Profil Muhammad Usaid Bin Jamal, Wasit Asal Malaysia yang Pimpin Laga Timnas Indonesia vs Argentina

Mengenal sosok Muhammad Usaid Bin Jamal, wasit laga Timnas Indonesia vs Argentina yang mungkin jarang disorot.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 20 Juni 2023 | 14:15 WIB
Muhammad Usaid Bin Jamal, wasit asal Malaysia yang pimpin laga Timnas Indonesia vs Argentina. (Youtube)

Muhammad Usaid Bin Jamal, wasit asal Malaysia yang pimpin laga Timnas Indonesia vs Argentina. (Youtube)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Muhammad Usaid Bin Jamal, wasit asal Malaysia yang memimpin laga Timnas Indonesia vs Argentina, Senin (19/6) malam WIB.

Belum lama ini, Timnas Indonesia melakoni laga bersejarah dengan menghadapi Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dalam laga melawan juara Piala Dunia 2022 itu, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tamunya itu dengan skor 0-2.

Baca Juga: Hampir Bobol Gawang Emiliano Martinez, Elkan Baggott Justru Sanjung Kualitas Lemparan ke Dalam Pratama Arhan

Dua gol Argentina ke gawang skuad Garuda masing-masing dicetak lewat Leandro Paredes di menit ke-38 dan Cristian Romero di menit ke-55.

Sepanjang laga tersebut, kedua tim bermain apik dan menghibur seluruh penonton yang memenuhi GBK maupun yang menyaksikannya di layar kaca.

Permainan menghibur yang tercipta di laga tersebut sendiri tak lepas dari kepemimpinan wasit pertandingan, yaki Muhammad Usaid bin Jamal.

Baca Juga: 3 Aksi Gocekan Marselino Ferdinan saat Lawan Argentina, Lewati Garnacho hingga Kolongi Palacios

Wasit asal Malaysia itu memimpin laga dengan baik dan mengeluarkan keputusan-keputusan yang tepat bagi Timnas Indonesia maupun Argentina.

Sosoknya menjadi sorotan di laga itu karena banyak yang menganggap dirinya adalah wasit asal Indonesia, karena kesamaan perawakan dan juga tekstur wajahnya.

Lantas, siapakah sosok Muhammad Usaid bin Jamal tersebut? Berikut profil dan sepak terjangnya sebagai pengadil di lapangan hijau.

Baca Juga: Usai Tahan Imbang Thailand, Negara Peringkat 156 Dunia Kembali Bikin Kejutan Tumbangkan Filipina

Pimpin Laga Indonesia vs Palestina

Muhammad Usaid bin Jamal merupakan wasit asal Malaysia yang mengantongi lisensi FIFA dan kerap memimpin laga-laga internasional.

Sepak terjangnya sebagai wasit lisensi FIFA di laga-laga internasional tak hanya terlihat dari laga Timnas Indonesia vs Argentina semata, melainkan juga laga-laga lainnya.

Baca Juga: Momen Terenyuh Alejandro Garnacho sebelum Dikantongi Asnawi Mangkualam

Diketahui, pria yang akrab disapa Usaid Jamal ini sempat memimpin laga Timnas Indonesia lainnya yakni kala melawan Palestina di FIFA Matchday Juni 2023, Rabu (14/6).

Selain itu, Usaid Jamal sendiri juga menjadi andalan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk turnamen-turnamen yang digelar.

Tercatat ia pernah diberi mandat memimpin laga-laga di Piala Asia U-19 2019, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, dan Piala Asia U-23 2020.

Hebatnya lagi, Usaid Jamal juga pernah memimpin turnamen di bawah naungan FIFA, seperti Piala Dunia U-17 pada tahun 2019 lalu.

Tak hanya memiliki sepak terjang di kancah internasional, Usaid Jamal pun juga kerap ditunjuk untuk memimpin laga-laga di Liga Malaysia.

Kehebatannya sebagai wasit juga terlihat dari rekam jejaknya yang ternyata pernah menjadi wasit VAR (Video Assistant Referee), yang kian menunjukkan kualitasnya dalam memimpin laga.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak