Kedalaman Skuat Oke, Timnas Indonesia Bisa Pakai Dua Formasi Ini untuk Lawan Brunei Darussalam

Shin Tae-yong sudah memanggil 25 pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pemain inti dan cadangan sama-sama hebat

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 06 Oktober 2023 | 13:00 WIB
Timnas Indonesia vs Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia vs Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bisa menggunakan berbagai formasi untuk melawan Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ada 25 pemain yang kualitasnya tak jauh berbeda.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Brunei Darussalam dalam dua leg. Pertemuan pertama berlangsung pada 12 Oktober dan leg kedua pada 17 Oktober 2023.

Menghadapi lawan yang “hanya” sekelas Brunei, Shin Tae-yong tetap membawa pemain-pemain terbaik di skuad Timnas Indonesia.

Hanya beberapa pemain langganan Timnas saja yang tak mendapat panggilan, seperti Ivar Jenner (cedera), Fachruddin Aryanto, hingga Stefano Lilipaly.

Selebihnya, para pemain penting Timnas Indonesia dalam beberapa laga terakhir kembali mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong, termasuk para pemain abroad.

Melihat kedalaman skuad yang dimiliki Timnas Indonesia, Shin Tae-yong harusnya bisa sedikit berkesperimen dalam formasi melawan Brunei.

Terlebih, laga ini bisa menjadi ajang pemanasan Timnas Indonesia sebelum menghadapi Piala Asia 2023 tahun depan di Qatar.

Formasi dan skema permainan sebetulnya kerap dimodifikasi oleh STY dalam setiap pertandingan. Oleh karena, berikut beberapa opsi formasi yang bisa digunakan oleh Shin Tae-yong.

1. Formasi 3-4-3

Skema tiga bek dalam formasi 3-4-3 sebetulnya kerap diterapkan oleh Shin Tae-yong dalam beberapa pertandingan terakhir. Terlebih ketika melawan tim dengan materi lebih kuat untuk memperkokoh lini pertahanan.

Setelah Ernando Ari di bawah mistar, tiga bek sejajar yang bisa diturunkan dalam skema ini adalah Elkan Baggott, Rizky Ridho, dan Jordi Amat.

Untuk posisi wing back, Sandy Walsh bisa mengisi pos bek kanan dan Shayne Pattynama menempati posisi bek kiri sebagai upaya bermain lebih ofensif.

Bukan tidak mungkin, dua posisi bek sayap ini juga diisi bergantian oleh Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam Bahar.

Sementara di pos gelandang, Marc Klok dan Marselino Ferdinan bisa menjadi andalan untuk menopang Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Ramadhan Sananta di lini depan.

Formasi 3-4-3: Ernando Ari, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta.

2. Formasi 4-3-3

Berbeda dengan skema sebelumnya, formasi 4-3-3 bisa memaksimalkan pemain di lini tengah. Untuk dua bek, Rizky Ridho dan Elkan Baggott diprediksi akan dicoba diduetkan dalam skema ini.

Sementara dua bek sayap berpotensi diturunkan lebih dulu adalah Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Kemudian tiga gelandang yang bisa dipasang untuk formasi ini adalah Marc Klok, Marselino Ferdinan, dan Ricky Kambuaya. Ini adalah komposisi sempurna menyerang dan bertahan.

Adapun, tiga pemain depan berpotensi diisi oleh Saddil Ramdani di sayap kanan, Rafael Struick sebagai winger kiri, dan Dimas Drajad untuk penyerang tengah.

Formasi 4-3-3: Syahrul Trisna, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, Rafael Struick, Dimas Drajad.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak