4 Pelatih yang Cocok Gantikan Shin Tae-yong andai Tinggalkan Timnas Indonesia

Shin Tae-yong kabarnya akan segera meninggalkan Timnas Indonesia usai Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 27 Mei 2023 | 15:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut empat pelatih yang cocok menggantikan Shin Tae-yong andai dirinya benar-benar pergi meninggalkan Timnas Indonesia.

Belakangan jagat sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan pengakuan Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan, Naver TV.

Dalam wawancaranya itu, pelatih berusia 52 tahun itu dengan tegas menyebutkan bahwa kontraknya dengan Timnas Indonesia berakhir usai Piala Asia 2023 pada Januari-Februari 2024.

Baca Juga: 8 Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-20 2023, Ada Tuan Rumah Argentina

Sejatinya, kontrak eks juru taktik Korea Selatan itu akan habis pada Desember 2023. Tapi mundurnya gelaran Piala Asia 2023 ke awal tahun 2024 membuat dirinya bertahan hingga ajang itu usai.

Dalam kesempatan lain, PSSI lewat salah satu Exco-nya, Arya Sinulingga, menuturkan bahwa belum ada kepastian soal kontra Shin Tae-yong pasca Piala Asia 2023.

Namun PSSI dikabarkan akan melakukan evaluasi berdasarkan target yang diberikan untuk mengetahui kontrak Shin Tae-yong diperpanjang atau tidak.

Baca Juga: Profil Win Naing Tun, Rekrutan Baru Borneo FC Asal Myanmar yang Pernah jadi Top Skor Piala AFF U-19

Dengan kata lain, besar kemungkinan Shin Tae-yong akan angkat kaki dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia pasca Piala Asia 2023 mendatang.

Kepergian Shin Tae-yong jelas akan membuat PSSI harus mencari pelatih baru sebagai penggantinya untuk menukangi Timnas Indonesia.

Jika benar mencari pengganti Shin Tae-yong, maka PSSI bisa melirik empat pelatih kenamaan yang cocok untuk menukangi Timnas Indonesia. Siapa saja?

Baca Juga: Ditanya Soal Jordi Amat oleh Media Korea, Shin Tae-yong Beri Pujian Selangit

1. Akira Nishino

Jika masih ingin menggunakan jasa pelatih asing yang berasal dari Asia Timur, PSSI bisa menunjuk nama Akira Nishino sebagai pengganti Shin Tae-yong.

Pelatih asal Jepang ini punya rekam jejak apik, karena pernah menukangi negaranya di Piala Dunia 2018 lalu di Rusia.

Baca Juga: Fiks Bukan Akira Nishino, Erick Thohir Pastikan Direktur Teknik yang Baru Berasal dari Jerman

Selain itu, ia juga akrab dengan sepak bola Asia Tenggara karena pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Thailand sebelum digantikan Alexandre Polking.

2. Thomas Doll

Selama melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menitikberatkan pada stamina atau fisik. Hal ini persis seperti yang dilakukan Thomas Doll di Persija Jakarta.

Pelatih asal Jerman itu juga punya kemiripan dengan Shin Tae-yong yang kerap mempercayakan pemain muda kala timnya bermain.

Dengan rekam jejak apik yang pernah menukangi Borussia Dortmund dan kemiripan gaya melatih, maka Thomas Doll bisa jadi pengganti yang cocok untuk Shin Tae-yong.

3. Bernardo Tavares

PSSI pun juga bisa melirik nama Bernardo Tavares yang belum lama ini menjadi pelatih terbaik Liga 1 2022-2023 berkat keberhasilannya membawa PSM Makassar menjadi juara.

Tak hanya membuat PSM Makassar menjadi juara Liga 1, pelatih asal Portugal ini juga mampu menyulap timnya menjadi salah satu kekuatan di Asia Tenggara di ajang Piala AFC 2022 lalu.

Di sisi lain, Bernardo Tavares juga gemar memainkan dan mengorbitkan pemain muda, hal yang sama seperti yang dilakukan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

4. Luis Milla

Tak perlu jauh-jauh, PSSI juga bisa menunjuk nama Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia untuk menggantikan Shin Tae-yong.

Pelatih Persib Bandung ini memiliki nilai plus sebagai pelatih yang pernah menukangi Timnas Indonesia. Selain itu, prestasinya di level tim nasional tak perlu diragukan.

Luis Milla juga dikenal sebagai pelatih yang mengedepankan taktik. Tak ayal, Timnas Indonesia sempat bermain indah di eranya dan mampu memanjakan mata pecinta sepak bola Tanah Air.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak