Fokus Perbaikan Wasit, Ini 3 Langkah Konkret Erick Thohir di Liga Indonesia Musim Depan

Wasit menjadi salah satu perhatian khusus PSSI untuk Liga Indonesia musim depan

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 25 Mei 2023 | 10:01 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) didampingi Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kiri). (Antara)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) didampingi Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kiri). (Antara)

Bolatimes.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir mengaku bakal memprioritaskan kesejahteraan wasit seiring peningkatan teknologi dalam kompetisi sepak bola Tanah Air.

Langkah konkret Erick Thohir dalam perbaikan Liga Indonesia di musim depan ini sebenarnya sudah diutarakan pada awal Februari 2023 lalu.

Hal ini menarik untuk diikuti realisasinya setelah sederet gebrakan yang dilakukan Erick Thohir yang belum lama menjabat Ketum PSSI.

Baca Juga: Mengapa Cyrus Margono Tak Disebut sebagai Pemain Naturalisasi? Begini Penjelasannya

Teranyar PSSI di bawah komando Erick Thohir bersiap mendatangkan jawara Piala Dunia 2022 Qatar, Argentina ke Indonesia pada Juni mendatang.

Bertajuk FIFA Matchday, Timnas Indonesia menantang Argentina dalam pertandingan resmi yang digelar pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan.

Optimisme masa depan cerah sepak bola Indonesia tentu semakin bermunculan, hal ini diharapkan menyebar ke seluruh elemen termasuk dunia perwasitan.

Baca Juga: Tak Mau Lionel Messi Cedera, Erick Thohir Pastikan Tak Ada Lapangan yang Berlubang

Setidaknya ada 3 langkah konkret Erick Thohir membangun ulang fondasi yang kokoh untuk dunia perwasitan sepak bola Indonesia, apa saja? berikut di antaranya.

1. Peningkatan Kesejahteraan Wasit (BPJS)

Erick Thohir merasa perlu melihat kondisi wasit sepak bola Indonesia, terlepas dari kontroversi yang dilakukan saat pertandingan.

Baca Juga: Pemain Indonesia Dapat Panggilan Bela Timnas Qatar untuk Piala Asia U-17 2023, PSSI Kecolongan?

Guna menjaga wasit dari aksi pengaturan skor, Erick mengusung program peningkatan kesejahteraan wasit sepak bola di Indonesia.

"Kami akan mendorong perbaikan perwasitan, sistem pertandingan, baru hitung-hitungan VAR," ucap Erick Thohir.

"Dari sana, dia meraih pendapatan Rp200 ribu per bulan sementara istrinya bekerja sebagai guru PAUD untuk tambahan dengan gajinya Rp900 ribu per tahun," lanjutnya.

Baca Juga: Makin Indonesia, Gadis Kamboja Phyadeth Rotha Kini Gandrungi Lagu Jawa yang Dinyanyikan Happy Asmara

"Ayolah kita memberikan empati. Jangan selalu menyalahkan wasit, wasit, wasit. Saya mendorong empati. Kami harus mengambil keputusan dengan hati, bukan kekuasaan," ujarnya lagi.

"Kami mesti mengambil keputusan berdasarkan data dan fakta, lalu menemukan solusi, bukan dengan menggunakan kekuasaan dan arogansi," imbuhnya.

2. Penggunaan VAR di Pertengahan Musim

PSSI akan menjadikan Liga 1 2023-2024 sebagai panggung uji coba penggunaan teknologi canggih perwasitan, Video Assistant Referre (VAR).

Penggunaan alat canggih ini rencananya dilakukan di pertengahan musim, Erick menegaskan setidaknya ada uji coba lebih dulu.

"Ini yang saya kesepakatan juga dengan liga," ujar Erick Thohir.

"Sistem VAR saya mau dilakukan, akan tetapi perlu ada training. Tidak mungkin di awal musim langsung menggunakan VAR"Paling tidak kita uji coba dulu. Kita tidak bisa melakukan sesuatu dengan sempurna.

"Anggap saja tahun ini percobaan dulu, nanti tahun depan akan lebih maksimal." imbuhnya.

Dengan penggunaan VAR, diharapkan keputusan-keputusan kontroversial dan tak masuk akal wasit Liga 1 Indonesia tak lagi diperlihatkan.

3. Penggunaan Wasit asal Jepang

Kepastian ini dikonfirmasi langsung Erick Thohir usai melakukan kesepakatan dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

Menurut Erick, langkah ini diambil sebagai salah satu upaya pembanguan sepak bola Indonesia lewat pembangunan kualitas kompetisi domestik.

"Kita akan menggunakan wasit Jepang. Kita sedang tunggu nama-namanya," ujar Erick.

"Dengan jalan ini kita berusaha perwasitan kita akan semakin baik.

"Ini adalah bagian pembangunan sepakbola Indonesia yang kita inginkan.

"Dengan liga yang berkualitas kita dapat menciptakan pemain dan tim nasional yang berkualitas juga." imbuhnya.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak