Selain Firman Utina, Bambang Pamungkas Angkat Bicara soal Naturalisasi di Timnas Indonesia

Mantan penyerang Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas angkat bicara soal fenomena naturalisasi di Timnas Indonesia, sebelumnya ada Firman Utina yang menyinggung hal tersebut.

Rifqu Khanif | BolaTimes.com
Selasa, 28 November 2023 | 08:51 WIB
Bambang Pamungkas mantan penyerang Timnas Indonesia bicara soal naturalisasi.(Twitter/@theafcdotcom).

Bambang Pamungkas mantan penyerang Timnas Indonesia bicara soal naturalisasi.(Twitter/@theafcdotcom).

Bolatimes.com - Baru-baru ini dua legenda pesepak bola Indonesia, Firman Utina dan Bambang Pamungkas angkat bicara soal pemain naturalisasi di Timnas Indonesia.

Firmna Utina mengungkapkannya pada saat dia hadir dalam acara kanal YouTube milik Mahardika Entertainment, eks gelandang Timnas Indonesia mengaku tak masalah dengan naturalisasi, tapi dia menyoroti pembinaan usia muda yang jauh lebih penting, ketimbang pakai jalan pintas cepat (naturalisasi).

Sementara, Bambang Pamungkas yang juga mantan pemain Timnas Indonesia, bicara soal fenomena naturalisasi di era kepelatihan Shin Tae-yong. Menurutnya tidak masalah karena tidak melanggar ketentuan atau aturan, baik dari sisi hukum Indonesia maupun statuta FIFA.

Baca Juga: Dikomentari Artis Hingga Mantan Persib, Unggahan Teja Paku Alam Membuat Bobotoh Bertanya-tanya

Namun, dikutip dari kanal YouTube Sport77 Official, Selasa, (28/11), Bambang Pamungkas menyarankan, PSSI juga memperhatikan pembinaan usia muda, di saat gencar melakukan naturalisasi.

 

Baca Juga: Beredar Foto Stefano Beltrame Sudah di Bandung, Wilujeng Sumping di Persib!

"Bagi saya begini, naturalisasi bukan hal yang salah, toh tidak melanggar aturan, toh setiap negara dunia juga melakukan hal itu. Permasalahannya adalah kita harus balance, melakukan itu," ujar Bepe.

"Artinya naturalisasi itu hanya menyiapkan tim dalam jangka waktu pendek 5 tahun. Lebih dari itu kita harus menyiapkan generasi muda kita untuk menjadi seorang pesepak bola profesional. Artinya harus ada balancing, naturalisasi dilakukan, pembinaan usia dini dilakukan," imbuhnya.

Menurut Bepe, prioritas utama yang harus dikerjakan oleh PSSI adalah akar pembinaan pemain usia muda, karena merupakan masa depan sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Liga 1 Pekan 20: Persib Pesta Gol, Persija Tertahan, Borneo FC Menang

Jika PSSI terus melakukan naturalisasi, tanpa memikirkan pembinaan, maka hal tersebut (naturalisasi) akan menjadi sebuah kebutuhan terus menerus.

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Persib Bandung harus kehilangan Achmad Jufriyanto selama dua pekan. Ia akan mulai absen saat Persib jumpa Barito Putera, lusa nanti. Pelatih Bojan Hodak pun memaparkan situasi yang tengah dialami Jupe.
bolaindonesia | 20:26 WIB
Terang-terangan Erick Thohir memuji Suwon FC yang saat ini bertarung di kasta teratas Liga Korea Selatan, yang siap mempersilahkan Pratama Arhan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.
bolaindonesia | 10:47 WIB
Jika tak ada perubahan, pertandingan Persija vs Madura United akan berlangsung pukul 19.00 WIB. Selain bisa menyaksikan secara gratis di Indosiar, pertandingan tersebut juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.
bolaindonesia | 22:16 WIB
Manajemen Persib Bandung berharap semua pihak bisa memahami situasi yang terjadi pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Pada kompetisi musim ini, suporter tim tamu dilarang hadir pada pertandingan tandang, termasuk saat Persib jumpa Barito Putera.
bolaindonesia | 20:58 WIB
Pelatih Persib Bojan Hodak memastikan timnya bakal kehilangan satu pemain saat hadapi Barito Putera. Persib akan dijamu Laskar Antasari di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Februari 2024.
bolaindonesia | 20:24 WIB
Nova Arianto kini jadi pelatih Timnas Indonesia U-16, pernah memperkuat Persib cukup bersinar di masanya. Bahkan bek berkepala plontos ini mendapat gelar Suster Ngesot dari suporter Persib, Bobotoh.
bolaindonesia | 06:15 WIB
Terlihat jelas keributan sampai adu fisik yang keras saat latihan yang langsung dipimpin pelatih kepala Bojan Hodak.Saking sengitnya, Alberto Rodriguez sempat mencengkik Ferdiansyah.
bolaindonesia | 10:21 WIB
Posisi Abdul Aziz di skuad Persib Bandung kian terancam. Setelah jarang mendapat menit bermain, nama Abdul Aziz berpotensi hilang dari daftar susunan pemain Persib.
bolaindonesia | 16:58 WIB
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bicara soal lini penyerangan timnya usai laga kontra Persis. Ia mengklaim bahwa sektor depan Persib membaik usai kembali mencetak gol.
bolaindonesia | 10:25 WIB
Tak ada kata menyerah bagi pemain asing yang dibuang Persib ini. Sempat dibekap cedera lama, Tyronne del Pino akhirnya kembali ke lapangan dan meraih kemenangan di laga debut dengan status tandang.
bolaindonesia | 16:54 WIB
Nick Kuipers sangat bangga bisa segera mencetak sejarah di Persib saat melakoni laga melawan Barito Putera di pekan 25 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.
bolaindonesia | 13:59 WIB
Sejak latihan perdana, latihan Persib tidak dipimpin oleh pelatih Bojan Hodak. Staf pelatih Goran Paulic mengatakan, Bojan terbang ke luar negeri untuk urusan pribadi. Ia pun mengungkapkan program yang akan dilahap para pemain Persib ke depan.
bolaindonesia | 11:20 WIB
Setelah resmi dilepas Persib, Daisuke Sato akhirnya punya klub baru. Ia sudah resmi diperkenalkan oleh klub asal Filipina bernama Davao Aguilas FC kepada publik pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024.
bolaindonesia | 10:27 WIB
Persib Bandung absen pekan ini. Sementara kiper utamanya, Kevin Ray Mendoza kembali gagal menyabet nominasi penyelamatan Liga 1 pekan 24.
bolaindonesia | 09:43 WIB
Stefano Beltrame mengaku bahwa kondisi dan perasaannya sudah membaik usai hasil imbang lawan Persib. Ternyata ada yang ia lakukan selama Persib libur tiga hari.
bolaindonesia | 08:54 WIB
Persib Bandung belum mau memikirkan Barito Putera di jeda kompetisi Liga 1 yang tengah libur karena Pemilu 2024. Staf pelatih Persib pun ungkap rencana yang akan dilakoninya saat ini.
bolaindonesia | 10:17 WIB
Media Vietnam Dantricom menyebut bahwa Vietnam jauh lebih kuat dari pada Skuad Garuda, di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong dan pemain naturalisasi menurut mereka Timnas Indonesia sama sekali tidak mengalami perubahan
bolaindonesia | 22:01 WIB
kelompok suporter Timnas Indonesia La Grande Indonesia membentangkan spanduk raksasa di Kota Jakarta sebagai bentuk terima kasih kepada Shin Tae-yong yang berhasil membawa Timnas Indonesia jauh lebih baik
bolaindonesia | 20:55 WIB
Tampilkan lebih banyak