Profil Ryan Flamingo, Buruan Shin Tae-yong untuk Perkuat Timnas Indonesia

Mengenal lebih jauh sosok Ryan Flamingo, pemain keturunan yang kini menjadi buruan baru Shin Tae-yong untuk perkuat Timnas Indonesia.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 28 September 2023 | 21:00 WIB
Pemain keturunan Indonesia, Ryan Flamingo, yang dipinjamkan Sassuolo ke FC Utrecht. (Instagram/@ryanflamingo)

Pemain keturunan Indonesia, Ryan Flamingo, yang dipinjamkan Sassuolo ke FC Utrecht. (Instagram/@ryanflamingo)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Ryan Flamingo, pemain keturunan yang kini menjadi buruan baru Shin Tae-yong untuk perkuat Timnas Indonesia.

Usai kabar bakal dinaturalisasinya Jay Idzes, jagat sepak bola Tanah Air dihebohkan dengan kabar Shin Tae-yong yang ingin menaturalisasi Ryan Flamingo.

Kabar ketertarikan Shin Tae-yong menaturalisasi pemain berusia 20 tahun itu dihembuskan oleh media Korea Selatan, Best Eleven.

Disebutkan bahwa juru taktik asal Korea Selatan itu tengah mempertimbangkan untuk menaturalisasi Flamingo guna membela Timnas Indonesia.

Kabar keinginan Shin Tae-yong menaturalisasi Flamingo ini kemudian menjadi buah bibir yang terdiri dari pro dan kontra di kalangan netizen Tanah Air.  

Pasalnya, pemain FC Utrecht itu berposisi sebagai bek. Dengan banyaknya bek di Tanah Air maupun pemain keturunan, naturalisasinya dirasa tak masuk akal.

Sedangkan bagi netizen yang pro, banyak mendukung keinginan Shin Tae-yong tersebut yang diyakini bertujuan untuk menambah kualitas Timnas Indonesia.

Apalagi Flamingo masih berusia 20 tahun, sehingga banyak yang meyakini, Shin Tae-yong punya tujuan menaturalisasinya demi masa depan Timnas Indonesia.

Terlepas dari pro kontra yang ada, menarik untuk mengupas rekam jejak Ryan Flamingo sehingga Shin Tae-yong tertarik menaturalisasinya. Berikut profil dan rekam jejak pemain FC Utrecht itu.

Keturunan Indonesia-Suriname

Ryan Flamingo merupakan pemain keturunan kelahiran Belanda, tepatnya di Blaricum pada 31 Desember 2002 atau 20 tahun silam.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini kabarnya memiliki darah Indonesia, Suriname, dan Belanda Jika melihat garis keturunannya.

Kiprahnya sebagai pesepak bola sendiri bermula di BFC Bussum Youth sebelum akhirnya hijrah ke Almere City pada tahun 2014 lalu.

Di Almere City, Flamingo menimba ilmu dari tim U-17 hingga tim U-21. Tapi dalam menimba ilmunya ini, ia sempat dipinjamkan ke tim Italia, Sassuolo.

Kepindahannya ke Sassuolo sendiri menjadi sorotan mengingat tim berjuluk Neroverdi itu dikenal sebagai tim Italia yang kerap memproduksi talenta-talenta muda.

Flamingo sempat dipinjamkan ke Sassuolo pada Februari 2021 lalu, di mana ia bermain untuk tim akademi Neroverdi bersama tim U-19.

Setelah enam bulan menimba ilmu di Sassuolo, Flamingo pun ditebus dengan harga 70 ribu euro dari Almere City pada musim panas 2021.

Usai ditebus, Flamingo masih bermain di level akademi atau Primavera. Barulah pada tahun 2022, ia naik kelas ke tim utama Sassuolo.

Tapi usai dipromosikan, Flamingo terlebih dahulu dipinjamkan ke Vitesse Arnhem selama satu musim, di mana ia tampil sebanyak 34 kali di berbagai ajang pada musim 2022/2023.

Sukses di masa peminjaman dan di debutnya sebagai pemain profesional, Sassuolo kemudian meminjamkannya kembali di musim 2023/2024.

Kali ini, Flamingo dipinjamkan ke FC Utrecht, di mana ia bergabung dengan pemain naturalisasi Timnas Indonesia, yakni Ivar Jenner.

Sejauh ini penampilan Flamingo cukup konsisten di FC Utrecht, di mana ia telah tampil sebanyak empat kali di musim 2023/2024 dan menyumbangkan satu gol.

Sedangkan di level tim nasional, Flamingo tercatat pernah dipanggil untuk bermain di Timnas Belanda U-21. Nahasnya, ia belum sempat mendapatkan debutnya.

Dengan regenerasi yang berjalan di sektor belakang Timnas Belanda, ada kemungkinan Flamingo akan menerima pinangan Shin Tae-yong demi bisa tampil di event internasional.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak