Tak Terduga, Rio Fahmi Ternyata Curi Ilmu dari Eks Juventus yang Bikin Performanya Gemilang

Rio Fahmi ungkap dua sosok legenda ini membantu dirinya semakin bersinar.

Arif Budi Setyanto
Kamis, 04 Mei 2023 | 11:36 WIB
Rio Fahmi saat memperkuat Timnas Indonesia U-23. (Instagram/riofhm_)

Rio Fahmi saat memperkuat Timnas Indonesia U-23. (Instagram/riofhm_)

Bolatimes.com - Bek kanan andalan timnas Indonesia U-22, Rio Fahmi mengakui bahwa ada dua sosok yang membantu kualitasnya berkembang pesat. Mereka ada legenda Persija Ismed Sofyan serta eks Juventus Marco Motta.

Rio Fahmi semakin gemilang baik di Persija atau timnas. Nyatanya, ia menyabet gelar Pemain Muda Terbaik BRI Liga 1 2022/2023 serta masuk dalam Best XI BRI Liga 1 2022/2023.

Di timnas Indonesia U-22, bek berusia 21 tahun ini juga gemilang dengan menyumbangkan dua assist ketika Garuda Muda mengalahkan Filipina di SEA Games 2023.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar di SEA Games 2023 Hari Ini

Ternyata di balik kegemilangan Rio Fahmi, ada bantuan dari Ismed Sofyan dan Marco Motta. Ia mengaku mencuri ilmu dari dua seniornya karena sempat sekamar.

"Pada saat sistem bubble musim lalu saya juga selalu satu kamar dengan Marco. Pada kesempatan itu saya banyak belajar dari Marco bagaimana menjadi bek kanan yang baik dari mulai cara bertahan maupun menyerang," ucap Rio dikutip dari situs resmi Persija, Kamis (4/5/2023).

Bukan hanya itu, Rio juga sempat sekamar dengan Ismed di paruh kedua sistem bubble yang berlangsung di Bali. Maka dari itu, dua pemain tersebut yang berjasa di balik kegemilangan bek berusia 21 tahun ini.

Baca Juga: Ada Peran Simon McMenemy di Balik Fasilitas Mewah yang Didapat Timnas Indonesia U-22 di Kamboja

“Saya sangat berterima kasih kepada mereka yang telah memberikan banyak wejangan kepada saya sebelum mereka berdua meninggalkan Persija,” ujar Rio.

“Dengan kehadiran Bang Haji Ismed (Sofyan) dan Marco (Motta) sebagai senior di musim lalu sangat membantu perkembangan permainan saya,”imbuhnya.

Adapun Rio Fahmi masih akan berjuang dengan timnas Indonesia U-22. Selanjutnya skaud Garuda bakal menghadapi Myanmar dalam lanjutan fase grup SEA Games 2023, Kamis (4/5/2023) sore WIB.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Reaksi Mama Ragnar Oratmangoen ternyata kaget saat mendengar putranya memilih Timnas Indonesia ketimbang Belanda, namun apakah dia senang mengenai hal tersebut? Simak beritanya.
bolaindonesia | 09:58 WIB
Kemenangan yang diraih Arema FC atas Persis Solo menjadikan persaingan papan bawah klasemen BRI Liga 1 makin sengit
bolaindonesia | 09:58 WIB
Pemain keturunan Indonesia asal Feyenoord Rotterdam diminta gabung Timnas Indonesia untuk menjadi tandem Rafael Struick, gaya mainnya disebut mirip Tijjani Reijnders.
bolaindonesia | 08:29 WIB
Pelatih Persib Bojan Hodak bicara soal peluang menit bermain bagi para pemainnya. Ada cara yang harus dilakukan para pemain Persib agar bisa merasakan atmosfer pertandingan. Hal itu harus ditunjukan pada sesi latihan dan pertandingan.
bolaindonesia | 08:00 WIB
Bek asing Persib Bandung Nick Kuipers memberikan peringatan kepada Persik Kediri. Kedua tim akan saling berhadapan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Ahad 10 Desember 2023, pukul 19.00 WIB.
bolaindonesia | 07:00 WIB
Ragnar Oratmangoen digadanga akan mebela Timnas Indonesia setelah proses naturalisasi selesai, dirinya mengaku senang
bolaindonesia | 21:14 WIB
Jenson Seelt pemain keturunan yang pernah diproyeksikan Shin Ta-yong untuk dinaturalisasi, kini hanya menjadi penghias bangku cadangan bersama klub divisi kedua Liga Inggris Sunderland.
bolaindonesia | 19:40 WIB
Laga Persib Bandung vs Persik Kediri menyita atensi para Bobotoh, para supporter turut menyorot performa Febri Hariyadi pada BRI Liga 1 2023/2024 yang performanya masih minim kontribusi buat Maung Bandung.
bolaindonesia | 18:59 WIB
Lanjutan Liga Super 2 Yunani antara Diagoras vs Panathinaikos B akan terjadi duel dari dua pemain keturunan Indonesia, bahkan salah satunya bakal dinaturalisasi.
bolaindonesia | 18:40 WIB
Nova Arianto mengkonfirmasi jika Shin Tae-yong mendapat undangan ke acara pernikahannya Egy Maulana Vikri dan Adiba Khanza.
bolaindonesia | 17:25 WIB
Bek kiri Timnas Indonesia Shayne Pattynama menjawab soal teka-teki klub barunya usai resmi meninggalkan Viking FK.
bolaindonesia | 17:04 WIB
Kejadian ini kerap terjadi di Liga 1. Oleh karena itu, Pelatih Persib Bojan Hodak meminta anak asuhnya tetap fokus dan hati-hati saat menghadapi Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Ahad 10 Desember 2023.
bolaindonesia | 16:00 WIB
Pelatih Jepang Hajime Moriyasu mengerim sinyal peringatan keras kepada rival-rivalnya di Piala Asia 2023, termasuk Timnas Indonesia yang dinakhodai Shin Tae-yong.
bolaindonesia | 15:38 WIB
Mantan orang PSSI buka-bukaan soal isu pemborosan dana dalam hal mengurus pemain naturalisasi Timnas Indonesia, ternyata fakta sebenarnya begini.
bolaindonesia | 15:12 WIB
Kemenangan menjadi harga mati bagi Nick Kuipers saat Persib menghadapi Persik di pekan 22 Liga 1 2023/2024 di Stadion GBLA, Ahad 10 Desember 2023. Kuipers ingin membalas hasil kurang memuaskan yang diraih Persib pekan lalu atas PSM di depan bobotoh.
bolaindonesia | 15:00 WIB
Henhen Herdiana melakoni debutnya bersama Persib Bandung dengan tampil di sebagai pemain pengganti melawan PSM Makassar. Pada laga tersebut, Henhen Herdiana tidak bermain di posisi aslinya dan ia mengaku akan tetap profesional.
bolaindonesia | 14:00 WIB
Pelatih Persib Bojan Hodak tebar psywar jelang hadapi Persik Kediri, besok. Pelatih asal Kroasia ini memberikan satu peringatan untuk skuad Marcelo Rospide dan menyebut dua predator buas Persib Bandung, Ciro Alves dan David Da Silva.
bolaindonesia | 13:31 WIB
Nilai Skuad Garuda jauh lebih mahal dibanding Libya, namun kalah di peringkat FIFA
bolaindonesia | 13:29 WIB
Tampilkan lebih banyak