Profil Silverio da Silva, Bek Anyar Borneo FC yang Malang Melintang di Liga Portugal

Borneo FC resmi memboyong bek tangguh dari Liga Portugal

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 30 Mei 2023 | 10:50 WIB
Bek anyar Borneo FC, Silverio da Silva. (Dok. Borneo FC)

Bek anyar Borneo FC, Silverio da Silva. (Dok. Borneo FC)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Silverio da Silva, bek asing anyar milik Borneo FC yang diboyong langsung dari kasta kedua Liga Portugal atau Liga Sabseg.

Borneo FC terus memperkuat skuadnya untuk menyambut Liga 1 atau Liga Indonesia musim 2023-2024 yang dijadwalkan bergulir pada awal Juli 2023 mendatang.

Tim berjuluk Pesut Etam ini bahkan tak main-main dalam menyongsong musim baru, dengan melengkapi kuota pemain asingnya sebelum kompetisi dimulai.

Baca Juga: Dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto Bilang Begini

Komposisi pemain asing tim asal Kalimantan ini lengkap seiring kedatangan Silverio Junio Goncalves da Silva atau akrab disapa Silverio da Silva.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini menjadi pemain asing terakhir yang didatangkan Borneo FC setelah Leo Lelis, Jelle Goselink, dan Win Naing Tun.

"Selamat bergabung untuk Silverio, kedatangannya kita inginkan mampu menambah kekuatan di lini belakang Borneo FC," ujar Presiden Klub, Nabil Husien, dikutip dari laman resmi klub, Selasa (30/5).

Baca Juga: 3 Pelatih Liga 1 yang Bisa Jadi Penerus Shin Tae-yong, Salah Satunya Pernah Dipuji Manajer Timnas Indonesia

Silverio da Silva sendiri diketahui datang ke Borneo FC dengan status bebas transfer, usai kontraknya berakhir bersama klub kasta kedua Liga Portugal, yakni Penafiel.

Lantas, siapakah sosok Silverio da Silva itu? Bagaimana sepak terjangnya sebelum melabuhkan kariernya ke Indonesia dengan bergabung Borneo FC?

Malang Melintang di Liga Portugal

Baca Juga: Tak Sabar Debut Bareng Timnas Indonesia, Sandy Walsh Latihan Mandiri Jelang Lawan Argentina

Silverio da Silva lahir di Vila do Conde, Portugal pada 26 Desember 1995. Saat ini pemain yang akrab disapa Silverio itu berusia 27 tahun.

Lahir di Vila do Conde, Silverio menapaki kariernya di dunia sepak bola dengan bermain untuk tim kampung halamannya, yakni Rio Ave.

Usai menimba ilmu di akademi Rio Ave selama tujuh tahun, Silverio kemudian ia dipromosikan ke tim utama dengan kontrak jangka panjang berdurasi lima tahun pada 2014.

Baca Juga: Ketum PSSI Dapat Ucapan Spesial dari Jose Mourinho di Hari Ulang Tahun, Netizen: Calon Pelatih Timnas Indonesia

Sayangnya sejak dipromosikan ke tim utama, Silverio tak mendapat sekalipun kesempatan untuk bermain. Hal ini membuatnya sempat dipinjamkan ke Famalicao di kasta ketiga.

Di Famalicao, pemain berpostur 1,86 meter ini menjalani masa peminjaman selama dua tahun, sejak 2014 hingga 2016 dengan tampil sebanyak 30 kali dan sumbangan empat gol.

Usai kembali ke Rio Ave, Silverio lagi-lagi dipinjamkan. Kali ini ke tim kasta kedua Portugal, yakni Leixoes SC pada musim panas 2016.

Peminjaman ini berlangsung selama satu musim, di mana Silverio bermain sebanyak 28 kali. Setelah penampilan itu, ia pun kembali ke Rio Ave pada 2017.

Nahas usai kembali ke Rio Ave, Silverio tak mendapat kesempatan sama sekali. Hal ini membuatnya kembali dipinjamkan ke Varzim pada 2018 hingga 2019.

Peminjamannya pun kemudian berhenti sampai Varzim saja. Pada 2019, Silverio diboyong oleh Academica Coimbra usai kontraknya habis bersama Rio Ave.

Di Academica Coimbra, Silverio pun tampil sebanyak 50 kali dalam dua musim dengan torehan tiga gol dan satu assist. Namun penampilan itu tak membuat kontraknya diperpanjang.

Catatan itu membuatnya kemudian ditampung oleh Penafiel pada 2021 dengan status bebas transfer dan diikat kontrak dua tahun.

Bersama Penafiel, Silverio tampil sebanyak 37 kali di berbagai ajang dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist selama dua musim.

Kini kontraknya pun habis pada Juni 2023. Di usia yang baru 27 tahun, Silverio kemudian menerima pinangan Borneo FC dan akan melanjutkan kariernya di Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Nova Arianto sepertinya menggembleng fisik para pemain Timnas Indonesia U-16 dengan keras

bolaindonesia | 12:57 WIB

Begini komentar Nova Arianto usai Timnas Indonesia U-16 membantai Singapura

bolaindonesia | 07:34 WIB

Berposisi mirip dengan Pratama Arhan, Fabio Azka Irawan juga bisa melakukan lemparan super jauh

bolaindonesia | 07:27 WIB

Undian akan digelar pada 27 Juni 2024. Ingin satu grup dengan siapa?

bolaindonesia | 20:28 WIB

Piala AFF 2024 tidak menjadi prioritas utama PSSI untuk juara, malah SEA Games yang ditarget

bolaindonesia | 06:46 WIB

Terlalu mudah bagi Jerman, kandidat juara Euro 2024?

bolaindonesia | 19:20 WIB

Salah satu klub Premier League resmi menggaet bek mahal keturunan Indonesia dan langsung diikat kontrak 6 tahun

bolaindonesia | 19:12 WIB

Timnas Indonesia selangkah lagi melewati peringkat FIFA tertinggi yang diraih oleh tim Merah-Putih sejak 24 Agustus 2011

bolaindonesia | 18:57 WIB

Miroslav Fernando terpental dari seleksi Timnas Indonesia U-16 karena demam berdarah (BD)

bolaindonesia | 14:12 WIB

Jalan berliku telah dilewati Bojan Hodak dengan mendongkrak posisi Persib yang di awal musim ada di papan bawah.Kini kemenangan luar atas Madura United mengantarkan Bojan Hodak berpeluang mencatat sejarah luar.

bolaindonesia | 14:51 WIB

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak