Persib Bandung, Persaingan Papan Atas Kian Panas

13 klub pribumi tersebut, disampaikan Kunto telah memutuskan untuk membentuk bond tersendiri sebagai bentuk perlawanan terhadap diskriminasi Hindia Belanda.(*)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak