Tak Banyak, Inilah Dua Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Berkarier di Liga Hong Kong

Hanya ada dua pesepak bola Indonesia yang pernah berkarier di Liga Hong Kong

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 17 Agustus 2023 | 15:00 WIB
Mantan Pemain Timnas Indonesia, Rochy Putiray (AFP)

Mantan Pemain Timnas Indonesia, Rochy Putiray (AFP)

Bolatimes.com - Hasil memalukan yang dialami Bali United saat digasak klub Liga Primer Hong Kong, Lee Man FC, memunculkan sejumlah catatan. Salah satunya yakni kiprah para pesepak bola Indonesia yang pernah berkarier di Liga Hong Kong.

Sebelum Bali United ditumbangkan Lee Man dengan skor telak 1-5 pada fase preliminary round Liga Champions Asia 2023/2024, Liga Hong Kong memang pernah beberapa kali menggunakan jasa pemain asal Indonesia.

Bahkan, ada seorang penyerang legendaris Timnas Indonesia yang pernah menghabiskan kariernya di Liga Hong Kong. Selama kariernya itu, dia juga sukses mempersembahkan gelar juara untuk klubnya.

Selain itu, ada pula pemain Indonesia lainnya yang kini mulai merintis karier di Hong Kong. Usianya memang masih sangat muda, sehingga bisa menjadi salah satu prospek cerah bagi Timnas Indonesia di masa mendatang.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola asal Indonesia yang pernah merintis karier di Liga Hong Kong.

1. Rochi Putiray

Pesepak bola Indonesia pertama yang mengawali kiprahnya di Liga Hong Kong ialah penyerang legendaris Timnas Indonesia, Rochi Putiray.

Pemain yang berasal dari Ambon ini memang dikenal sebagai pesepak bola yang punya skill dan mental bertanding yang baik. Ketika itu, Rochi dilirik oleh salah satu klub Liga Hong Kong, Instan-Dict FC.

Momen kepindahannya itu terjadi setelah meninggalkan Persija Jakarta pada 2000. Bersama klub itu, Rochi langsung mempersembahkan gelar juara Piala FA Hong Kong dan peringkat kedua di Liga Hong Kong.

Setelah itu, kariernya di Hong Kong melambung. Sejumlah klub mulai menggunakan jasanya. Mulai dari Happy Valley, Kitchee SC, hingga South China AA.

2. Jonathan Gillies Limbu

Selanjutnya, ada pesepak bola Indonesia yang barangkali masih cukup asing terdengar bagi masyarakat. Sosok tersebut ialah Jhonattan Gillies Limbu. Pemain muda ini bergabung dengan Sham Shui Po FC.

"Pemain asal Indonesia Limbu bergabung dengan Sham Shui Po. Limbo lahir di Indonesia dan sedang mengajukan permohonan paspor SAR. Dia bermain di Liga usia muda Hong Kong musim lalu," bunyi pernyataan resmi Sham Shui Po FC dikutip dari Instagram, Kamis (13/7/2023). 

Jika merujuk pada data Transfermarkt, Limbu merupakan pemain yang lahir di Kediri pada 28 Oktober 2005. Artinya, pemain berusia 17 tahun ini usianya masih sangat muda.

Sebelum bergabung dengan Sham Shui Po FC, Limbu pernah memperkuat beberapa klub Hong Kong, mulai dari HKFC Youth hingga Club Colts (2022-2023).

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak