9 Pemain ASEAN yang Berstatus Naturalisasi di Liga Indonesia, Filipina Mendominasi

Klub Indonesia cukup cerdik, memboyong pemain ASEAN tapi yang memiliki spek luar

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 06 Juni 2023 | 10:47 WIB
Jacob Mahler gabung Madura United. (Instagram/@jacob.mahler)

Jacob Mahler gabung Madura United. (Instagram/@jacob.mahler)

Bolatimes.com - Sebagian besar nama pemain yang akan mengisi slot ASEAN pada kompetisi Liga 1 atau Liga Indonesia musim depan ternyata juga menyandang status naturalisasi. Mereka memang kini sudah berpaspor negara Asia Tenggara.

Namun, apabila melihat catatan kelahirannya, sebagian besar pemain ini justru tak berasal dari ASEAN. Mereka tersebar dari Eropa hingga Brasil. Setidaknya, ada sembilan nama pemain yang berstatus naturalisasi.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola berpaspor ASEAN yang berstatus naturalisasi di Liga 1 musim depan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ditantang Dua Tim Kuat, Marselino Ferdinan Minta Dukungan Suporter

1. Daisuke Sato (Persib Bandung)

Daisuke Sato merupakan pesepak bola kelahiran Filipina yang akan kembali memperkuat Persib Bandung pada musim depan. Pemain ini dibilang memiliki darah keturunan Jepang. Dia juga dibesarkan di Negeri Matahari Terbit.

2. Mike Ott (Barito Putera)

Baca Juga: Video Aksi Impresif Asnawi Mangkualam Bantu Jeonnam Dragons Raih Kemenangan, Lionel Messi Siap Siaga Nih

Barito Putera masih akan mempercayakan lini tengahnya kepada pemain berpaspor Filipina, Mike Rigoberto Ott. Pemain berusia 28 tahun ini berstatus keturunan. Dia tercatat lahir di Jerman dan mengawali kariernya di sana.

3. Christian Rontini (Persita Tangerang)

Persita Tangerang juga sudah menemukan pemain pilihannya untuk mengisi slot Asia Tenggara pada musim depan. Pilihan itu jatuh pada Christian Rontini, bek kelahiran Italia yang sudah resmi menjadi warga negara Filipina.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Butuh Amunisi, Indra Sjafri Isyaratkan Panggil Ivar Jenner dan Rafael Struick

4. Symen Lyngbo (Persik Kediri)

Selanjutnya, ada nama bek kanan Timnas Filipina, Symen Lyngbo, yang akan mewarnai kompetisi kasta tertinggi musim depan. Pemain yang sudah menjadi warga negara Filipina ini statusnya naturalisasi karena dia lahir di Baerum, Norwegia.

5. Pedro Henrique (Persikabo 1973)

Baca Juga: Cocoklogi Ala Perjalanan Karier Michael Essien, Eden Hazard Bisa Berseragam Persib Bandung?

Striker Persikabo 1973, Pedro Henrique, juga tercatat sebagai pemain naturalisasi di Liga 1. Penyerang berusia 31 tahun ini memang sudah berpaspor Timor Leste, tetapi dia tercatat lahir di Sao Paulo, Brasil.

6. Jacob Mahler (Madura United)

Madura United beruntung mendapatkan sosok bek muda berkualitas dalam diri Jacob Mahler. Pemain yang sudah mencatat debut bersama Timnas Singapura ini juga berstatus naturalisasi. Dia lahir di Copenhagen, Denmark.

7. Song Ui-young (Persebaya Surabaya)

Selanjutnya, kompatriot Jacob Mahler di Timnas Singapura, Song Ui-young, juga telah resmi mendapatkan klub di Liga 1. Pemain yang terlahir di Incheon, Korea Selatan, ini bakal memperkuat Persebaya Surabaya.

8. Kiki Linares (PSM Makassar)

Selanjutnya, pemain berstatus naturalisasi yang akan mengisi slot Asia Tenggara di Liga 1 musim depan ialah Kiki Linares. Pemain PSM Makassar ini memang sudah resmi menjadi warga negara Filipina, tetapi dia terlahir di Spanyol.

9. Anthony Pinthus (PSS Sleman)

Berikutnya, ada sosok kiper kelahiran Swiss dan berpaspor Filipina, Anthony Pinthus. Kiper Timnas Filipina ini resmi memperkuat PSS Sleman untuk Liga 1 musim depan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak