Dua Pemain Luar Negeri yang Bisa Dicoba Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023

Dua pemain luar negeri ini mungkin bisa dipanggil ke Timnas Indonesia U-17.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 24 Juni 2023 | 17:46 WIB
Welberlieskott de Halim Jardim, pemain keturunan Indonesia-Brasil. (Instagram/@welber07official)

Welberlieskott de Halim Jardim, pemain keturunan Indonesia-Brasil. (Instagram/@welber07official)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-17 bisa memanggil dua pemain diasporanya di luar negeri untuk Piala Dunia U-17 2023. Siapa saja pemain tersebut?

FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 lewat keterangan resminya, Jumat (23/6/2023) malam. Dengan begitu, Timnas Indonesia U-17 dipastikan akan tampil pada kejuaraan tersebut. yang r

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 sendiri tak lepas dari mundurnya Peru pada April 2023 lalu.

Baca Juga: Bos Borneo FC Protes Pemainnya Tak Dimainkan Shin Tae-yong, Erick Thohir Angkat Bicara

Peru menyatakan mundur karena persoalan infrastruktur yang dirasa kurang siap. FIFA pun kemudian mencabut statusnya dan mengalihkannya ke Indonesia.

Alhasil, penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pun membuat Timnas Indonesia U-17 akan berpartisipasi di ajang tersebut dengan status wakil tuan rumah.

Karenanya, kini PSSI pun harus mulai mempersiapkan Timnas Indonesia U-17 dalam waktu singkat untuk bertarung di ajang yang encananya digelar pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Baca Juga: Jonathan Khemdee Tak Dibawa, Ini Daftar Pemain Ratchaburi FC untuk Lawan Persija Jakarta

Diyakini PSSI akan menggunakan para pemain jebolan Timnas Indonesia U-16 yang juara Piala AFF U-16 2022 lalu dan sempat beraksi di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Selain para pemain tersebut, PSSI juga bisa mencoba mendekati dua pemain diaspora yang ada di luar negeri untuk membela Timnas Indonesia U-17. Siapa saja?

Pemain Diaspora di Luar Negeri dengan Paspor Ganda

Baca Juga: Profil Safy Isa, Bek Tangguh Timnas Kamboja yang Salat Jumat di Semarang

Banyak pemain diaspora Indonesia di bawah usia 17 tahun yang berada di luar negeri. Namun hanya ada beberapa pemain saja yang punya paspor Indonesia.

Dilansir dari akun Twitter @FT_IDN, pemain diaspora yang bisa dipanggil untuk Timnas Indonesia U-17 guna Piala Dunia U-17 2023 hanyalah pemain yang punya paspor ganda atau paspor Indonesia.

Akun @FT_IDN menyebut hanya ada dua pemain yang punya paspor ganda itu. Kedua pemain itu adalah Welber Jardim dan Mahesa Ekayanto.

Baca Juga: FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah, Gibran Pastikan Solo Siap Gelar Piala Dunia U-17 2023

Welber Jardim sendiri saat ini bermain di Brasil, tepatnya di akademi Sao Paulo. Pemain kelahiran Banjarmasin ini pun dikabarkan bersedia membela Indonesia.

Sedangkan Mahesa Ekayanto saat ini bermain di akademi FC Dordrecht di Belanda. Ia saat ini berusia 16 tahun dan masih memegang paspor Indonesia.

Sejatinya masih ada pemain muda Indonesia lainya di luar negeri, seperti Abdurrahman Iwan di Qatar dan Han Willhoft-King di Inggris.

Keduanya masih berusia 16 dan 17 tahun, sehingga diyakini bisa tampil bagi Timnas Indonesia U-17 pada Piala Dunia U-17 2023 nanti.

Tapi apa daya, keduanya telah bermain bagi negara-negaranya, yakni Qatar dan Inggris di level kelompok umur, sehingga kemungkinan membela Timnas Indonesia U-17 pun terbilang kecil.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak