Profil Tseng Tai-lin, Pelatih China Taipei yang Sesumbar Kalahkan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23

Pelatih China Taipei U-23, Tseng Tai-lin sebelumnya mengaku sudah siapkan strategi jitu untuk kalahkan Timnas Indonesia U-23.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 31 Agustus 2023 | 15:00 WIB
Timnas China Taipei U-23. [ctfa.com.tw]

Timnas China Taipei U-23. [ctfa.com.tw]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, bakal beradu taktik dengan juru racik yang mengasuh Timnas China Taipei U-23, Tseng Tai-lin, di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Tseng Tai-lin memiliki rekam jejak yang cukup apik saat masih aktif bermain. Pengalamannya itulah yang membuat Timnas Indonesia U-23 patut berhati-hati saat berjumpa Timnas China Taipei U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Jelang laga tersebut, Tseng Tai-lin mengatakan bahwa ia telah mencari informasi soal permainan Turkmenistan dan timnas Indonesia U-23. Ia mengakui data skuad Garuda lebih banyak didapatkan sehingga optimis bisa menang.

Baca Juga: Pelatih Muda Tokyo Verdy Terkesima dengan Training Center Salah Satu Klub Indonesia

"Turkmenistan informasinya relatif sedikit. Sebagian besar informasi dari Indonesia sudah dikuasai. Kemampuan Indonesia cukup bagus, tapi bukan berarti tidak bisa ditahan," ucap Tseng Tai-lin dikutip dari gogoal.com.tw, Rabu (30/8/2023).

Lebih lanjut, tim asuhan Shin Tae-yong disebut punya performa stabil. Maka dari itu, Tseng Tai-lin akan fokus bertahan untuk mematahkan serangan Garuda Muda.

"Kestabilan Indonesia memang jauh lebih baik dibanding kita. Sehingga cara memanfaatkannya adalah menahan serangan Indonesia yang akan menjadi kunci permainan," imbuhnya.

Baca Juga: Alasan Shin Tae-yong Panggil Pemain Minim Menit Bermain ke Timnas Indonesia

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-23 akan bersaing dengan China Taipei dan Turkmenistan di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Semua pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Adu strategi antara Shin Tae-yong dengan Tseng Tai-lin bakal tersaji pada 9 September 2023. Pertandingan ini bakal menentukan nasib Timnas Indonesia U-23 yang berambisi lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Setelah duel melawan skuad asuhan Tseng Tai-lin itu, skuad Garuda Muda akan kembali menguji kekuatan Timnas Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan, Solo, pada 12 September 2023.

Baca Juga: Ipswich Town Bangga Elkan Baggott Dipanggil Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Profil Tseng Tai-lin

Tseng Tai-lin merupakan mantan pemain andalan Timnas China Taipei yang kini bertugas mengasuh Timnas U-23. Dia tercatat lahir di Taipei pada 14 Mei 1982. Saat masih aktif bermain, posisi bermainnya sebagai gelandang.

Kiprahnya sebagai pesepak bola profesional sudah dimulai sejak 2001 saat berkarier bersama Ming Chuan University hingga 2005. Setelah itu, dia sempat bermain untuk NSTV (2005-2007), Tatung (2007-2008) dan kembali ke Ming Chuan University (2009).

Baca Juga: Akmal Marhali Puji Timnas Indonesia U-17 yang Hanya Kalah Tipis dari Korea Selatan

Pada masa-masa awal kariernya itu, Tseng Tai-lin sempat dinominasikan sebagai gelandang serang terbaik di ajang China Taipei National Football League 2005 ketika masih bermain untuk Ming Chuan University.

Tak hanya berkarier di dunia sepak bola, lelaki berusia 41 tahun ini sempat bermain di futsal. Dia telah mewakili China Taipei di berbagai ajang internasional saat masih aktif bermain.

Aspek inilah yang menarik di balik sosok Tseng Tai-lin. Sebab, dia menjadi andalan Timnas China Taipei di berbagai ajang. Tak hanya sepak bola saja, tetapi dia juga menjadi pemain penting di Timnas Futsal.

Kariernya di dunia racik strategi telah dimulai bersama Ming Chuan University. Awalnya, dia bertugas sebagai pemain sekaligus merangkap sebagai asisten pelatih. 

Pada akhirnya, Tseng Tai-lin memutuskan untuk gantung sepatu dan fokus di dunia racik strategi. Awalnya, dia ditunjuk menjadi pelatih kepala Ming Chuan University pada 2020.

Baru pada 2 Mei 2023, Tseng Tai-lin mendapat kepercayaan dari Federasi Sepak Bola China Taipei untuk mengasuh Timnas U-23.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak