Timnas Indonesia Disuruh Pakai Pemain Lokal Saja, Sekjen PSSI: Masih Belum Bisa Bersaing di Level Tinggi

Sekjen PSSI Yunus Nusi tidak setuju dengan Anggota Komisi X dari fraksi Nasdem Haerul Amei yang menyuruh Timnas Indonesia menggunakan pemain lokalan saja.

Rifqu Khanif | BolaTimes.com
Selasa, 05 Desember 2023 | 11:00 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi (tengah) tidak setuju jika Timnas Indonesia hanya menggunakan pemain lokal saja. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi (tengah) tidak setuju jika Timnas Indonesia hanya menggunakan pemain lokal saja. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Bolatimes.com - Baru-baru ini Persatuan Sepal Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menghadiri rapat kerja dari Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bersama Pemerintah, Senin, (4/12). Rapat kerja tersebut membahas terkait permohonan pewarganegaraan dari calon pemain Timnas Indonesia, yang diajukan oleh PSSI.

PSSI mengajukan dua nama pemain keturunan atas rekomendasi dari pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Dua nama pemain keturunan yang hendak dinaturalisasi adalah Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes.

Dalam rapat yang berlangsung di gedung DPR RI, Komisi X menanyakan beberapa hal, tak luput juga dari salah satu fraksi memberi masukan untuk PSSI atau Timnas Indonesia.

Baca Juga: Dipimpin Gideon Dapaherang, Persib Belum Pernah Menang

Masukan itu datang dari Anggota Komisi X DPR RI dari fraksi Nasdem Haerul Amri, ia berpendapat, sebaiknya PSSI mencari pemain Timnas yang asli tidak ada darah campurannya (pemain lokal), ketimbang mendatangkan pemain keturunan.

"Lebih baik kita mencari orang Indonesia yang betul - betul asli dengan modal yang sangat murah dan itu bisa dirasakan langsung para anak bangsa ini. Daripada hanya mengaku-ngaku karena dia keturunan Indonesia sementara bayarannya juga tidak toleran," jelas Haerul Amri di rapat kerja komisi x bersama PSSI dan Kemenpora, (4/12).

Tapi, Sekjen PSSI Yunus Nusi menjelaskan, bahwa hanya mengandalkan talenta lokal saja belum cukup bisa membantu Timnas di level tinggi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gagal Uji Coba dengan Iran, Negara Asal Afrika Jadi Penggantinya

"Timnas Indonesia yang sat ini didominasi oleh pemain lokal kita masih belum bisa bersaing ke level yang lebih tinggi," jawab Yunus Nusi.

Dua pemain yang diproses itu adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, mereka memiliki darah keturunan Indonesia.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Jadwal Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023, Partai Pembuka Shin Tae-yong

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Persib Bandung harus kehilangan Achmad Jufriyanto selama dua pekan. Ia akan mulai absen saat Persib jumpa Barito Putera, lusa nanti. Pelatih Bojan Hodak pun memaparkan situasi yang tengah dialami Jupe.
bolaindonesia | 20:26 WIB
Terang-terangan Erick Thohir memuji Suwon FC yang saat ini bertarung di kasta teratas Liga Korea Selatan, yang siap mempersilahkan Pratama Arhan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.
bolaindonesia | 10:47 WIB
Jika tak ada perubahan, pertandingan Persija vs Madura United akan berlangsung pukul 19.00 WIB. Selain bisa menyaksikan secara gratis di Indosiar, pertandingan tersebut juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.
bolaindonesia | 22:16 WIB
Manajemen Persib Bandung berharap semua pihak bisa memahami situasi yang terjadi pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Pada kompetisi musim ini, suporter tim tamu dilarang hadir pada pertandingan tandang, termasuk saat Persib jumpa Barito Putera.
bolaindonesia | 20:58 WIB
Pelatih Persib Bojan Hodak memastikan timnya bakal kehilangan satu pemain saat hadapi Barito Putera. Persib akan dijamu Laskar Antasari di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Februari 2024.
bolaindonesia | 20:24 WIB
Nova Arianto kini jadi pelatih Timnas Indonesia U-16, pernah memperkuat Persib cukup bersinar di masanya. Bahkan bek berkepala plontos ini mendapat gelar Suster Ngesot dari suporter Persib, Bobotoh.
bolaindonesia | 06:15 WIB
Terlihat jelas keributan sampai adu fisik yang keras saat latihan yang langsung dipimpin pelatih kepala Bojan Hodak.Saking sengitnya, Alberto Rodriguez sempat mencengkik Ferdiansyah.
bolaindonesia | 10:21 WIB
Posisi Abdul Aziz di skuad Persib Bandung kian terancam. Setelah jarang mendapat menit bermain, nama Abdul Aziz berpotensi hilang dari daftar susunan pemain Persib.
bolaindonesia | 16:58 WIB
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bicara soal lini penyerangan timnya usai laga kontra Persis. Ia mengklaim bahwa sektor depan Persib membaik usai kembali mencetak gol.
bolaindonesia | 10:25 WIB
Tak ada kata menyerah bagi pemain asing yang dibuang Persib ini. Sempat dibekap cedera lama, Tyronne del Pino akhirnya kembali ke lapangan dan meraih kemenangan di laga debut dengan status tandang.
bolaindonesia | 16:54 WIB
Nick Kuipers sangat bangga bisa segera mencetak sejarah di Persib saat melakoni laga melawan Barito Putera di pekan 25 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.
bolaindonesia | 13:59 WIB
Sejak latihan perdana, latihan Persib tidak dipimpin oleh pelatih Bojan Hodak. Staf pelatih Goran Paulic mengatakan, Bojan terbang ke luar negeri untuk urusan pribadi. Ia pun mengungkapkan program yang akan dilahap para pemain Persib ke depan.
bolaindonesia | 11:20 WIB
Setelah resmi dilepas Persib, Daisuke Sato akhirnya punya klub baru. Ia sudah resmi diperkenalkan oleh klub asal Filipina bernama Davao Aguilas FC kepada publik pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024.
bolaindonesia | 10:27 WIB
Persib Bandung absen pekan ini. Sementara kiper utamanya, Kevin Ray Mendoza kembali gagal menyabet nominasi penyelamatan Liga 1 pekan 24.
bolaindonesia | 09:43 WIB
Stefano Beltrame mengaku bahwa kondisi dan perasaannya sudah membaik usai hasil imbang lawan Persib. Ternyata ada yang ia lakukan selama Persib libur tiga hari.
bolaindonesia | 08:54 WIB
Persib Bandung belum mau memikirkan Barito Putera di jeda kompetisi Liga 1 yang tengah libur karena Pemilu 2024. Staf pelatih Persib pun ungkap rencana yang akan dilakoninya saat ini.
bolaindonesia | 10:17 WIB
Media Vietnam Dantricom menyebut bahwa Vietnam jauh lebih kuat dari pada Skuad Garuda, di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong dan pemain naturalisasi menurut mereka Timnas Indonesia sama sekali tidak mengalami perubahan
bolaindonesia | 22:01 WIB
kelompok suporter Timnas Indonesia La Grande Indonesia membentangkan spanduk raksasa di Kota Jakarta sebagai bentuk terima kasih kepada Shin Tae-yong yang berhasil membawa Timnas Indonesia jauh lebih baik
bolaindonesia | 20:55 WIB
Tampilkan lebih banyak