CEK FAKTA: Benarkah FIFA Mencabut Lisensi Wasit Hiroki Kasahara karena Curangi Timnas Indonesia U-23?

Cek fakta kabar yang menyebut bahwa FIFA mencabut sertifikat lisensi wasit Hiroki Kasahara

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 28 Agustus 2023 | 08:11 WIB
Wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara. (Screenshot Vidio.com)

Wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara. (Screenshot Vidio.com)

Bolatimes.com - Beredar kabar bahwa FIFA resmi mencabut lisensi wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara yang mengawal tanding Indonesia vs Malaysia, serta duel final Piala AFF U-23 2023. Informasi ini dipastikan tidak benar.

Sebelumnya, telah beredar disinformasi berita tentang adanya keputusan Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA yang memberikan sanksi pencabutan sertifikasi wasit milik Hiroki Kasahara.

a bertugas mengawal permainan Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia dalam fase awal AFF U-23 2023 dan menunjuk kotak penalti untuk timnas Negeri Jiran. Indonesia lewat SSI disebutkan mendukung keputusan ini.

Kabar itu disebarkan via kanal YouTube oleh akun bernama CALON GARUDA TEAM dalam bentuk video berjudul "REAKSI WASIT USAI FIFA RESMI CABUT KARIRNYA DI SEPAK BOLA SEUMUR HIDUP, PSSI DUKUNG KEPUTUSAN FIFA".

Foto thumbnail adalah sosok wasit Hiroki Kasahara, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, serta Presiden FIFA Gianni Infantino. Tulisan penyertanya, "RESMI DI CABUT KARIRNYA SEUMUR HIDUP FIFA RESMI PECAT WASIT KONTROVERSIAL FIFA TURUN TANGAN CABUT KARIR WASIT HIROKI KASAHARA USAI CURANGI TIMNAS DI 2 LAGA", ditambah penjelasan "INI DIA ORANGNYA" di bawah foto wasit itu.

Benarkah informasi yang disampaikan dalam video ini?

Video salah (X) tentang pencabutan sertifikasi wasit AFF U-23 2023 (sumber: [screenshot YouTube].)

CEK FAKTA

Tidak benar, karena sumber resmi dan valid tentang sepak bola dan laga AFF U-23 seperti FIFA sampai PSSI tidak memberikan pernyataan soal pencabutan sertifikasi wasit yang menangani laga Timnas Indonesia lawan Malaysia dan Timor Leste dalam Piala AFF U-23 2023.

PENJELASAN

Melansir dari Metro Suara.com, setelah mengadakan penelusuran judul dan konten video, hasilnya adalah:

  • Judul dan kalimat keterangan tidak kontekstual dan tidak etis.
  • Fakta: Judul "REAKSI WASIT USAI FIFA RESMI CABUT KARIRNYA DI SEPAK BOLA SEUMUR HIDUP, PSSI DUKUNG KEPUTUSAN FIFA", kalimat penyerta "RESMI DI CABUT KARIRNYA SEUMUR HIDUP FIFA RESMI PECAT WASIT KONTROVERSIAL FIFA TURUN TANGAN CABUT KARIR WASIT HIROKI KASAHARA USAI CURANGI TIMNAS DI 2 LAGA", ditambah penjelasan "INI DIA ORANGNYA".
  • Logika:  Bila mesti dilakukan pencabutan, yang dicabut adalah sertifikasi atau bukti profesional dalam bentuk sertifikat sehingga subjek tidak bisa menjadi wasit. Bukan karir yang dicabut. Penambahan kalimat "Ini dia orangnya" di keterangan foto sangat tidak etis, dituliskan nama saja sudah cukup. Dengan cara menulis seperti itu, cara mengunjukkan bisa disebut kekanak-kanakan dan memperlakukan calon penonton tidak secara dewasa bahkan cenderung menggurui.

CEK VIDEO

  •  Belum mencapai menit pertama, yaitu pada 0:00 pembuat video sudah berani-beraninya membubuhkan teks: Erick Thohir setuju atas keputusan FIFA yang mencabut karir wasit hirokika" di cuplikan video Ketua PSSI Erick Thohir sedang menyampaikan pendapat.
  • Fakta: Video bukan tentang pencabutan sertifikasi wasit.
  • Logika: Bila di menit pertama saja video gagal menyampaikan hal valid, pasti tidak bisa membuktikan janji seperti tertulis di judul.

Dengan demikian, video berjudul "REAKSI WASIT USAI FIFA RESMI CABUT KARIRNYA DI SEPAK BOLA SEUMUR HIDUP, PSSI DUKUNG KEPUTUSAN FIFA" termasuk kategori konten menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Bolalatimes.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). 

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

(Metro Suara/Samarpita Karmacari)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak