Profil Hiroki Kasahara, Wasit Jepang yang Rugikan Timnas Indonesia U-23 di Final Piala AFF U-23 2023

Hiroki Kasahara bahkan sampai membuat pelatih Shin Tae-yong marah besar

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 28 Agustus 2023 | 13:11 WIB
Wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara. (Screenshot Vidio.com)

Wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara. (Screenshot Vidio.com)

Bolatimes.com - Kepemipinan wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara, yang memimpin jalannya partai final Piala AFF U-23 2023 memang masih menjadi sorotan netizen. Dia dianggap merugikan Timnas Indonesia U-23 hingga kalah dari Vietnam U-23.

Dua hari setelah pertandingan itu berlangsung di Stadion Province Rayong, Rayong, Sabtu (28/8/2023), sejumlah keputusan yang diambil oleh Hiroki Kasahara masih saja menjadi pembicaraan netizen.

Beberapa di antaranya yakni hukuman yang dijatuhkan oleh Hiroki Kasahara kepada Timnas Indonesia 23 saat Alfeandra Dewangga melanggar pemain Vietnam hingga berujung penalti. Padahal, tidak ada kontak keras yang terjadi.

Setelah itu, keputusan kontroversial lainnya ialah ketika pemain Vietnam menyikut kepala Haykal Alhafiz saat keduanya berebut bola. Namun, tidak ada hukuman yang dijatuhkan kepada pemain Vietnam tersebut.

Menurut pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, wasit Hiroki Kasahara yang memimpin jalannya pertandingan itu juga patut mendapatkan perhatian khusus karena sering merugikan timnya.

"Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah, jika AFF ingin anggotanya berkembang, pemain juga berkembang. Mereka harus memiliki beberapa hal. Saya tidak mau menyebut spesifik, tetapi sejumlah situasi tidak membantu pemain. Wasit sering melakukan kesalahan,” ujar Shin.

"Ini dapat menghambat perkembangan pemain. Padahal, pemain sudah menunjukkan usaha yang besar," tutur pria berusia 52 tahun tersebut.

Profil Hiroki Kasahara

Dari sejumlah data dan informasi yang bisa dihimpun, Hiroki Kasahara merupakan wasit profesional asal Jepang yang tercatat lahir di Fukuoka pada 4 April 1989. Saat ini, usianya baru menginjak 34 tahun.

Salah satu catatan menarik yang diperlihatkan dari rekam jejak Hiroki Kasahara ialah minimnya waktu yang diperlukan untuk mendapatkan lisensi wasit FIFA.

Dia tercatat baru mengukir debut memimpin pertandingan kompetisi kasta tertinggi di Jepang pada 25 Mei 2019. Namun, baru berselang setelah momen itu, Hiroki Kasahara sudah mengantongi lisensi FIFA.

Selain pertandingan ini, Hiroki Kasahara juga pernah merugikan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023, tepatnya saat melawan Malaysia U-23 di Grup B. Saat itu, dia memberikan penalti untuk Harimau Malaya Muda hingga akhirnya membuat Indonesia kalah.

Data Wasit Hiroki Kasahara

Tanggal Lahir: 8 April 1989

Usia: 34 Tahun

Kelahiran: Fukuoka

Kewarganegaraan: Jepang

Debut di Kasta Tertinggi: 25 Mei 2019

Dapat Lisensi FIFA: Sejak 2020

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak