Wawancara Eksklusif Ibu Welber Jardim: Prestasi di Sao Paolo hingga Peluang Bela Timnas Indonesia U-17

Meski sudah dapat surat dari PSSI, ternyata Welber Jardim belum tentu bisa membela Timnas Indonesia U-17

Senin, 10 Juli 2023 | 20:47 WIB
Welber Jardim bantu timnya raih trofi. (Instagram/welber07official)

Welber Jardim bantu timnya raih trofi. (Instagram/welber07official)

Bolatimes.com - Pemain abroad Welber Jardim mendapat panggilan seleksi Timnas Indonesia U-17, tetapi dia belum tentu bisa mengikuti agenda tersebut, meski sudah direstui klub Sao Paulo.

Welber Jardim menjadi salah satu nama pemain diaspora yang digadang-gadang memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Ia pun telah mendapayt izin dari klubnya memenuhi panggilan tersebut. Tetapi, dia belum bisa dijamin ikut seleksi nasional Timnas Indonesia U-17 karena masih menunggu keputusan sang agen.

Baca Juga: Bima Sakti Umumkan 34 Pemain yang Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-17, Tak Ada Nama Wonderkid Qatar Abdurrahman Iwan

Ayah Welber Jardim, Elisangelo Liu sebelumnya meminta PSSI untuk mengirimkan surat resmi kepada Sao Paulo terkait ketertarikan mereka untuk memanggil Welber ikut seleknas.

Setelah izin dari Sao Paulo didapatkan, Welber Jardim disebut sang ayah masih harus meminta izin dari agennya. Jika sang agen berkenan, sang pemain baru bisa ikut seleknas Timnas Indonesia U-17.

Nah, karena simpang siur kabar tersebut, Bolatimes melalui jurnalis Galih Prasetyo berkesempatan melakukan wawancara singkat dengan ibu sang pemain, Lielyana. Berikut hasilnya:

Baca Juga: Media Vietnam Anggap Sepele Timnas Indonesia Di Piala Asia 2023, Sebut Punya Nilai Paling Rendah

1. Welber baru menang kompetisi bersama Sao Paulo, bisa ibu ceritakan karier Welber saat ini?

Karier welber saat ini bagus dia ssekarang tim inti di timnya dan mengikuti beberapa kompetisi bersama São Paulo.

2. Untuk karier di level klub, sebagai orangtua, ibu berharap Welber nantinya terus main di Brasil atau ada target di usia ke berapa ia main di Eropa?

Baca Juga: Resmi, Daftar 34 Pemain yang Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-17, Ada 6 Keturunan

Saya sebagai ortu hanya berdoa dan mendukung yang terbaik kariernya. Masalah dia main di mana itu semua tergantung Welber dan klub, yang penting saya selalu support dia.

3. Soal timnas, di Indonesia jelang Piala Dunia U-17 2023, nama Welber paling sering dibicarakan. Bisa ibu ceritakan apakah sudah ada komunikasi dari pihak PSSI ke orangtua soal ini? 

Iya betul sudah ada komunikasi dengan kita sebagai ortu juga dengan tim Sao Paulo, hanya sekarang kita masih tunggu dari agen Welber.

Baca Juga: Pamer Foto Berseragam FC Utrecht, Ivar Jenner Bikin Warganet Negatif Thinking

4. Ayah Welber sempat mengatakan bahwa PSSI baiknya komunikasi ke agen dan klub soal membela Timnas Indonesia ini. Bisa ibu kasih penjelasan soal ini?

Betul karenaa Welber kan sekarang berada di tim Sao Paulo yang merupakan salah satu tim besar di Brasil. Maka dari itu, semua harus ada proses sebelum pemanggilan seperti ada surat untuk tim dan agen karena harus jelas semuanya.

5. Apa harapan terbesar ibu utk karier Welber saat ini? Apakah sebagai orang tua sangat harapkan Welber main bersama Timnas di Piala Dunia U17 2023 atau ada harapan lain? 

Saya hanya berharap Welber bisa bermain di mana dia merasa happy dan enak mainnya. Di mana pun itu saya tetap support dia karena bermain bola harus dengan hati ya, bukan dengan tekanan.

6. Soal pemanggilan PSSI, apakah orang tua sudah terima surat dr PSSI?

Sudah, surat sudah kami terima. 

Terlepas dari itu, PSSI tengah fokus meracik Timnas Indonesia U-17 setelah Indonesia resmi ditunjuk FIFA menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Ajang sepak bola kelompok umur terakbar itu bakal berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023.

Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti juga melakukan seleksi pemain lokal untuk memperkuat tim di Piala Dunia U-17 2023.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak