Kedatangan Wiljan Pluim di Borneo FC Bikin Gelandang Timnas Indonesia Meredup?

Sebelum kedatangan Wiljan Pluim, ia menjadi andalan Borneo FC dan sukses membawa tim hingga ke puncak klasemen

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 11 Oktober 2023 | 21:00 WIB
Wiljan Pluim dan Presiden Borneo FC, Nabil Husein. (Instagram/@borneofc.id)

Wiljan Pluim dan Presiden Borneo FC, Nabil Husein. (Instagram/@borneofc.id)

Bolatimes.com - Akankah kedatangan Wiljan Pluim di Borneo FC membuat pamor gelandang Timnas Indonesia, Adam Alis, akan meredup pada Liga 1 2023/2024 ini?

Sebagaimana diketahui, Borneo FC belum lama ini menggaet Wiljan Pluim dengan status bebas transfer jelang pembukaan bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024.

Kepastian bergabungnya pemain berusia 34 tahun itu diketahui dari rilis resmi klub pada Selasa (10/10), atau sehari usai berpisah dengan PSM Makassar.

“Borneo FC Samarinda mengumumkan secara resmi bahwa Wiljan Pluim telah menjadi bagian dari tim in per Selasa 10 Oktober 2023,” bunyi pernyataan Borneo FC.

Pluim sendiri dikontrak oleh klub berjuluk Pesut Etam tersebut dengan durasi 1,5 tahun atau membuatnya tinggal di Kalimantan setidaknya hingga akhir tahun 2024.

Diutarakan oleh Presiden klub, Nabil Husein, keputusan merekrut Pluim sendiri tak lepas dari kebutuhan taktikal Borneo FC saat ini.

 “Yang membuat saya ingin mendatangkan Wiljan Pluim ini pertama adalah karakter. Sebenarnya sudah lama kami memantau, tapi momentumnya belum ketemu yang pas,” ungkap Nabil Husein.

“Dia (Pluim) juga memiliki karakter yang diinginkan oleh Coach Pieter (Huistra) juga. Sesuai dengan filosofi yang Borneo FC terapkan. Ada satu kecocokan di situ,” lanjutnya.

Berkaca dari pernyataan Nabil Husein itu, kedatangan Pluim menghadirkan pertanyaan besar. Apakah kehadirannya membantu Borneo FC atau justru mengganggu harmonisasi tim?

Selain itu, Pluim datang di saat gelandang Timnas Indonesia, Adam Alis, tampil moncer di lini tengah. Apakah kedatangannya akan membuat pamor Adam Alis meredup?

PR Besar untuk Pieter Huistra

Munculnya pertanyaan jika Adam Alis berpotensi meredup dengan kehadiran Wiljan Pluim lahir berdasarkan kesamaan posisi keduanya di lapangan.

Baik Adam Alis dan Pluim sama-sama bermain di pos gelandang serang atau biasa menempati posisi nomor 10 bersama tim-tim yang dibelanya.

Di Borneo FC yang memainkan formasi 4-3-3 dengan Double Pivot, Adam Alis biasanya kerap diplot di posisi nomor 10, sehingga kedatangan Pluim diyakini bisa mempengaruhi menit bermainnya.

Tak ayal, kondisi ini menjadi PR besar bagi Pieter Huistra, terlebih Adam Alis tengah moncer bersama Borneo FC dengan sumbangan satu gol dan dua assist dari 15 laga.

Maka tak mengherankan jika Pieter Huistra harus  mengubah taktiknya jika ingin memainkan Adam Alis serta Pluim secara bersamaan.

Setidaknya ada dua cara yang bisa digunakan oleh Pieter Huistra untuk memfasilitasi Adam Alis dan Pluim dalam Starting Line Up Borneo FC.

Cara pertama adalah menjadikan Pluim sebagai False 9 untuk menggantikan Felipe Cadenazzi yang melempem sebagai penyerang tengah. Dalam peran ini, Adam Alis bisa menempati pos nomor 10.

Di cara pertama ini, Pluim yang menjadi False 9 akan membiarkan Stefano Lilipaly yang bisa bermain di pos winger menjadi Inside Forward seperti Roberto Firmino dan Mohamed Salah di Liverpool.

Untuk cara pertama ini, Borneo FC tetap akan mendapat keuntungan dari kemampuan Pluim yang andal dalam mencetak gol maupun mencetak assist.

Lalu cara kedua adalah menaruh Pluim di pos nomor 10, tapi menarik Adam Alis sebagai pemain nomor 8 atau gelandang Box to Box.

Di cara kedua ini, Pluim bisa berperan sebagai Free Role yang punya kebebasan di area lawan dan Adam Alis akan fokus dalam transisi menyerang dan bertahan sebagai gelandang Box to box.

Untuk cara kedua ini, Borneo FC pun tetap akan bermain apik mengingat Pluim biasa bermain di nomor 10 dan Adam Alis juga kerap bermain sebagai pemain nomor 8.

Sehingga, redup atau tidaknya pamor Adam Alis bukan karena kedatangan Pluim saja, melainkan juga taktik yang akan diperagakan Pieter Huistra di Borneo FC pada putaran kedua Liga 1 2023/2024 nanti.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak