3 Cara Bijak Kelola Bonus SEA Games 2023 untuk Pemain Timnas Indonesia U-22, Supaya Tak Susah di Masa Tua

Jangan sampai terdengar kabar pada 10 atau 20 tahun mendatang, eks peraih medali emas SEA Games 2023 hidup susah di masa pensiun

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 06 Juni 2023 | 10:10 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-22 berpose dengan medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa)

Pemain Timnas Indonesia U-22 berpose dengan medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa)

Bolatimes.com - Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi kepada Timnas Indonesia U-22 berupa bonus usai meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja.

Pemberian bonus ini dilakukan di Istana Negara pada Senin (5/6/2023) kemarin. Para pemain Timnas Indonesia U-22 mendapat bonus sebesar Rp 367,5 juta per orang.

Nominal tersebut memang ditujukan untuk peraih medali emas kategori beregu di SEA Games kemarin. Jokowi pun berpesan agar bonus yang didapatkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama untuk investasi jangka panjang.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Argentina, Asnawi Mangkualam Diisukan Hengkang dari Jeonnam Dragons, Pulang Kampung?

Lantas, apa saja cara kelola bonus SEA Games 2023 untuk para pemain Timnas Indonesia U-22 supaya tak susah di masa tua?

1. Ditabung

Hal utama yang bisa dilakukan oleh para pemain Timnas Indonesia U-22 terhadap bonus yang didapatkan adalah menabungnya.

Baca Juga: Ucapkan Assalamualaikum, Gadis Cantik Kamboja yang Disapa Marselino Ferdinan Bikin Netizen Syok

Jumlah nominal bonus yang ditabung tergantung pada kebutuhan. Bisa 80% kemudian 20% sisanya digunakan untuk keperluan atau bisa menabung semua bonusnya.

Membuat tabungan bisa menjadi solusi bijak yang diambil karena bisa menjadi dana darurat ketika masa tua atau kondisi-kondisi darurat.

2. Investasi

Baca Juga: Tak Disangka, Timnas Indonesia Senior Dapat Undangan Main di Piala Dunia 2023 Bareng Inggris

Ada beberapa cara investasi yang bisa dilakukan oleh pemain Timnas Indonesia U-22 terhadap bonus SEA Games 2023 yang didapatkan.

Investasi itu bisa berupa membeli properti seperti rumah atau tanah, bisa juga berupa membeli emas, atau bermain saham jika punya kemampuan dan pengetahuan.

3. Ikut Lisensi Kepelatihan

Baca Juga: Urusan Pribadi, Bali United Tanpa Dua Pemain Asing Baru saat Hadapi PSM Makassar

Dengan bonus yang didapatkan dari SEA Games 2023, para pemain Timnas Indonesia U-22 bisa menggunakannya untuk membiayai kursus pelatih atau mengambil lisensi pelatih.

Mengambil lisensi pelatih akan sangat bermanfaat untuk para pemain ketika sudah pensiun dan usia semakin uzur. Pelatih bisa menjadi profesi yang diambil setelah gantung sepatu.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak