PSSI Kerja Sama dengan Operator Liga Jerman, Jadikan Liga Indonesia yang Terbaik di Asia Tenggara

PSSI resmi bekerja sama dengan operator Liga Jerman untuk membuat Liga Indonesia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 10 Juni 2023 | 06:00 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (ANTARA/HO/PSSI)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (ANTARA/HO/PSSI)

Bolatimes.com - PSSI dan Deutsche Fussball Liga (DFL) meneken Memorandum of Understanding (MoU) di Frankfurt, Jumat sore. Kedua pihak sepakat untuk pelatihan serta berkolaborasi.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan sangat mengapresiasi sambutan dari DFL dan pertemuan itu akan dilanjutkan dengan serangkaian pertemuan agar PSSI dapat mempelajari lebih dalam dan lebih serius mengenai pengelolaan sepak bola profesional di Jerman.

"Upaya ini sejalan dengan misi kami untuk mengangkat liga sepak bola Indonesia yang diharapkan akan menjadi kompetisi sepak bola utama di Asia Tenggara," kata Erick seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Profil Timnas Papua Nugini, Negara Peringkat 159 Dunia yang Jadi Lawan Malaysia di FIFA Matchday

Sosok yang juga merupakan Menteri BUMN itu menegaskan bahwa kerja sama PSSI dengan DFL memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan level olahraga dan aspek teknis sepak bola Indonesia, memicu peningkatan kualitas permainan dan daya saing.

"Karena fondasi kompetisi diperkuat melalui perjanjian ini, maka aspek-aspek penting seperti organisasi kompetisi, manajemen stadion, keselamatan penggemar, dan perizinan akan dijalankan dengan profesionalisme," tambahnya.

DFL merupakan perusahaan yang bertanggung jawab untuk operasional bisnis dua divisi teratas liga sepak bola Jerman. Perusahaan itu telah terbentuk sejak 2000 dan mereka juga sempat mengorganisir Piala Jerman serta Piala Super Jerman.

Baca Juga: Intip Jadwal Lionel Messi Debut Bersama Inter Miami

Sementara itu, Chief Marketing Officer DFL Bundesliga International Peer Naubert menyebut bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting Liga Jerman. DFL Bundesliga International merupakan anak perusahaan DFL yang bertugas untuk mendorong internasionalisasi Liga Jerman dengan menyediakan berbagai konten yang mudah dipahami publik.

Liga Jerman pun secara aktif telah menjangkau Indonesia, seperti beberapa aktivitas terkini yakni "Bundesliga Commonground Jakarta" dan "Bundesliga Experience Indonesia."

"Kami dengan senang hati meneguhkan kembali komitmen kami di Indonesia dan memperkuat hubungan kami dengan Bapak Erick Thohir dan PSSI, untuk bersama-sama memajukan sepak bola di seluruh negeri dan semakin mengembangkan kehadiran Bundesliga di Indonesia," kata Naubert.

Baca Juga: Kisah Reebal Dahamshi, Striker Palestina yang Dibawa ke Indonesia Ternyata Orang Israel

(Antara)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak