5 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia vs Argentina

Simak fakta menarik jelang laga Timnas Indonesia vs Argentina yang mungkin jarang diketahui.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 19 Juni 2023 | 15:45 WIB
Timnas Indonesia. (Instagram/@pssi)

Timnas Indonesia. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Berikut deretan fakta menarik jelang duel Timnas Indonesia vs Argentina dalam agenda FIFA Matchday pada Senin (19/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Timnas Indonesia akan menjamu tamu agung pada sosok juara Piala Dunia 2022 dan negara peringkat pertama FIFA, Argentina, di FIFA Matchday Juni 2023 ini.

Duel ini amat dinanti-nantikan oleh pendukung Timnas Indonesia, yang ingin melihat tim kebanggaannya beradu dengan negara top di kancah internasional.

Baca Juga: 3 Negara yang Ranking FIFA-nya Berpotensi Dilewati Indonesia jika Tahan Imbang Argentina

Selain itu, laga ini mampu menarik atensi masyarakat Tanah Air karena kehadiran bintang-bintang ternama La Albiceleste saat menghadapi Timnas Indonesia.

Meski tiga pemain senior seperti Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi absen, Argentina tetap membawa bintang-bintangnya ke Indonesia.

Bahkan ada kemungkinan para bintang ternama ini akan dimainkan oleh Lionel Scaloni untuk mempertahankan tren kemenangan Argentina di laga internasional pasca juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Kocak, Momen Reporter TV Argentina Lakukan Live di Jakarta Sambil Makan Bubur

Tak mau kalah dari lawannya, Timnas Indonesia pun memanggil para pemain terbaiknya untuk meladeni kedatangan Argentina itu.

Total ada 26 pemain skuad Garuda yang dipanggil dan akan diandalkan oleh Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia.

Jelang duel bersejarah bagi sepak bola Tanah Air ini, ada beberapa fakta menarik yang mewarnai duel Timnas Indonesia vs Argentina.

Baca Juga: Media Argentina Bandingkan Harga Skuad Timnas Indonesia Hanya Setara Satu Wonderkid Tim Tango

Apa saja deretan fakta itu? Berikut rangkumannya.

1. Catatan Impresif Timnas Indonesia

Jelang menghadapi Argentina, Timnas Indonesia punya catatan impresif saat bermain di kandangnya yakni 10 laga tak terkalahkan terhitung sejak 2022 hingga 2023 ini.

Baca Juga: Santai Jelang Lawan Indonesia, Pemain Timnas Argentina Terciduk Main Kartu Remi

Dalam 10 laga di kandang bersama Shin Tae-yong itu, Timnas Indonesia mampu meraih enam kemenangan dan empat hasil imbang.

Bahkan, Timnas Indonesia punya catatan apik dari 10 laga itu, dengan mencetak 20 gol dan hanya kebobolan 9 gol saja dari lawan-lawannya.

2. Argentina Datang dengan Catatan Apik

Timnas Indonesia boleh saja memiliki catatan apik di kandang. Tapi Argentina datang dengan catatan yang tak kalah mentereng.

Jelang melawan Timnas Indonesia, tim berjuluk La Albiceleste ini tak pernah kalah dalam laga uji coba sejak 2019 lalu dengan rekor 100 persen kemenangan dari tujuh laga yang dijalani.

Hebatnya lagi, semua catatan itu didapat di bawah arahan Lionel Scaloni sebagai pelatih, di mana Argentina mampu mencetak 27 gol dan kebobolan 7 gol.

3. Duel Melawan Juara Piala Dunia

Timnas Indonesia sejatinya pernah melawan juara Piala Dunia pada diri Uruguay. Tapi, tim berjuluk La Celeste itu datang ke Tanah Air bukan status sebagai kampiun ajang tersebut.

Hal ini berbeda dengan Argentina datang ke Indonesia dengan status juara Piala Dunia 2022 yang direngkuhnya sekitar enam bulan sebelumnya.

Tak ayal, laga melawan Argentina ini pun menjadi laga pertama Timnas Indonesia melawan juara bertahan Piala Dunia.

4. Lawan Ketiga dari Amerika Latin

Dalam sejarahnya, Timnas Indonesia tercatat sudah dua kali menghadapi negara-negara dari Amerika Latin atau Amerika Selatan.

Negara tersebut adalah Paraguay yakni pada tahun 1986 silam dan terakhir adalah Uruguay yakni pada tahun 2010 silam.

Argentina pun kini akan menjadi lawan ketiga yang pernah dihadapi Timnas Indonesia dari negara Amerika Selatan atau zona CONMEBOL.

5. Pengalaman Kedua Emiliano Martinez

Melihat skuad Argentina saat ini, belum ada pemain La Albiceleste yang pernah merumput di Indonesia kecuali sang kiper utama, Emiliano Martinez.

Kiper milik Aston Villa itu untuk kedua kalinya datang dan akan bertanding ke Indonesia setelah sebelumnya hadir ke Tanah Air pada 2013 silam saat bermain bagi Arsenal.

Pada 2013 lalu, Emiliano Martinez sempat bermain melawan Indonesia All Star. Tapi di tahun 2023 ini, ada kemungkinan ia akan dicadangkan agar Argentina bisa memainkan kiper lainnya saat melawan Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak