Profil Fatjon Celani, Striker Asing Perserang Jebolan Liga Jerman, Pesaing Ezechiel N'Douassel Raih Top Skor Liga 2

Mengenal lebih jauh sosok Fatjon Celani, penyerang asing milik Perserang Serang yang menjadi salah satu calon top skor kompetisi kasta kedua Indonesia, Liga 2 2023-2024.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 19 September 2023 | 17:00 WIB
Mengenal lebih jauh sosok Fatjon Celani, penyerang asing milik Perserang Serang yang menjadi salah satu calon top skor kompetisi kasta kedua Indonesia, Liga 2 2023-2024.

Mengenal lebih jauh sosok Fatjon Celani, penyerang asing milik Perserang Serang yang menjadi salah satu calon top skor kompetisi kasta kedua Indonesia, Liga 2 2023-2024.

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Fatjon Celani, penyerang asing milik Perserang Serang yang menjadi salah satu calon top skor kompetisi kasta kedua Indonesia, Liga 2 2023-2024.

Sebagaimana diketahui, Liga 2 musim 2023-2024 memiliki regulasi baru terkait pemain, di mana setiap klub kontestannya diperbolehkan menggunakan jasa dua pemain asing.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengesahkan regulasi ini jelang bergulirnya Liga 2 2023-2024, dengan rincian satu pemain asing bebas dans satu pemain asing Asia.

Hingga Liga 2 2023-2024 telah berjalan dua pekan, 28 kontestan pun telah mengisi slot pemain asingnya. Sebagian besar, merasakan dampak penting dari adanya regulasi ini.

Salah satu klub yang merasakan dampak besar adalah Perserang Serang yang mendatangkan salah satu penyerang asing bernama Fatjon Celani.

Meski belum meraih poin di Liga 2 2023-2024 sejauh ini, tim berjuluk Laskar Singandaru itu merasakan efek besar dari kedatangan Fatjon Celani.

Penyerang asing asal Jerman itu tercatat mampu mencetak dua gol di laga perdana Perserang di Liga 2 2023-2024, kala tumbang dengan skor 2-3 dari Malut United, Senin (18/9).

Meski kalah, dua gol dari Fatjon Celani di laga debutnya itu menjadi sinyal bahwa dirinya siap menjadi tulang punggung Perserang dan menjadi calon top skor Liga 2 2023-2024.

Lantas, siapakah sosok Fatjon Celani tersebut? Bagaimana rekam jejaknya sebelum kini bertarung di Liga 2 2023-2024 bersama Perserang?

Jebolan Liga Jerman

Fatjon Celani merupakan penyerang asal Jerman yang lahir di Munchen pada 14 Januari 1992 silam. Saat ini, dirinya sendiri berusia 31 tahun.

Kiprahnya di sepak bola sendiri bermula dari negara asalnya, di mana ia menimba ilmu di SC Furstenfeldbruck dan SV Wacker Burghausen hingga 2011.

Di Burghausen, Celani mampu naik kelas ke tim U-19 dan naik tingkat ke tim Reverse, sebelum akhirnya mendarat ke tim FC Augsburg II yang berkiprah di Regionalliga atau kasta keempat Jerman.

Karier Celani di FC Augsburg II pun tak berjalan manis. Kurang dari setahun sejak dirinya bergabung, ia didepak oleh klubnya dan harus menganggur selama beberapa bulan.

Pasca menganggur, Celani kemudian bergabung FC Unterfohring yang bermain di liga amatir. Lagi-lagi tak sampai setahun kemudian, ia didepak dan kembali menganggur.

Celani pun menganggur selama enam bulan, sebelum akhirnya pada Januari 2015 ia bergabung tim amatir lainnya, VfR Mannheim.

Sejak saat itu, Celani pun bermain di kasta terbawah Liga Jerman baik itu kasta keempat dan kelima bersama TuS Koblenz, TSG Neustrelitz, TSV Steinbach, dan FC Memmingen hingga 2021.

Sadar kariernya tak berkembang di negara asalnya, Celani memutuskan Abroad atau berkarier di luar negeri, di mana ia bergabung tim Luksemburg, FC Etzella Ettelbruck pada Juli 2021.

Di Luksemburg, Celani tampil garang dengan mencetak 11 gol dan 5 assist di musim perdananya bersama FC Etzella Ettelbruck dari total 30 pertandingan.

Usai bermain semusim di Luksemburg, Celani kembali menganggur selama empat bulan, sebelum akhirnya mendarat di Rumania dengan bergabung SSU Politehnica Timisoara.

Nahas, kariernya di Rumania tak berkembang dan hanya berjalan tiga bulan saja. Setelah itu, Celani kembali berpetualang ke Kosovo dan bergabung tim kasta teratas, FC Malisheva pada Januari 2023.

Dalam enam bulan perjalanannya di Kosovo, Celani gagal tampil prima dan kerap menjadi cadangan. Akhirnya pada September 2023, ia berlabuh ke Indonesia dan membela Perserang Serang.

Diketahui, Perserang mendapatkan jasa Celani secara gratis. Meski berstatus gratisan, ia mampu menunjukkan tajinya di laga debutnya bagi Laskar Singandaru dengan mencetak Brace ke gawang Malut United.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak