Profil Soponwit Rakyart, Kiper Thailand yang Dihukum 6 Bulan karena Menonjok Komang Teguh di SEA Games 2023

FA Thailand memberikan sanksi tegas untuk kiper Timnas Thailand U-22 yang menonjok Komang Teguh di final SEA Games 2023

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 24 Mei 2023 | 10:53 WIB
Kiper Timnas Thailand U-22, Soponwit Rakyart. (Dok. Changsuek)

Kiper Timnas Thailand U-22, Soponwit Rakyart. (Dok. Changsuek)

Bolatimes.com - Penjaga gawang Timnas Thailand U-22, Soponwit Rakyart, mendapatkan hukuman tegas dari Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) buntut aksi kekerasannya pada partai final SEA Games 2023.

Dalam laga itu, Soponwit Rakyart memang sempat terlibat adu jotos dengan bek Timnas Indonesia U-22, Komang Teguh Trisnanda. Dari tayangan ulang, Soponwit tertangkap kamera melayangkan bogem mentah kepada Komang.

"Tim pencari fakta sepakat bahwa sebagai orang dewasa, pelatih kiper dan ofisial tim harus cukup dewasa untuk mengendalikan situasi dan memberikan contoh yang baik bagi para pemain, yang berusia di bawah 22 tahun," kata FA Thailand dalam sebuah pernyataan resmi dilansir dari AFP, Selasa (23/5).

Baca Juga: Bukan Tiket Coldplay, Pratama Arhan Minta Ganjar Pranowo Perbaiki Jalan Rumahnya usai Raih Medali Emas SEA Games 2023

FA Thailand memberikan hukuman yang lebih ringan kepada Soponwit Rakyart dan Teerapak Prueangna karena mereka masih di bawah umur 22 tahun. Kedua pemain ini dijatuhi hukuman larangan bermain selama enam bulan.

"Sementara mereka mengambil bagian dalam insiden itu, mereka berada di bawah tekanan pertandingan dan telah meminta maaf, dan mereka masih muda, inilah alasan untuk mengurangi hukuman mereka," kata FA Thailand.

Profil Soponwit Rakyart

Baca Juga: Serius Hadapi Timnas Indonesia, Argentina Umumkan Skuad Pekan Depan

Soponwit Rakyart merupakan salah satu penjaga gawang Thailand yang memiliki prospek cerah di masa depan. Sebab, usianya masih terhitung muda dan sudah menjadi andalan Timnas Thailand U-22 di SEA Games 2023.

Kiper kelahiran 25 Januari 2001 ini mengawali kariernya bersama tim junior Muangthong United. Bersama klub ini pula, dia meneken kontrak pertamanya pada 1 Desember 2019. Padahal, saat itu usianya masih 18 tahun.

Meskipun demikian, Soponwit Rakyart masih harus bersabar untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain. Sebab, dia harus menjalani masa peminjaman terlebih dahulu untuk memperoleh jam terbang.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U-20 2023: Menang Telak, Argentina dan Amerika Serikat Kompak ke 16 Besar

Klub pertama yang menjadi tujuan pemain ini ialah Ayutthaya FC. Sebagai informasi, klub ini berkompetisi di kasta ketiga Liga Thailand. Setelah itu, dia mengakhiri masa pinjamannya pada Desember 2020.

Soponwit kembali menuju Ayutthaya United FC dengan status pinjaman pada akhir Agustus 2021. Untuk diketahui, klub ini berkompetisi di kasta kedua alias Thai League 2.

Pada musim 2022/2023, kiper berusia 21 tahun ini sempat memperkuat Phrae United di kompetisi kasta kedua. Selama semusim, dia mencatatkan 25 kebobolan dan tujuh cleansheet dari total 20 penampilannya di kasta kedua.

Baca Juga: Dukung Timnas Indonesia di Final SEA Games 2023, Masyarakat Kamboja Pamer Makanan Indomie

Kiprah itulah yang mengantarkan pemain ini menuju Timnas Thailand U-22 yang disiapkan untuk SEA Games 2023. Sayangnya, dia hanya bisa membantu meraih medali perak dan mencoreng namanya sendiri karena terlibat keributan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Nova Arianto sepertinya menggembleng fisik para pemain Timnas Indonesia U-16 dengan keras

bolaindonesia | 12:57 WIB

Begini komentar Nova Arianto usai Timnas Indonesia U-16 membantai Singapura

bolaindonesia | 07:34 WIB

Berposisi mirip dengan Pratama Arhan, Fabio Azka Irawan juga bisa melakukan lemparan super jauh

bolaindonesia | 07:27 WIB

Undian akan digelar pada 27 Juni 2024. Ingin satu grup dengan siapa?

bolaindonesia | 20:28 WIB

Piala AFF 2024 tidak menjadi prioritas utama PSSI untuk juara, malah SEA Games yang ditarget

bolaindonesia | 06:46 WIB

Terlalu mudah bagi Jerman, kandidat juara Euro 2024?

bolaindonesia | 19:20 WIB

Salah satu klub Premier League resmi menggaet bek mahal keturunan Indonesia dan langsung diikat kontrak 6 tahun

bolaindonesia | 19:12 WIB

Timnas Indonesia selangkah lagi melewati peringkat FIFA tertinggi yang diraih oleh tim Merah-Putih sejak 24 Agustus 2011

bolaindonesia | 18:57 WIB

Miroslav Fernando terpental dari seleksi Timnas Indonesia U-16 karena demam berdarah (BD)

bolaindonesia | 14:12 WIB

Jalan berliku telah dilewati Bojan Hodak dengan mendongkrak posisi Persib yang di awal musim ada di papan bawah.Kini kemenangan luar atas Madura United mengantarkan Bojan Hodak berpeluang mencatat sejarah luar.

bolaindonesia | 14:51 WIB

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak