Profil Soponwit Rakyart, Kiper Thailand yang Dihukum 6 Bulan karena Menonjok Komang Teguh di SEA Games 2023

FA Thailand memberikan sanksi tegas untuk kiper Timnas Thailand U-22 yang menonjok Komang Teguh di final SEA Games 2023

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 24 Mei 2023 | 10:53 WIB
Kiper Timnas Thailand U-22, Soponwit Rakyart. (Dok. Changsuek)

Kiper Timnas Thailand U-22, Soponwit Rakyart. (Dok. Changsuek)

Bolatimes.com - Penjaga gawang Timnas Thailand U-22, Soponwit Rakyart, mendapatkan hukuman tegas dari Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) buntut aksi kekerasannya pada partai final SEA Games 2023.

Dalam laga itu, Soponwit Rakyart memang sempat terlibat adu jotos dengan bek Timnas Indonesia U-22, Komang Teguh Trisnanda. Dari tayangan ulang, Soponwit tertangkap kamera melayangkan bogem mentah kepada Komang.

"Tim pencari fakta sepakat bahwa sebagai orang dewasa, pelatih kiper dan ofisial tim harus cukup dewasa untuk mengendalikan situasi dan memberikan contoh yang baik bagi para pemain, yang berusia di bawah 22 tahun," kata FA Thailand dalam sebuah pernyataan resmi dilansir dari AFP, Selasa (23/5).

Baca Juga: Bukan Tiket Coldplay, Pratama Arhan Minta Ganjar Pranowo Perbaiki Jalan Rumahnya usai Raih Medali Emas SEA Games 2023

FA Thailand memberikan hukuman yang lebih ringan kepada Soponwit Rakyart dan Teerapak Prueangna karena mereka masih di bawah umur 22 tahun. Kedua pemain ini dijatuhi hukuman larangan bermain selama enam bulan.

"Sementara mereka mengambil bagian dalam insiden itu, mereka berada di bawah tekanan pertandingan dan telah meminta maaf, dan mereka masih muda, inilah alasan untuk mengurangi hukuman mereka," kata FA Thailand.

Profil Soponwit Rakyart

Baca Juga: Serius Hadapi Timnas Indonesia, Argentina Umumkan Skuad Pekan Depan

Soponwit Rakyart merupakan salah satu penjaga gawang Thailand yang memiliki prospek cerah di masa depan. Sebab, usianya masih terhitung muda dan sudah menjadi andalan Timnas Thailand U-22 di SEA Games 2023.

Kiper kelahiran 25 Januari 2001 ini mengawali kariernya bersama tim junior Muangthong United. Bersama klub ini pula, dia meneken kontrak pertamanya pada 1 Desember 2019. Padahal, saat itu usianya masih 18 tahun.

Meskipun demikian, Soponwit Rakyart masih harus bersabar untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain. Sebab, dia harus menjalani masa peminjaman terlebih dahulu untuk memperoleh jam terbang.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U-20 2023: Menang Telak, Argentina dan Amerika Serikat Kompak ke 16 Besar

Klub pertama yang menjadi tujuan pemain ini ialah Ayutthaya FC. Sebagai informasi, klub ini berkompetisi di kasta ketiga Liga Thailand. Setelah itu, dia mengakhiri masa pinjamannya pada Desember 2020.

Soponwit kembali menuju Ayutthaya United FC dengan status pinjaman pada akhir Agustus 2021. Untuk diketahui, klub ini berkompetisi di kasta kedua alias Thai League 2.

Pada musim 2022/2023, kiper berusia 21 tahun ini sempat memperkuat Phrae United di kompetisi kasta kedua. Selama semusim, dia mencatatkan 25 kebobolan dan tujuh cleansheet dari total 20 penampilannya di kasta kedua.

Baca Juga: Dukung Timnas Indonesia di Final SEA Games 2023, Masyarakat Kamboja Pamer Makanan Indomie

Kiprah itulah yang mengantarkan pemain ini menuju Timnas Thailand U-22 yang disiapkan untuk SEA Games 2023. Sayangnya, dia hanya bisa membantu meraih medali perak dan mencoreng namanya sendiri karena terlibat keributan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak