Bali United Dihancurkan Lee Man FC 1-5, Apakah Liga Hong Kong di Atas Liga Indonesia?

Apakah Liga Hong Kong berada di atas Liga Indonesia secara level? Mari simak ulasannya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 17 Agustus 2023 | 12:06 WIB
Klub Hong Kong, Lee Man FC. (Facebook/理文 Lee Man)

Klub Hong Kong, Lee Man FC. (Facebook/理文 Lee Man)

Bolatimes.com - Kekalahan telak yang dialami Bali United saat berjumpa Lee Man pada preliminary round Liga Champions Asia 2023/2024 memunculkan pertanyaan baru. Apakah benar Liga Hong Kong kualitasnya di atas Liga Indonesia?

Tanda tanya besar soal benarkah kualitas Liga Hong Kong berada di atas Liga Indonesia ini memang mencuat setelah Bali United tak bisa berbuat banyak ketika berjumpa Lee Man pada ajang preliminary round Liga Champions Asia 2023/2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Hong Kong Stadium, Rabu (16/8/2023) malam hari WIB itu, Lee Man yang menjadi wakil Hong Kong sukses menggasak Bali United dengan skor telak 5-1.

Sejak babak pertama, Lee Man sudah mencatatkan keunggulannya atas Bali United. Mereka sempat unggul 3-1 lewat gol Mitchell Paulissen (8’), Gil Martins (13’), dan Everton Camargo (45+2’).

Sedangkan satu-satunya gol yang bisa dicetak Serdadu Tridatu lahir dari bunuh diri Tsui Wang Kit (11’). Sementara pada babak kedua, dua gol yang dihasilkan Lee Man disumbangkan oleh Mitchell Paulissen (56’) dan Jose Angel Alonso (86’).

Dengan kekalahan ini, Bali United harus merelakan tiket ke babak berikutnya kepada Lee Man.

Serdadu Tridatu juga dipaksa menelan kenyataan pahit lantaran harus puas tampil di kasta kedua alias Piala AFC 2023.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana sebetulnya level kompetisi Liga Hong Kong, sehingga Bali United terlihat compang-camping saat menghadapi salah satu kontestannya? Berikut Bolatimes.com menyajikan penjelasannya.

Jika merujuk pada kekuatan Lee Man musim lalu, mereka sebetulnya bukan berstatus sebagai tim terkuat dari Liga Primer Hong Kong. Sebab, mereka masih kalah dari salah satu tim yang paling dominan di sana, yakni Kitchee SC.

Pada Liga Primer Hong Kong 2022/2023, Lee Man harus puas mengakhiri persaingan di peringkat kedua. Mereka mengumpulkan 44 poin dari 18 pertandingan yang tersaji sepanjang musim.

Jumlah poin ini hanya terpaut dua mata saja dari perolehan Kitchee SC yang menjadi juara. Dengan status ini, Kitchee SC berhak mendapatkan satu tiket langsung ke fase penyisihan grup Liga Champions Asia 2023/2024.

Sementara itu, Lee Man mendapat tiket untuk mengikuti babak play-off Liga Champions Asia terlebih dahulu. Itulah sebabnya, mereka harus menghadapi Bali United di fase preliminary round, lalu berjumpa Urawa Reds pada fase play-off.

Hanya dari fakta ini saja, sebetulnya sudah dapat disimpulkan bahwa Hong Kong punya kualitas yang lebih tinggi ketimbang Indonesia. Sebab, mereka berhak mengirimkan satu tim untuk tampil di Liga Champions Asia dan satu tim ke fase kualifikasinya.

Adapun Indonesia hanya bisa mengirimkan satu wakilnya saja. Itu pun harus melewati fase kualifikasi terlebih dahulu agar bisa lolos ke Liga Champions Asia. Catatan ini tak terlepas dari Association Ranking yang didasarkan pada AFC Club Competitions Rankings.

Merujuk pada ranking Member Association (MA) dari AFC, kompetisi sepak bola Hong Kong memang berada di peringkat kelima Wilayah Timur, alias peringkat ke-11 di Asia. Sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-12 Wilayah Timur, alias peringkat ke-26 di Asia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak