Marselino Ferdinan Bahagia Dapat Beasiswa hingga S2, Bisa Tetap Kuliah Meski Main di Luar Negeri

Reaksi Marselino usai dapat beasiswa.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 02 Juni 2023 | 08:25 WIB
Marselino Ferdinan saat merayakan gol untuk Timnas Indonesia U-22 (Instagram/PSSI)

Marselino Ferdinan saat merayakan gol untuk Timnas Indonesia U-22 (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia  U-22 Marselino Ferdinan bersyukur mendapat beasiswa kuliah hingga S2 dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Beasiswa ini diberikan kepada Marselino Ferdinan yang berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-22 merebut medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Pemain KMSK Deinze itu senang mendapatkan beasiswa. Ia mengaku akan memanfaatkannya dengan baik untuk bekal masa depan.

Baca Juga: Legenda Barcelona Motivasi Pemain Muda Indonesia Bisa Berkarier di Eropa: Harus Berusaha, Tuhan yang Menentukan

"Ini kesempatan ya buat saya dan teman-teman. Tentu ini menjadi motivasi buat kami untuk terus belajar, berlatih dan mengembangkan diri serta karir di dunia sepak bola. Yang jelas kami bersyukur bisa dapat beasiswa dan kuliah di sini," ucapnya usai penerimaan beasiswa di Ruang Rapat, Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya pada Rabu, 31 Mei 2023 seperti dikutip dari laman snesa.ac.id.

Setelah mendapat beasiswa Marselino Ferdinan berencana mengambil program studi Kepelatihan Olahraga. UNESA sudah menyiapkan skema perkuliahan khusus yang memang itu tidak sampai mengganggu konsentrasi latihan maupun pertandingan Marselino yang kini merumput di luar negeri.

Pemain asal Surabaya itu menegaskan, pendidikan itu penting bagi atlet. Ia menyadari menjadi pesepak bola pasti ada masanya, sehingga perlu memikirkan masa depan andai sudah pensiun jadi atlet.

Baca Juga: Curi Atensi, Momen Legenda Timnas Argentina Nyeker saat Main Bola di Indonesia

"Saya kira pendidikan itu penting sekali ya bagi atlet seperti kami. Apalagi karir profesional atau masa emas itu ada masanya. Jadi ketika kami sudah tuntas menjadi atlet bisa lanjut menjadi pelatih atau dosen olahraga," sambungnya.

Selain Marselino Ferdinan, UNESA juga memberikan beasiswa kepada empat pemain lainnya yakni Marcell Januar Putra, Hugo Samir, Marselino Ferdinan Philipus, Brylian Aldama dan Arsa Ramadan Ahmad.

Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menegaskan pihaknya berkomitmen untuk mendukung para atlet yang ingin menempuh pendidikan di universitas. Pihaknya menyiapkan beasiswa tidak hanya untuk program sarjana, juga bisa sampai magister atau S-2.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dari Timnas Indonesia, Presiden PSSI-nya Malaysia Klaim Tolak Uji Coba Lawan Brasil dan Argentina

"Ini teman-teman punya kemampuan di bidang olahraga dan punya prestasi, itu yang kami apresiasi. Dengan kemampuan itu bisa direkognisi sebenarnya dan misalnya nanti bisa kuliah sampai S-2 itu sudah masuk kualifikasi jadi dosen. Monggo kalau mau jadi dosen kami siapkan," terangnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak