Kisah Evan Dimas, Mantan Wonderkid yang Kini Kariernya Sedang Meredup

Evan Dimas kini sedang mengalami masa sulit dalam kariernya bersama Arema FC.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 27 Juli 2023 | 15:30 WIB
Evan Dimas berseragam Arema FC.(Instagram @evhandimas)

Evan Dimas berseragam Arema FC.(Instagram @evhandimas)

Bolatimes.com - Melihat kisah Evan Dimas Darmono, mantan wonderkid Timnas Indonesia yang kini justru kariernya meredup di usia prima sebagai pesepak bola profesional.

Indonesia banyak melahirkan pesepak bola berbakat sejak usia muda. Tapi para pesepak bola berbakat ini justru sulit mempertahankan konsistensinya di kancah profesional.

Tak terhitung berapa banyak para pemain muda berbakat Indonesia yang mampu mencuri perhatian, tapi kini namanya mulai meredup.

Baca Juga: Bima Sakti Tegaskan Arkhan Kaka Bukan Dicoret dari Timnas Indonesia U-17, Tapi Dipulangkan ke Klub

Salah satunya adalah Evan Dimas Darmono. Namanya melejit sejak membela Timnas Indonesia U-16 pada 2010 hingga 2012 lalu.

Namanya pun kian menjadi perbincangan kala Evan Dimas berseragam Timnas Indonesia U-19, di mana ia mampu membawa timnya meraih titel Piala AFF U-19 2014.

Evan Dimas bahkan dipuja-puja saat Timnas Indonesia U-19 secara perkasa mengalahkan Korea Selatan berkat Hattrick-nya.

Baca Juga: Anaknya Telat Gabung Seleksi Timnas Indonesia U-17, Orang Tua Welber Jardim Izin ke Bima Sakti

Kiprah Evan Dimas di usia muda ini sempat membuatnya mendapat undangan trial bersama klub Spanyol, yakni UE Llagostera.

Sayangnya ia batal dikontrak, dan kemudian meneruskan kiprahnya di Tanah Air dengan bermain untuk Bhayangkara FC.

Evan Dimas pun sempat Abroad ke Malaysia dan bermain untuk Selangor FA pada 2018. Namun kariernya tak bertahan lama dan kembali ke Indonesia dengan membela Barito Putera.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Usai membela Barito Putera, Evan Dimas sempat bermain bagi Persija Jakarta dan kemudian kembali ke Bhayangkara FC, sebelum akhirnya kini bermain untuk Arema FC.

Perjalanan Evan Dimas sebagai pemain nyatanya kini mengalami penurunan drastis. Namanya pun kini meredup, meski sempat memiliki nama besar di masa silam.

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Sempat Jadi Andalan, Kini Jadi Pesakitan di Arema FC

Baca Juga: Profil Ahmet Atayev, Bintang Timnas Turkmenistan yang Pernah Main di Arema FC dan Persela Lamongan

Di usia puncaknya sebagai pemain, yakni usia 28 tahun, seharusnya Evan Dimas Darmono menikmati masa kejayaannya sebagai pesepak bola.

Tapi apa daya, kenyataan tak seindah harapan diterima olehnya. Alih-alih rutin bermain, kini Evan Dimas menjadi pesakitan di Arema FC.

Semula, Evan Dimas menjadi andalan tim berjuluk Singo Edan itu saat diboyong pada 2022 guna bertarung di Liga 1 2022/2023.

Di musim tersebut, Evan Dimas tampil rutin bagi Arema FC dengan mencatatkan total 30 penampilan di Liga 1 dengan mengemas dua gol dan satu assist.

Usai Liga 1 2022/2023 berakhir, Evan Dimas memilih bertahan di Arema FC. Tapi kini ia harus menjadi pesakitan di bangku cadangan.

Dalam empat pekan awal Liga 1 2023/2024 yang dijalani Arema FC, Evan Dimas justru hanya bermain dua kali sebagai pemain pengganti dengan total menit bermain sebanyak 22 menit.

Selebihnya, ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan dan melihat rekan-rekannya di Arema FC bertarung di lapangan hijau.

Kondisi yang dialami Evan Dimas ini bisa dikatakan amat memprihatinkan. Apalagi jika melihat sepak terjangnya sejak usia muda.

Sayangnya, performa yang menurun serta regulasi penambahan pemain asing membuat Evan Dimas kesulitan bersaing di awal-awal pekan Liga 1 2023/2024, sehingga dirinya hanya menjadi pesakitan di Arema FC.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB
Tampilkan lebih banyak