Profil Arief Catur, Penggawa Persebaya yang Lakukan Pelanggaran Keras ke Adu Setiawan

Mengenal lebih jauh sosok Arief Catur, penggawa Persebaya Surabaya yang lakukan pelanggaran keras ke pemain Dewa United, Ady Setiawan, di pekan ke-14 Liga 1 2023/2024.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 02 Oktober 2023 | 13:00 WIB
Pemain Persebaya Surabaya, Arief Catur. (Dok. Persebaya)

Pemain Persebaya Surabaya, Arief Catur. (Dok. Persebaya)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Arief Catur, penggawa Persebaya Surabaya yang lakukan pelanggaran keras ke pemain Dewa United, Ady Setiawan, di pekan ke-14 Liga 1 2023/2024.

Pekan ke-14 Liga 1 2023/2024 diwarnai aksi brutal yang dilakukan Arief Catur saat Persebaya bertandang ke markas Dewa United, Sabtu (30/9).

Dalam laga yang berkesudahan 1-1 itu, Arief Catur mendapat kartu merah langsung dari wasit usai melanggar keras Ady Setiawan saat duel memperebutkan bola.

Terlihat dari video yang beredar, pemain berusia 24 tahun itu menyikut bagian kepala Ady Setiawan di menit ke-33 pertandingan.

Akibat sikutan itu, Ady Setiawan pun terkapar di lapangan dan sempat tak bergerak hingga akhirnya ia dilarikan ambulans ke rumah sakit.

Karena pelanggaran keras itu, Arief Catur kemudian diusir wasit dan menjadi sorotan netizen yang geram dengan tindakannya terhadap rekan seprofesinya itu.

Usai pertandingan, dilaporkan bahwa Arief Catur dan manajemen Persebaya langsung ke rumah sakit tempat Ady Setiawan dirawat.

Pihak pemain dan klub berjuluk Bajul Ijo itu pun juga mengunggah permintaan maaf atas kejadian tersebut dan memberikan dukungan kepada mantan pemainnya itu agar cepat pulih.

Tak ayal kondisi yang dialami Ady Setiawan membuat Arief Catur menjadi sorotan tajam netizen. Berikut profil dan rekam jejak dari bek Persebaya itu.

Rekam Jejak Arief Catur

Arief Catur merupakan produk asli dari kompetisi internal Persebaya Surabaya yang lahir di Mojokerto pada 25 Juli 1999 atau saat ini berusia 24 tahun.

Diketahui, pemain bernama lengkap Arief Catur Pamungkas itu terjaring masuk dalam skuad Persebaya usai tampil apik di kompetisi internal bagi tim Anak Bangsa.

Usai tampil apik di kompetisi internal, Arief Catur kemudian bermain bagi Persebaya U-20 dan juga sempat masuk dalam skuad PON Jatim untuk PON XX 2021 lalu.

Setelah bermain bagi PON Jatim, Arief Catur sempat berpetualang ke kasta bawah dengan membela Persikab Kabupaten Bandung pada 2021.

Barulah di tahun 2022 lalu, ia kembali ke Persebaya dan mencatatkan debutnya di ajang Piala Presiden kala menghadapi Bali United.

Fullback yang bisa bermain di sisi kanan dan kiri ini kemudian menjadi andalan Aji Santoso dan Persebaya di Liga 1 2022/2023.

Tercatat, Arief Catur tampil sebanyak 21 kali di Liga 1 musim lalu, yang berlanjut ke posisi starter di Liga 1 2023/2024 atau musim ini.

Di Liga 1 musim ini, Arief Catur telah tampil sebanyak 11 kali dan berhasil mencatatkan dua assist bagi Persebaya Surabaya.

Hebatnya, dua assist itu dibuatnya dalam satu laga saja yakni di pekan ke-11 kala Persebaya menang dengan skor 2-1 atas Borneo FC.

Sayangnya, kiprah apik Arief Catur bersama Persebaya itu harus tercoreng dengan tindakan kasarnya di pekan ke-14 terhadap Ady Setiawan yang tak lain pendahulunya di Bajul Ijo.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak