Dony Tri Pamungkas, Jadi Andalan Thomas Doll dan STY, tapi Ditendang Indra Sjafri

Indra Sjafri lebih memiliki bek jebolan Liga 2 yang minim menit bermain dan belum punya pengalaman internasional

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 02 Mei 2023 | 13:47 WIB
Bek Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, dalam pertandingan melawan Guatemala. (Dok. PSSI)

Bek Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, dalam pertandingan melawan Guatemala. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dony Tri Pamungkas tengah menjadi perbincangan pecinta sepak bola Indonesia. Hal ini lantaran dirinya tak masuk dalam bagian 20 pemain yang dibawa Indra Sjafri ke SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, Indra Sjafri telah memboyong 20 pemain yang akan diandalkannya untuk SEA Games 2023 Kamboja.

20 pemain itu ditentukannya dari hasil pemusatan latihan sekaligus seleksi yang dilakukan sejak Maret 2023 lalu, dengan melibatkan pemain-pemain muda dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Baca Juga: Profil Adrian Mierzejewski, Eks Pemain Al Nassr yang Sindi Keras 'Selebrasi Lebay' Cristiano Ronaldo

Setelah melakukan seleksi terhadap pemain Liga 2 dan Liga 3, Direktur Teknik PSSI itu melakukan seleksi terhadap para pemain Liga 1 dalam pemusatan latihan gelombang ketiga.

Nama-nama beken pun dibawa, termasuk nama-nama yang diproyeksikan Timnas Indonesia U-20 untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Total ada tujuh pemain Timnas Indonesia U-20 yang dipanggil Indra Sjafri untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 guna SEA Games 2023.

Baca Juga: Profil Marcelo Rospide, Pelatih Baru Persik Kediri yang Pernah Tangan Klub Raksasa Brasil

Ketujuh nama tersebut adalah Daffa Fasya, Muhammad Ferarri, Dony Tri Pamungkas, Ahmad Maulana, Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, dan Ronaldo Kwateh.

Dari tujuh nama itu, hanya ada dua nama terpilih yang masuk ke dalam daftar 20 pemain untuk SEA Games 2023, yakni Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferarri.

Daffa Fasya, Ahmad Maulana, Hokky Caraka, Dony Tri Pamungkas tak terpilih. Sedangkan Ronaldo Kwateh absen akibat cedera.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Myanmar vs Timor Leste di SEA Games 2023 Sore Ini

Dari empat pemain yang diabaikan Indra Sajfri itu, nama Dony Tri Pamungkas banyak disesali oleh pecinta sepak bola Indonesia karena tak dibawa ke SEA Games 2023.

Apalagi berkaca pada fakta bahwa Dony Tri Pamungkas sebagai salah satu pemain muda berbakat yang begitu dipercayai oleh pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Dipercaya Thomas Doll dan STY, Diabaikan Indra Sjafri

Baca Juga: Timnas Indonesia U-22 Dapat Sedikit Keuntungan jelang Laga Lawan Myamnar, Apa Itu?

Nama Dony Tri Pamungkas tengah melejit dalam setahun terakhir, pasca dirinya sempat menjadi pemain termuda yang mencetak debut di Liga 1 pada musim 2021-2022 lalu pada usia 16 tahun.

Usai mencetak debutnya, Dony Tri sempat beberapa kali masuk ke dalam skuad Persija Jakarta dan masuk sebagai pemain cadangan.

Akan tetapi nasibnya berubah drastis seiring kehadiran Thomas Doll sebagai pelatih Persija. Sejak kehadiran pelatih asal Jerman itu, pemain berusia 18 tahun ini mendapat kesempatan bermain.

Kesempatan bermain ini tak hanya sebagai pemain pengganti saja, melainkan juga menjadi starter di kancah Liga 1 2022-2023.

Di Liga 1 2022-2023 lalu, ia mencatatkan 14 penampilan dan tiga kali menjadi starter dengan menyumbangkan dua assist.

Dua assist tersebut dicetaknya lewat kepiawaian Dony Tri dalam mengeksekusi bola mati yang membuat Persija menang dramatis atas Bali United dengan skor 3-2.

Tak hanya andal dalam melakukan Set Pieces, Dony Tri yang bisa dipasang sebagai winger, Wing Back, dan Fullback ini juga andal dalam melakukan dribel dan tusukan ke area lawan.

Gaya bermainnya tersebut membuat Dony Tri masuk dalam skuad Shin Tae-yong untuk Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Di Piala Asia U-20 2023, Dony Tri jadi andalan di fase grup dan dimainkan sebagai gelandang sayap kiri oleh Shin Tae-yong dengan tiga kali menjadi starter.

Di Piala Asia U-20 2023 sendiri, Dony Tri bertugas sebagai eksekutor bola mati seperti sepak pojok, dan salah satu sumber serangan Timnas Indonesia U-20 lewat sisi kiri.

Usai gagal di Piala Asia U-20 2023, Dony Tri masuk dalam skuad untuk Piala Dunia U-20 2023. Sayangnya, ajang tersebut batal digelar.

Atas penampilan apiknya di Persija dan Timnas Indonesia U-20, Dony Tri diprediksi bisa masuk untuk skuad Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Tapi apa daya, Indra Sjafri mencoretnya dan memilih tak memasukkannya ke dalam daftar 20 pemain untuk SEA Games 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB
Tampilkan lebih banyak