Profil Hakeme Yazid Said, Pemain Brunei Darussalam yang Ajak Pratama Arhan Bertukar Jersey

Mengenal lebih jauh sosok Hakeme Yazid Said, pemain yang mengajak Pratama Arhan bertukar jersey

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 18 Oktober 2023 | 21:00 WIB
Wonderkid Timnas Singapura, Hakeme Yazid Said. (Instagram/_hakemesaid)

Wonderkid Timnas Singapura, Hakeme Yazid Said. (Instagram/_hakemesaid)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Hakeme Yazid Said, pemain yang mengajak Pratama Arhan bertukar jersey usai laga Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia baru merampungkan putaran pertama (R1) Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah menang agregat 12-0 atas Brunei Darussalam.

Agregat 12-0 itu didapatkan setelah di leg kedua yang digelar di markas Brunei itu, skuad Garuda berhasil menang dengan skor 6-0, skor yang identik dengan leg pertama.

Di leg kedua itu, enam gol Timnas Indonesia dicetak lewat Brace Hokky Caraka dan satu gol dari Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, serta Ramadhan Sananta.

Dalam pertandingan di leg kedua itu, sosok Hakeme Yazid Said dari Brunei menjadi sorotan. Sorotan diberikan karena tindak-tanduknya di atas lapangan.

Sorotan pertama karena Hakeme kedapatan melakukan pelanggaran terhadap Rachmat Irianto yang terlihat menampar wajah dengan tangannya.

Lalu sorotan kedua karena ancaman yang diberikan oleh pemain berusia 20 tahun itu ke pertahanan Timnas Indonesia di menit-menit akhir.

Kemudian sorotan terakhir diberikan kepada Hakeme karena aksinya yang meminta Pratama Arhan bertukar jersey pasca laga, yang kemudian menjadi pergunjingan netizen.

Karena tindakan-tindakannya itu, Hakeme pun menjadi buah bibir di kalangan pendukung Timnas Indonesia. Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari pemain Timnas Brunei Darussalam itu.

Wonderkid Brunei

Banyak yang menyebut bahwa Brunei Darussalam punya wonderkid pada diri Faiq Bolkiah yang pernah menimba ilmu di berbagai klub top Eropa.

Tapi faktanya, wonderkid sekaligus pemain terbaik Brunei saat ini adalah Hakeme Yazid Said, berkat penampilannya di level klub pada usia muda.

Hakeme Yazid Said lahir di Bandar Seri Begawan pada 8 Februari 2003. Ia lahir dengan nama lengkap Muhammad Hakeme Yazid bin Said.

Ia sendiri merupakan adik dari top skor sepanjang masa Timnas Brunei,yakni Shah Razen Said. Kini, Hakeme pun tengah mencoba mengikuti jejak atau melampaui pencapaian sang kakak.

Hakeme menimba ilmu sepak bola di Tabuan A yang merupakan klub milik federasi sepak bola Brunei. Talentanya sudah terlihat sejak di level akademi.

Ia pernah membawa Tabuan A meraih dua gelar juara di turnamen pemain muda dan juga berhasil menembus perempat final Brunei FA Cup 2017/18 melebihi tim-tim senior lainnya.

Bakatnya yang sudah terlihat itu membuat tim raksasa Brunei, yakni DPMM FC, merekrutnya pada awal tahun 2019 untuk bermain di liga.

Di usia yang baru 16 tahun saat itu, Hakeme mampu mencetak gol debutnya bagi DPMM FC. Bahkan di usia muda, dirinya mampu mencetak Hattrick beruntun di ajang Brunei FA Cup 2018/19.

Dari penampilan itu, DPMM FC kemudian memboyong Hakeme ke tim utama yang bermain di Singapore Premier League atau Liga Singapura.

Hakeme pun membuktikan kapasitasnya dan mampu mencetak gol debut di Liga Singapura pada usia 16 tahun 175 hari, atau sehari lebih tua dari pencetak gol termuda di ajang tersebut.

Pamor Hakeme berlanjut saat Liga Singapura dihentikan dan kembali ke Brunei Premier League. Di kompetisi negaranya tersebut, ia pernah mencetak 15 gol di ajang Brunei FA Cup 2022.

Pada 2023, Hakeme dan DPMM FC kembali bermain di Liga Singapura. Ia pun tetap tampil apik dengan mencetak total 12 gol dan 5 assist dari 22 laga di kompetisi itu.

Bakatnya pun membuat Hakeme menjadi andalan di Timnas Brunei baik di level kelompok umur hingga kini di level senior.

Debutnya di level senior terjadi pada 2022 lalu saat usia 19 tahun. Dalam debutnya saat itu melawan Laos, Hakeme mampu mencetak gol lewat tendangan bebas langsung.

Hingga kini, Hakeme tercatat telah bermain sebanyak 12 kali bagi Brunei, dan baru mencatatkan satu gol di pentas internasional bagi negaranya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak