CEK FAKTA: Belum Ada di Piala Dunia, Emiliano Martinez Kagum dengan Lemparan ke Dalam Pratama Arhan

Cek fakta, benarkah Emiliano Martinez kagum dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 22 Juni 2023 | 13:23 WIB
Cek fakta Emiliano Martinez kagum dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan. (YouTube/Injury Time TV)

Cek fakta Emiliano Martinez kagum dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan. (YouTube/Injury Time TV)

Bolatimes.com - Kanal YouTube INJURY TIME TV belakangan ini mengunggah sebuah video yang narasinya berisi soal kekaguman kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez, yang kagum dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Dalam judul video unggahannya tersebut, kanal YouTube INJURY TIME TV menyebutkan bahwa lemparan ke dalam Pratama Arhan sangat luar biasa, bahkan tak pernah dia temui di Piala Dunia 2022.

“Emiliano: Di Piala Dunia Pun Gak Ada yang Seperti Itu! Kena Ulti Lemparan ke Dalam,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube INJURY TIME TV dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga: CEK FAKTA: Asnawi Mangkualam Diminati Klub Premier League Wolverhampton Wanderers

Lalu benarkah Emi Martinez secara khusus memberikan pujian dan kekagumannya terhadap lemparan ke dalam Pratama Arhan dalam laga FIFA Matchday itu? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Jika video yang berdurasi 5:43 menit itu ditelaah secara lebih seksama, sebagian besar narasinya memang menjelaskan jalannya pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Argentina yang berakhir dengan skor 2-0.

Baca Juga: 4 Negara yang Berpotensi Disalip Timnas Indonesia Andai Raih Hasil Positif di FIFA Matchday September 2023

Kanal YouTube INJURY TIME TV ini baru membahas soal lemparan ke dalam Pratama Arhan ke area kotak penalti Timnas Argentina mulai dari menit 4:00 hingga akhir video.

Narator dalam video ini menyinggung soal unggahan Emi Martinez melalui akun Instagram pribadinya. Salah satu foto dalam unggahan tersebut ialah ketika dia terbang untuk menghalau tandukan Elkan Baggott yang memanfaatkan lemparan Arhan.

“Emiliano Martinez pun mengakui, bahkan dalam Instagram pribadinya, dia memposting bahwa dirinya tengah terbang untuk menepis lemparan Pratama Arhan yang membahayakan gawangnya,” bunyi narator.

Baca Juga: Media Argentina Beri Julukan Baru Buat Pratama Arhan Berkat Kemampuan Lemparan ke Dalam

Selain itu, kanal YouTube ini juga membahas mengenai caption yang digunakan oleh kiper Aston Villa tersebut dalam foto-foto unggahannya di Instagram.

“Dalam caption unggahannya ia mengatakan pertandingan lain dengan Timnas Argentina selalu menjadi kebanggaan bisa mewakili negara dengan komitmen dan keseriusan, yang dituntut Timnas Ini. Ini sangat luar biasa,” ujar narator.

Jika melihat seluruh isi dari video ini, sama sekali tidak ada penjelasan yang memuat soal pernyataan Emiliano Martinez yang membahas lemparan ke dalam jarak jauh yang dilakukan oleh Pratama Arhan.

Baca Juga: Profil Dimitris Kolovos, Gelandang Serang Dewa United yang Pernah Lawan Real Madrid dan Inter Milan

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa judul dan narasi yang disampaikan oleh kanal YouTube INJURY TIME TV dalam videonya ini tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, Emi Martinez sama sekali tak menyinggung soal lemparan ke dalam Pratama Arhan yang tak dijumpainya saat menjuarai Piala Dunia 2022.

Dengan demikian, hal semacam ini dapat dikategorikan sebagai false-connection alias koneksi yang salah. Sebab, sama sekali tak ada keterkaitan antara judul dengan isi yang disajikan.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak