CEK FAKTA: Argentina Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI Sujud Syukur

Apakah benar Argentina batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 hingga PSSI sujud syukur? Berikut faktanya.

Kamis, 13 April 2023 | 07:52 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino. (Instagram/@pssi)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Argentina ramai di  YouTube dikabarkan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, PSSI pun sujud syukur. Apakah informasi itu benar? Cek faktanya.

Kabar Argentina batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 diunggah kanal YouTube Kreator Bola. Dalam video tersebut, mereka menulis judul "PSSI Sujud Syukur! Argentina Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023".

Sementara thumbnail atau cover video tersebut menunjukkan foto Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino sedang memegang bola dilengkapi tulisan "Indonesia Kembali Ditunjuk FIFA Tanggal 11 April 2023" dan DETIK-DETIK SUPORTER ARGENTINA DEMO TOLAK PIALA DUNIA".

Baca Juga: Beda dengan Sebelumnya, Piala Juara BRI Liga 1 PSM Makassar Akan seperti Trofi Piala Dunia

Para pemain Timnas Argentina U-20 melakukan selebrasi setelah Gino Infantino mencetak gol ke gawang Peru dalam pertandingan Grup A Copa America U-20 2023 di stadion Pascual Guerrero di Cali, Kolombia, pada 25 Januari 2023.JOAQUIN SARMIENTO / AFP.
Para pemain Timnas Argentina U-20 melakukan selebrasi setelah Gino Infantino mencetak gol ke gawang Peru dalam pertandingan Grup A Copa America U-20 2023 di stadion Pascual Guerrero di Cali, Kolombia, pada 25 Januari 2023.JOAQUIN SARMIENTO / AFP.

Hingga artikel ini dibuat, video berdurasi 3 menit 9 detik itu sudah ditonton sekitar 9.500 orang setelah tayang pada Selasa (11/4/2023) malam WIB.

Per Rabu (12/4/2023) pagi WIB, sebanyak 13 komentar pun telah menghiasi video dengan judul dan kabar bombastis tersebut.

PENJELASAN

Baca Juga: Persib Bandung Protes Soal Jatah Kompetisi Asia, Kirim Surat ke PT LIB

Logo Piala Dunia U-20 2023. (Foto: FIFA)
Logo Piala Dunia U-20 2023. (Foto: FIFA)

Video yang diunggah Kreator Bola dibuka narasi bahwa FIFA bekerjasama dengan Indonesia untuk menciptakan persekabolaan nasional yang lebih baik khususnya perihal infrastruktur.

Narator video tersebut menjelaskan terkait peluang Indonesia untuk tetap tampil di Piala Dunia U-20 2023 kendati status tuan rumah telah dicabut FIFA.

Kemudian, video tersebut memaparkan terkait progres Argentina jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Mereka menyebutkan beberapa kendala dari masalah infrastruktur hingga skandal suap yang dilakukan Argentina.

Baca Juga: Juara 4 Kali Liga Thailand Pantau Pratama Arhan yang Cuma Jadi Cadangan di Tokyo Verdy

Narator mengklaim situasi itu bisa membuat Argentina batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Presiden FIFA sebelumnya meyakini Argentina menjadi tuan rumah, tetapi [dengan situasi] saat ini menjadi sulit. Indonesia pun berharap Argentina batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," jelas narator video Kreator Bola.

KESIMPULAN

Baca Juga: Kondisi Terkini Dony Tri Pamungkas usai Wajahnya Kena Tendangan Kungfu hingga Berdarah

Berdasarkan thumbnail dan judul video tersebut, kanal YouTube Kreator Bola tidak menyampaikan informasi yang sesuai. Mereka bahkan tidak menyebutkan sama sekali terkait sumber berita yang digunakan dalam penyampaian narasi tersebut.

Selain itu, tidak ada laporan dari PSSI maupun FIFA serta media internasional terkait Argentina batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Bahkan, FIFA sendiri belum menunjuk negara manapun sebagai host untuk menggantikan posisi Indonesia yang dicabut statusnya pasca gelombang penolakan terhadap timnas Israel sebagai salah satu dari 24 peserta.

Ikuti berita Bolatimes.com di GOOGLE NEWS

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak