5 Liga Termahal di Asia Tenggara, Indonesia Ungguli Thailand dan Malaysia

Liga Indonesia menjadi liga termahal di Asia Tenggara

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 03 Oktober 2023 | 13:00 WIB
Persija Jakarta vs Persib Bandung di pekan ke-11 BRI Liga 1 2023-2024. (Instagram/@persib)

Persija Jakarta vs Persib Bandung di pekan ke-11 BRI Liga 1 2023-2024. (Instagram/@persib)

Bolatimes.com - Liga Indonesia atau Liga 1 memimpin daftar kompetisi termahal di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), dengan mengungguli kompetisi di negara-negara lainnya.

Banyak yang menganggap Liga 1 atau kasta tertinggi sepak bola Indonesia sebagai salah satu kompetisi terburuk di kawasan ASEAN.

Ironisnya, citra buruk yang dimiliki Liga 1 ini hadir dari para pecinta sepak bola Indonesia yang menganggap kompetisi ini punya banyak kekurangan.

Kekurangan-kekurangan ini tak lepas dari banyak hal yang terjadi sejak kompetisi itu digelar pertama kali pada tahun 2017 silam.

Karenanya, banyak yang menganggap kualitas Liga 1 kalah jauh dari kompetisi-kompetisi lainnya di ASEAN seperti Thai League (Liga Thailand) dan Malaysia Super League (Liga Malaysia).

Meski dianggap kalah kualitas dari dua kompetisi tetangganya, nyatanya Liga 1 memimpin daftar termahal untuk liga-liga di kawasan ASEAN.

Daftar termahal ini bisa dilihat dari nilai pasar yang dimiliki oleh masing-masing liga dari data yang dirangkum laman Transfermarkt.

Berikut rincian daftar liga termahal di kawasan ASEAN pada musim 2023/2024 ini berdasarkan nilai pasar para pemain yang berkecimpung di dalamnya.

1. Liga Indonesia (Liga 1)

Liga 1 yang berisikan 18 klub memimpin daftar termahal liga-liga di kawasan ASEAN dengan Market Value atau nilai pasar sebesar 74,32 juta euro (Rp1,2 triliun).

Nilai ini melonjak drastis dari musim sebelumnya. Diyakini, meroketnya nilai pasar ini karena aturan penambahan pemain asing yang ditetapkan oleh PSSI dan PT LIB.

2. Liga Thailand (Thai League)

Liga Thailand yang disebut-sebut sebagai liga terbaik di ASEAN hanya berada di posisi kedua di daftar ini dengan nilai pasar mencapai 74,30 juta euro (Rp1,2 triliun).

Sama seperti Liga 1, Liga Thailand atau Thai League juga mengalami peningkatan nilai pasar jika dibandingkan musim sebelumnya yang melebihi Liga 1.

3. Liga Malaysia (Malaysia Super League)

Malaysia Super League yang banyak dihuni pemain asing berkualitas harus puas berada di posisi ketiga dalam daftar ini, dengan nilai pasar mencapai 55,24 juta euro (Rp906 miliar).

Johor Darul Ta’zim atau JDT bertanggung jawab besar atas besarnya nilai pasar Malaysia Super League, dengan nilai pasar skuadnya yang mencapai 9,93 juta euro (Rp163 miliar).

4. Liga Vietnam (V.League)

Berbeda dengan Indonesia, Thailand, dan Malaysia, nilai pasar Liga Vietnam (V.League) mengalami penurunan dibanding musim sebelumnya, dengan nilai pasar saat ini sebesar 38,45 juta euro (Rp631 miliar).

Dari nilai pasar tersebut, dua klub ibu kota, yakni Ha Noi FC dan Cong An Ha Noi FC menjadi klub dengan nilai pasar termahal yakni di atas 5 juta euro (Rp82 miliar).

5. Liga Singapura (Singapore Premier League)

Liga Singapura yang dianggap maju karena dihuni tim satelit Jepang dan sempat diisi tim dari Brunei Darussalam memiliki nilai pasar sebesar 20,07 juta euro (Rp329 miliar) dari 9 klubnya.

Meski terbilang rendah bila dibandingkan liga lainnya, nilai pasar Singapore Premier League ini punya peningkatan paling drastis bila dibandingkan liga-liga ASEAN lainnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak