Wasit Jepang Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki Kembali Bertugas di Liga 1, Tuan Rumah Dirugikan

Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki kembali ditugaskan menjadi pengadil pertandingan di BRI Liga 1 pekan ke-23

Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi | BolaTimes.com
Sabtu, 16 Desember 2023 | 21:03 WIB
Wasit asal Jepang Yusuke Araki memimpin laga Persita vs Persikabo (@forumwasitindonesia)

Wasit asal Jepang Yusuke Araki memimpin laga Persita vs Persikabo (@forumwasitindonesia)

Bolatimes.com - Kompetisi BRI Liga 1 pekan ke-23 kembali akan dipimpin wasit asal Jepang yakni Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki.

Futhosi Nakamura ditugaskan menjadi pengadil pertandingan Persija Jakarta versus PSS Sleman di Stadion Patriot Chandra Bhaga pada Sabtu (16/12/2023).

Sedangkan Yusuke Aruki memimpin laga Persis Solo vs Dewa United di Stadion Manahan pada Minggu (17/12/2023).

Baca Juga: Keputusan Persib Bikin Dirut PT BIJB Gembira, Kadispora Apresiasi Langkah Maung Bandung

Dilansir dari akun @forumwasit indonesia, penugasan dua wasit asal Jepang tersebut sebagai percontohan untuk wasit lokal.

Futoshi Nakamura maupun Yusuke Araki sebelumnya telah menjadi pengadil lapangan di Liga 1.

pada pekan ke-22 lalu, Futoshi Nakamura memimpin laga antara Persib Bandung kontra Persik Kediri, sedangkan Yusuke Araki memimpin pertandingan antara Persita vs Persikabo 1973.

Baca Juga: Bali United vs Persib, Teco Berharap 'Mereka' Datang ke Stadion Dipta

Seperti sebelumnya kedua wasit asal Jepang tersebut tetap akan didampingi oleh wasit lokal dalam memimpin jalannya pertandingan.

Wasit Asing Merugikan Tuan Rumah

Witan Sulaeman dianulir oleh wasit. (Vidio.com)
Witan Sulaeman dianulir oleh wasit. (Vidio.com)

Penugasan wasit asing, terutama wasit asal Jepang seperti Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki menuai berbagai komentar dari netizen di Indonesia.

Baca Juga: PSSI Dekati Calon Pemain Naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes, Bung Towel: Kompetisi untuk Apa, Pajangan?

Sebagian besar netizen justru berharap pertandingan BRI Liga 1 seterusnya dipimpin oleh wasit asing.

Hal itu terlihat dari komentar yang membanjiri akun Instagram @forumwasitindonesia ketika memposting penugasan Futoshi Nakamura di Liga 1.

 “Tambah kuota wasit Jepang, biar semua pertandingan dipimpin wasit Jepang,” ujar @bocahgroup9.

Baca Juga: Bocor! Alasan Kevin Diks Masih Galau Enggan Pilih Timnas Indonesia Terbongkar, Ada Masalah Khusus Ternyata

“Menurut gue ya, PSSI gercep ini respon soal wasit, perlu diapresiasi sih. Klo liga Malay sudah libur dan liga kita masih jalan, ajak aja wasit yang biasa mimpin Timnas senior kita FMD,” tulis @gassumerch.

Sebagian netizen justru menyebut bahwa wasit asing akan merugikan tim tuan rumah karena pertandingan akan berjalan dengan adil.

“Kalo pake wasit asing yang dirugikan itu tim tuan rumah. Kenapa? Ya pasti adil, beda sama wasit lokal akan lebih memihak tuan rumah karena tau kultur sepakbola negeri kita kalo gak nguntungin minimal diteriaki ******,” ujar @ahmadgusram.(*)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak