3 Klub Top Indonesia yang Cocok Jadi Pelabuhan Baru Pesepak Bola Terkaya Dunia

Setelah dilepas klub Thailand, pemain terkaya dunia berpeluang berkarier di Liga Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 03 Juni 2023 | 17:00 WIB
Pesepak bola terkaya di dunia, Faiq Bolkiah. (Facebook/Faiq Jefri Bolkiah)

Pesepak bola terkaya di dunia, Faiq Bolkiah. (Facebook/Faiq Jefri Bolkiah)

Bolatimes.com - Pesepak bola asal Brunei Darussala, Faiq Bolkiah, saat ini sudah resmi berpisah dengan klub Thailand, Chonburi FC. Jika ingin melanjutkan karier di Indonesia, sebetulnya ada beberapa klub Liga 1 yang bisa menjadi tujuan.

Sebelumnya, setelah dua tahun menjalin kerja sama, akhirnya Faiq Bolkiah dan Chonburi FC resmi berpisah. Pengumuman itu dilakukan resmi oleh klub pada Senin (29/5/2023).

Bukan hanya melepas pesepak bola terkaya saja, Chonburi FC juga melepas tujuh pemainnya usai kontraknya habis di akhir musim 2022/2023.

Baca Juga: Indonesia Kedatangan Lionel Messi, Negara Tetangga Justru Dikunjungi Cristiano Ronaldo

"The Sharks mengumumkan pelepasan delapan pemain yang menyelesaikan kontrak pada akhir musim ini Mereka adalah Faiq Bolkiah, Go Seul-ki, Yoo Byung-soo, Renato Kelic, Danilo Alves, Dennis Murillo, Diego Bardanca dan Jesse Curran," tulis Chonburi FC di laman Facebook resmi.

Setelah resmi meninggalkan Chonburi FC, Faiq Bolkiah bisa saja berlabuh ke Indonesia mengingat pada musim depan Liga 1 2023-2024 akan menerapkan regulasi pemain Asia Tenggara.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga klub Indonesia yang cocok menjadi pelabuhan baru Faiq Bolkiah jika berminat berkarier di Liga 1.

Baca Juga: Profil Taufik Hidayat, Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Dihujat BL Malaysia Karena Kritik Lee Chong Wei

1. Persija Jakarta

Sampai saat ini, Persija Jakarta menjadi salah satu kontestan Liga 1 yang belum memiliki pemain asal Asia Tenggara. Mereka baru mempunyai Ondrej Kudela dan Ryo Matsumura.

Oleh karena itu, Macan Kemayoran menjadi tujuan yang cukup potensial bagi Faiq Bolkiah andai dia ingin melanjutkan kariernya di Indonesia.

Baca Juga: Ungkapkan Perasaan Senang Ketemu Indra Sjafri, Gelandang Indonesia yang Bermain di Qatar Beri Kode Bela Timnas?

Salah satu yang bakal membuat Persija Jakarta punya nilai jual tinggi ialah karena skuad asuhan Thomas Doll ini akan mewakili Indonesia di ajang Piala AFC musim depan.

2. Bali United

Bali United menjadi salah satu kontestan Liga 1 yang paling sering jor-joran dalam mendatangkan pemain bintang. Itulah sebabnya, Serdadu Tridatu punya kans memboyong Faiq Bolkiah.

Baca Juga: 3 Pemain Bertitel Juara Liga Europa Bisa Jadi Senjata Argentina Lawan Timnas Indonesia

Potensi besar yang dimiliki Bali United memang tak hanya seputar sepak bola saja, tetapi juga karena Pulau Dewata merupakan destinasi wisata yang menarik.

Selain itu, tim asuhan Stefano Cugurra ini juga bakal menjadi wakil Indonesia di kancah Asia dan berpotensi tampil di Liga Champions Asia.

3. PSM Makassar

Status PSM Makassar sebagai klub jawara Liga 1 2022-2023 tentu menjadi daya tarik yang luar biasa bagi Faiq Bolkiah. Sebab, mereka bakal berjuang untuk mempertahankan gelarnya musim depan.

Selain itu, sampai saat ini skuad Juku Eja juga masih belum memiliki pemain asing untuk mengisi slot ASEAN. Kemungkinannya masih terbuka bagi Faiq untuk bisa bergabung.

Tak hanya itu saja, PSM Makassar juga akan menjadi wakil Indonesia di kancah Asia. Mereka masih melewati fase play-off ke Liga Champions Asia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak