Momen Wasit Bantu Kamboja saat Lawan Timnas Indonesia, tapi Tetap Gagal Lolos ke Semifinal

Kamboja mendapat bantuan wasit saat lawan Timnas Indonesia, tapi tetap berujung gagal lolos ke semifinal SEA Games 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 11 Mei 2023 | 20:01 WIB
Momen Adi Satryo gagalkan penalti pemain Kamboja saat dikalahkan Timnas Indonesia U-22 dengan skor 1-2 di SEA Games 2023. (Instagram)

Momen Adi Satryo gagalkan penalti pemain Kamboja saat dikalahkan Timnas Indonesia U-22 dengan skor 1-2 di SEA Games 2023. (Instagram)

Bolatimes.com - Melihat momen Kamboja mendapat ‘bantuan’ dari wasit saat menghadapi Timnas Indonesia. Meski sudah dibantu, tetap saja tuan rumah harus bertekuk lutut dan gagal ke semifinal SEA Games 2023.

Timnas Indonesia menjalani laga cukup sulit di laga terakhir grup A kala menghadapi tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja, Rabu (10/5) malam WIB.

Dalam laga tersebut, tim besutan Indra Sjafri ini cukup kesulitan karena bermain di hadapan pendukung tuan rumah yang memenuhi stadion.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bertemu Jepang di Piala Asia 2023, Duel Sandy Walsh vs Kaoru Mitoma Bakal Kembali Terulang

Akan tetapi, tetap saja tim berjuluk skuad Garuda Muda berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1 atas Kamboja.

Di pertandingan itu, Timnas Indonesia U-22 mampu mencetak gol terlebih dahulu lewat Titan Agung di menit ke-9 memanfaatkan bola liar di kotak penalti Kamboja.

Usai gol itu, Kamboja yang tampil ngotot demi meraih kemenangan mampu menyamakan kedudukan lewat Sin Sovannmakara di menit ke-45+1.

Baca Juga: Timnas Indonesia Sempurna di Fase grup saat Raih Emas di SEA Games 1991, Bakal Terulang?

Timnas Indonesia U-22 pun kemudian berhasil mengantongi kemenangan di babak kedua, kala Beckham Putra mampu mencetak gol di menit ke-52 dan mengubah papan skor menjadi 2-1.

Skor 2-1 itu bertahan hingga laga usai, yang membuat Timnas Indonesia U-22 lolos sebagai juara grup dengan menyapu bersih seluruh pertandingan grup A.

Namun di laga melawan Kamboja ini, Timnas Indonesia U-22 berjuang cukup keras demi bisa meraih kemenangan tipis 2-1 atas tuan rumah.

Baca Juga: Hasil Drawing Piala Asia 2023 dari Wakil ASEAN: Indonesia dan Vietnam Segrup, Malaysia serta Thailand Jumpa Lawan Berat

Apalagi adanya fakta bahwa Kamboja mendapat uluran tangan dari wasit yang memimpin laga melawan Timnas Indonesia U-22.

Uluran Tangan dari Wasit

Dalam laga yang berlangsung selama 90 menit di Olympic Stadium Phnom Penh itu, wasit sempat mengeluarkan keputusan yang menguntungkan Kamboja.

Baca Juga: Malaysia Bantai Singapura di SEA Games 2023, Netizen Malah Singgung Manchester United

Wasit yang memimpin laga tersebut yakni wasit asal China bernama Shen Yinhao. Keputusan aneh ia keluarkan saat laga memasuki menit ke-80, saat skor pertandingan masih 2-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Saat itu, wasit memberikan hadiah penalti kepada Kamboja, setelah bek Timnas Indonesia U-22, Muhammad Ferarri, melanggar pemain Kamboja.

Tanpa pandang bulu wasit langsung menunjuk titik putih. Tapi anehnya keputusan itu terlihat dalam tayangan ulang saat momen pelanggaran itu terjadi.

Terlihat bahwa Ferarri melakukan pelanggaran kepada pemain Kamboja di luar kotak penalti, dan pemain lawan menjatuhkan dirinya di dalam kotak penalti.

Keputusan wasit itu pun lantas menjadi perbincangan karena dianggap menguntungkan Kamboja yang tengah tertinggal gol dari Timnas Indonesia U-22.

Alhasil, Kamboja tetap mendapat penalti. Beruntung bagi Indonesia, Lim Pisoth yang jadi eksekutor gagal menuntaskan tugasnya usai kiper Timnas Indonesia U-22, Adi Satryo, mampu menepis tendangannya.

Meski Kamboja mampu mencetak gol lewat bola Rebound, tapi wasit menganulir gol itu, karena Lim Pisoth terlihat menindih badan Adi Satryo, sehingga dirinya tak bisa bergerak untuk menyelamatkan bola.

Keputusan wasit yang menguntungkan Kamboja tak hanya terjadi saat melawan Timnas Indonesia U-22 saja sepanjang SEA Games 2023 ini.

Di laga pertama kala melawan Timor Leste, Kamboja juga diuntungkan wasit setelah sang kiper, Reyth Lyheng, tak mendapat kartu kendati melakukan Handball di luar kotak penalti.

Nyatanya, meski mendapat keputusan yang menguntungkan dari wasit, Kamboja gagal melangkah ke semifinal SEA Games 2023, usai finis di peringkat ketiga grup A dengan raihan 4 poin saja.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak