Staf Pelatih Persib Ungkap Penyebab Klub Indonesia 'Doyan' Gunakan Striker Asing Ketimbang Lokal

Hampir seluruh tim peserta kompetisi Liga 1, termasuk Persib mempunyai striker asing. Staf pelatih Persib, Goran Paulic memaparkan penyebab klub di Indonesia lebih doyan menggunakan striker asing ketimbang lokal.

H.M Permana | BolaTimes.com
Kamis, 23 November 2023 | 10:10 WIB
Salah satu striker lokal Persib, Ridwan Ansori. (MO Persib)

Salah satu striker lokal Persib, Ridwan Ansori. (MO Persib)

Bolatimes.com - Staf pelatih Persib Bandung Goran Paulic membeberkan penyebab kebanyakan klub Asia, termasuk Indonesia lebih suka menggunakan striker asing ketimbang pemain lokalnya.

Di kompetisi Liga 1 contohnya, hampir semua klub peserta memanfaatkan kuota pemain asing untuk membeli pemain berposisi striker.

Begitu juga di kompetisi Liga 2, striker asing menjadi salah satu pemain yang diburu oleh klub peserta kompetisi kasta kedua tersebut.

Baca Juga: Prediksi Skor Manchester City vs Liverpool, Badai Cedera Bisa Pengaruhi Pergulatan Panas?

Hal ini juga berlaku bagi Persib yang saat ini lebih mengandalkan dua pemain asal Brasil yaitu Ciro Alves dan David Da Silva.

Untuk pemain lokal, Persib mempunyai nama Ferdiansyah dan Ridwan Ansori yang minim mendapat kesempatan bermain. Satu nama lainnya yakni Ezra Walian, pemain berdarah Belanda yang dinaturalisasi.

Goran Paulic menilai, ada kesenjangan dalam berbagai aspek antara stiker asing dan lokal di Asia. Diantarnya kualitas dan kondisi fisik

Baca Juga: 5 Hal Penting Tentang si Seksi Yolla Yuliana, dari Atlet Voli Wanita Inspiratif sampai Dikenal Agresif

"Terutama dari komponen fisik, penyerang dari Asia tidak begitu kuat, kurang tinggi dan besar. Itu yang membuat kebanyakan klub ketika membeli pemain baru lebih memilih striker asing," jelasnya.

Bagi Persib sendiri, striker asing memang tak pernah absen dari daftar buruan dalam setiap musim kompetisi.

Bahkan sejak menggunakan jasa pemain asing pada tahun 2003, sosok striker masuk dalam generasi pertama pemain asing Persib, yaitu Maciej Dolega dari Polandia.

Baca Juga: 5 Data Fakta Kesalahan Leroy Sane yang Berujung Kekalahan Jerman dari Austria

Meski begitu, Persib tetap tidak lupa dengan tenaga-tenaga lokal untuk masuk dalam daftar skuadnya. Bojan Hodak pun rencananya akan mulai memantau pemain-pemain dari Akademi Persib sebagai persiapan musim depan.

Pencarian bibit-bibit muda itu dilakukan, juga untuk menghindari ketergantungan pada striker-striker utama yang saat ini dhuni nama-nama asing.

"Mungkin nanti di masa jeda atau di bulan Desember, Coach Bojan dan saya akan memantau beberapa pemain muda," pungkas Goran Paulic.(*)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak