Profil Cho In-cheol, Asisten Shin Tae-yong yang Pimpin Timnas Indonesia Lawan Turkmenistan

Cho In-cheol bakal tukangi Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 01 September 2023 | 10:33 WIB
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakni Choi In-cheol. (KFA)

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakni Choi In-cheol. (KFA)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong menunjuk asistennya Choi In-cheol untuk menukangi Timnas Indonesia lawan Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023.

Hal ini karena Shin Tae-yong dalam waktu yang bersamaan harus fokus mempersiapkan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Oleh karena itu, Choi In-cheol dipercaya untuk menemani Timnas Indonesia senior melawan Turkmenistan.

Keputusan Shin Tae-yong mendelegasikan asistennya itu tak terlepas dari target yang diberikan oleh PSSI. Skuad Garuda Muda harus bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar.

Baca Juga: Media Vietnam Sinis Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Oleh karena itu, STY harus membagi tanggung jawabnya kepada Choi In-cheol untuk menemani para pemain senior mempersiapkan diri dan bertanding melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 8 September 2023

Lalu, bagaimana sebetulnya rekam jejak Choi In-cheol yang akan menjadi pengasuh sementara Timnas Indonesia? Apakah dia memiliki prestasi yang mentereng di dunia racik strategi?

Berikut profil Choi In-cheol 

Baca Juga: Rafael Struick Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23, ADO Den Haag Kirim Tanda Cinta

Sebagai informasi, Choi In-cheol merupakan seorang pelatih yang punya catatan panjang di dunia kepelatihan. Dia berasal dari Korea Selatan dan tercatat lahir pada 6 Januari 1972. Awalnya, dia memang sudah lama menekuni dunia sepak bola.

Choi tercatat pernah memperkuat Dongbuk High School dan Konkuk University. Sayangnya, dia harus mengakhiri kariernya lebih cepat. Sebab, pada usia 26 tahun, dia didiagnosis mengidap pneumonia. 

Pada akhirnya, Choi memutuskan untuk banting setir di dunia kepelatihan pada 1998. Pada mulanya, dia bertugas sebagai asisten pelatih di Dongmyeong Elementary School. Pada 2000, dia ditunjuk jadi pelatih kepala.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Hasil Drawing Liga Champions 2023-2024: Kenangan Indah Man United Jumpa Bayern Munchen

Kariernya berlanjut bersama Dongsan High School (2004-2008). Lalu, Choi mendapatkan tugas untuk menjadi asisten pelatih Timnas Putri Korea Selatan U-20 pada 2006. Dia naik kelas jadi asisten pelatih Timnas Korea Selatan pada 2007.

Tugas baru diberikan Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) kepadanya. Sebab pada, medio 2008-2010, Choi ditugasi menjadi pelatih kepala Timnas Putri Korea Selatan U-20.

Setahun berikutnya, tepatnya pada 2010, dia mendapat kepercayaan untuk menangani Timnas Putri Korea Selatan hingga 2010. Setelah itu, dia berkarier secara profesional bersama Incheon Hyundai Steel Red Angels pada 2012 hingga 2019.

Baca Juga: Dicoret dari Timnas Voli Putra Indonesia untuk Asian Games 2023, Rivan Nurmulki Tulis Pesan Menyentuh

Selama tujuh tahun berkarier sebagai pelatih profesional di sepak bola putri, Choi In-cheol sukses menyabet tujuh gelar juara Women Korea (WK) League.

Setelah sempat kembali menangani Timnas Putri Korea Selatan pada 2019, Choi akhirnya diajak Shin Tae-yong untuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia pada 2021.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Cyrus Margono tak lama lagi akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Proses menjadi WNI kembali sedang dalam tahap penantian.

bolaindonesia | 05:46 WIB

Persib Bandung berhasil merangsak naik menyalip PSIS Semarang di posisi kedua klasemen sementara.

bolaindonesia | 21:02 WIB

Penjaga gawang Dewa United Sonny Stevens mencetak gol ke gawang PSIS Semarang. Gol tersebut menyelamatkan timnya dari kekalahan. Gol bersejarah yang diukir Sonny itu pun lantas dikomentari bek Persib, Nick Kuipers.

bolaindonesia | 06:29 WIB

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong disebut-sebut berpotensi kembali melatih Timnas Korea Selatan setelah pemecatan coach Jurgen Klinsmann.

bolaindonesia | 09:43 WIB

Persib Bandung harus kehilangan Achmad Jufriyanto selama dua pekan. Ia akan mulai absen saat Persib jumpa Barito Putera, lusa nanti. Pelatih Bojan Hodak pun memaparkan situasi yang tengah dialami Jupe.

bolaindonesia | 20:26 WIB

Terang-terangan Erick Thohir memuji Suwon FC yang saat ini bertarung di kasta teratas Liga Korea Selatan, yang siap mempersilahkan Pratama Arhan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.

bolaindonesia | 10:47 WIB

Jika tak ada perubahan, pertandingan Persija vs Madura United akan berlangsung pukul 19.00 WIB. Selain bisa menyaksikan secara gratis di Indosiar, pertandingan tersebut juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.

bolaindonesia | 22:16 WIB

Manajemen Persib Bandung berharap semua pihak bisa memahami situasi yang terjadi pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Pada kompetisi musim ini, suporter tim tamu dilarang hadir pada pertandingan tandang, termasuk saat Persib jumpa Barito Putera.

bolaindonesia | 20:58 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memastikan timnya bakal kehilangan satu pemain saat hadapi Barito Putera. Persib akan dijamu Laskar Antasari di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

bolaindonesia | 20:24 WIB

Nova Arianto kini jadi pelatih Timnas Indonesia U-16, pernah memperkuat Persib cukup bersinar di masanya. Bahkan bek berkepala plontos ini mendapat gelar Suster Ngesot dari suporter Persib, Bobotoh.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Terlihat jelas keributan sampai adu fisik yang keras saat latihan yang langsung dipimpin pelatih kepala Bojan Hodak.Saking sengitnya, Alberto Rodriguez sempat mencengkik Ferdiansyah.

bolaindonesia | 10:21 WIB

Posisi Abdul Aziz di skuad Persib Bandung kian terancam. Setelah jarang mendapat menit bermain, nama Abdul Aziz berpotensi hilang dari daftar susunan pemain Persib.

bolaindonesia | 16:58 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bicara soal lini penyerangan timnya usai laga kontra Persis. Ia mengklaim bahwa sektor depan Persib membaik usai kembali mencetak gol.

bolaindonesia | 10:25 WIB

Tak ada kata menyerah bagi pemain asing yang dibuang Persib ini. Sempat dibekap cedera lama, Tyronne del Pino akhirnya kembali ke lapangan dan meraih kemenangan di laga debut dengan status tandang.

bolaindonesia | 16:54 WIB

Nick Kuipers sangat bangga bisa segera mencetak sejarah di Persib saat melakoni laga melawan Barito Putera di pekan 25 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

bolaindonesia | 13:59 WIB

Sejak latihan perdana, latihan Persib tidak dipimpin oleh pelatih Bojan Hodak. Staf pelatih Goran Paulic mengatakan, Bojan terbang ke luar negeri untuk urusan pribadi. Ia pun mengungkapkan program yang akan dilahap para pemain Persib ke depan.

bolaindonesia | 11:20 WIB

Setelah resmi dilepas Persib, Daisuke Sato akhirnya punya klub baru. Ia sudah resmi diperkenalkan oleh klub asal Filipina bernama Davao Aguilas FC kepada publik pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024.

bolaindonesia | 10:27 WIB

Persib Bandung absen pekan ini. Sementara kiper utamanya, Kevin Ray Mendoza kembali gagal menyabet nominasi penyelamatan Liga 1 pekan 24.

bolaindonesia | 09:43 WIB
Tampilkan lebih banyak