Ubah Mental Wasit Indonesia, PSSI Minta Bantuan Federasi Sepak Bola Jepang

PSSI meminta bantuan Jepang untuk mengubah mental wasit Indonesia

Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Sabtu, 03 Juni 2023 | 19:14 WIB
Bangbang Syamsudar, wasit terbaik BRI Liga 1 2022-2023. [PT Liga Indonesia Baru]

Bangbang Syamsudar, wasit terbaik BRI Liga 1 2022-2023. [PT Liga Indonesia Baru]

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, ingin mengubah mental wasit Indonesia dengan meminta bantuan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

Adapun dalam beberapa kesempatan memang wasit sepak bola di Indonesia kerab disorot lantaran kinerja yang kurang memuaskan. Bahkan, beberapa pelatih di Liga 1 2022/2023 banyak melakukan protes.

Salah satu yang paling keras adalah Bernardo Tavares. Sosok asal Portugal itu terus menuntut agar adanya peningkatan kinerja wasit.

Baca Juga: Tiga Atlet Renang DIY Dapat Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri, Ada Yang di Belanda

Kini, PSSI era Erick Thohir kelihatan serius melakukan pembenahan. Salah satunya dengan melakukan kerja sama dengan JFA.

"Kita punya rencana (PSSI) empat tahun ke depan. Tapi saya butuh proses yang cepat," kata Erick Thohir dilansir dari laman Instagramnya, Sabtu (3/6/2023).

"Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat struktur. Tentu saya butuh bantuan jika memungkinkan mengirim dua orang (dari JFA) full time," jelasnya.

Baca Juga: Tak Dapat Panggilan Timnas Indonesia vs Argentina, Dewangga Pilih Habiskan Waktu untuk Liburan

Dalam pertemuan ini, sosok yang menjabat sebagai Menteri BUMN ini menambahkan beberapa langkah sudah dilakukan PSSI untuk mengatasi masalah wasit. Salah satunya adalah meningkatkan kesejahteraanya.

Selain itu, wasit-wasit di Tanah Air sudah dilengkapi dengan asuransi. Mereka tak perlu khawatir lagi perihal kesehatannya.

"Untuk mengubah mental wasit, saya memastikan mereka cukup dalam ekonomi. Jadi saya melakukan dengan memberi jaminan kepada mereka untuk mendapatkan asuransi," jelasnya.

Baca Juga: Latihan Mandiri di Belanda, Gelandang Timnas Indonesia Janjikan Hal Ini untuk Persib Bandung

"Asuransi penuh untuk mereka (wasit)," pungkas mantan presiden Inter Milan tersebut.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Pratama Arhan dulu lebih condong memilih ke Liga Jepang
bolaindonesia | 14:00 WIB
Tommy Welly atau Bung Towel menduga bahwa pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong, menyewa buzzer. Hal ini dikarenakan setiap ia mengkritik selalu berujung diserang netizen.
bolaindonesia | 12:48 WIB
Indikasi pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan hijrah ke Korea Selatan semakin nyata. Klub yang mengincarnya, Suwon FC, melakukan hal ini
bolaindonesia | 11:01 WIB
Timnas Indonesia U-24 akan tampil dengan kekuatan terbaik saat melawan Uzbekistan. Mari saksikan perjuangan skuat Garuda Muda
bolaindonesia | 10:52 WIB
Artis ternama Indonesia, Darius Sinathrya, buka-bukaan menyebut biaya sekolah sepak bola di Prancis yang diikuti oleh kedua putranya, yakni Diego Andres dan Lionel Nathan.
bolaindonesia | 20:30 WIB
Solidaritas ditunjukkan oleh pemain naturalisasi, Herman Dzumafo, dengan menuntut permintaan maaf dari Persekat Tegal yang melanggar Silvio Escobar hingga alami kolaps di tengah lapangan.
bolaindonesia | 20:14 WIB
Momen menarik tercipta di Asian Games 2022 cabang olahraga (cabor) tenis, di mana petenis Korea Selatan, Kwon Soo-woo, mengamuk dan merusak raketnya usai tersingkir.
bolaindonesia | 20:00 WIB
Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 kembali menghadapi jalan terjal seiring adanya perubahan bagan di babak gugur, yang membuat tim Merah Putih berpotensi hadapi Jepang.
bolaindonesia | 18:00 WIB
Pratama Arhan akan bergabung Suwon FC pada Januari 2024
bolaindonesia | 17:00 WIB
Pelatih Shin Tae-yong mungkin saja mencoret pemain naturalisasi Sandy Walsh jelang laga play-off Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
bolaindonesia | 16:09 WIB
Indra Sjafri hadir langsung saksikan duel Uzbekistan vs Hong Kong
bolaindonesia | 14:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri langsung mengisyaratkan bahwa dirinya bakal mencadangkan Titan Agung setelah resmi memanggil Ramadhan Sananta ke dalam skuad.
bolaindonesia | 13:00 WIB
Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan, dilaporkan bakal bergabung klub Liga 1 Korea Selatan, Suwon FC, pada Januari 2024
bolaindonesia | 12:49 WIB
Persis Solo mengungkapkan kenapa akhirnya melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-24. Ternyata bukan karena takut sanksi dari PSSI.
bolaindonesia | 12:00 WIB
Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi Uzbekistan pada babak 16 besar Asian Games 2022 pada Kamis (28/9/2023).
bolaindonesia | 11:00 WIB
Timnas Indonesia U-24 dipastikan bakal menghadapi Uzbekistan U-24 dalam babak 16 besar Asian Games 2022. Berikut head to head kedua tim jelang laga tersebut.
bolaindonesia | 11:00 WIB
Timnas Indonsia U-24 akan menghadapi Uzbekistan dengan kekuatan terbaik, termasuk Ramadhan Saananta. Cek jadwalnya
bolaindonesia | 09:36 WIB
Inilah beberapa stadion megah di luar Jawa yang bisa digunakan untuk Timnas Indonesia
bolaindonesia | 21:00 WIB
Tampilkan lebih banyak