5 Alasan Timnas Indonesia U-23 bakal Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 berpotensi besar lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 untuk pertama kalinya setelah masuk Grup K bersama Taiwan dan Turkmenistan di babak kualifikasi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 27 Mei 2023 | 20:00 WIB
Skuad Timnas Indonesia U-22 saat mengalahkan Vietnam di semifinal SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Skuad Timnas Indonesia U-22 saat mengalahkan Vietnam di semifinal SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 menatap optimis Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, sederet faktor pendukung pun menambah keyakinan tiket putaran final aman di kantong.

Agenda besar Timnas Indonesia U-23 dalam menyongsong wajah baru sepak bola Tanah Air, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 jadi target selanjutnya.

Bermodal medali emas SEA Games 2023, skuad Garuda Muda tentu ingin meneruskan tren positif setelah euforia yang masih menjadi demam di Tanah Air.

Baca Juga: 8 Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-20 2023, Ada Tuan Rumah Argentina

Tergabung di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Turkmenistan dan Taiwan bakal jadi lawan di babak kualifkasi yang digelar di Indonesia.

Indonesia menjadi salah satu tuan rumah terpilih selain beberapa negara lainnya, hal ini tentu memberi keuntungan tersendiri.

Lantas faktor apa saja yang bisa membuat Timnas Indonesia U-23 mampu mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2024? berikut di antaranya.

Baca Juga: Profil Win Naing Tun, Rekrutan Baru Borneo FC Asal Myanmar yang Pernah jadi Top Skor Piala AFF U-19

1. Skuad Matang

Modal pertama Timnas Indonesia U-23 mengamankan satu tiket Piala Asia U-23 tahun depan adalah skuad matang yang sukses meraih medali emas SEA Games 2023.

Tim racikan Indra Sjafri diyakini bakal diturunkan di ajang ini, dengan sedikt perubahan di beberapa sektor, termasuk memasukkan pemain naturalisasi.

Baca Juga: Ditanya Soal Jordi Amat oleh Media Korea, Shin Tae-yong Beri Pujian Selangit

2. Faktor Keberuntungan

Sederet keuntungan bisa dimanfaatkan skuad Garuda Muda, mulai dari status tuan rumah babak kualifikasi hingga tergabung dalam grup relatif mudah.

Timnas Indonesia U-23 hanya akan melawan dua tim di babak ini, beda dengan grup lain yang berisi empat tim.

Baca Juga: Fiks Bukan Akira Nishino, Erick Thohir Pastikan Direktur Teknik yang Baru Berasal dari Jerman

3. Ambisi Besar

Pasukan Garuda Muda tentu memiliki ambisi besar menggebrak Asia lewat Piala Asia U-23 2024, ajang ini bakal dijadikan panggung pembuktian.

Lawan-lawan hebat tim Asia menjadi ujian sesungguhnya Marselino Ferdinan dkk, kemenangan pun jadi harga mati bagi mereka.

4. Euforia SEA Games 2023

Semangat pasca meraih medali emas SEA Games 2023 masih terasa, euforia tersebut masih menjadi demam bagi masyarakat Tanah Air.

Antusiasme masyarakat menanti Timnas Indonesia berlaga, terlepas hasil apa yang bakal diraih, kebanggaan melihat timnas bermain selalu ada di hati masyarakat.

5. Pelatih Jempolan

Timnas Indonesia punya dua pelatih jempolan yang bisa memimpin skuad Garuda Muda di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Indra Sjafri dan Shin Tae-yong merupakan dua pelatih terbaik Indonesia saat ini dengan prestasi mentereng yang diraih.

Shin Tae-yong terbukti mampu mengangkat performa Timnas Indonesia dengan peningkatan peringkat FIFA hingga saat ini.

Sementara Indra Sjafri baru saja mengakhiri puasa 32 tahun medali emas SEA Games, harapan besar pun ada di pundak kedua pelatih ini.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak