5 Negara Asia yang Ranking FIFA-nya Berpotensi Disalip Indonesia, Termasuk Musuh Bebuyutan Malaysia

Indonesia yang kini berada di ranking 149 dunia berpotensi salip 5 negara Asia ini.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 10 April 2023 | 17:45 WIB
Potret pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023. (Dok. PSSI)

Potret pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara Asia yang ranking FIFA-nya berpotensi disalip Timnas Indonesia, di mana salah satunya adalah rival abadi, yakni Malaysia.

Belum lama ini, ranking FIFA Timnas Indonesia melonjak drastis dari peringkat ke-151 dunia menjadi peringkat ke-149 dunia.

Keberhasilan naik peringkat ini tak lepas dari kesuksesan tim besutan Shin Tae-yong itu kala melakoni FIFA Matchday Maret 2023 melawan Burundi.

Baca Juga: Masuk Grup Neraka SEA Games 2023, Pelatih Vietnam Melakukan Perubahan Tak Terduga

Dalam pertandingan yang berlangsung sebanyak dua kali itu, tim berjuluk skuad Garuda ini mampu meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Berhubung Burundi memiliki ranking yang lebih tinggi ketimbang Indonesia, maka kemenangan dan hasil imbang itu memberikan poin signifikan untuk tim Merah Putih.

Alhasil, posisi Timnas Indonesia pun langsung meroket, dari yang sebelumnya ada di peringkat ke-151 dan kini duduk di peringkat ke-149.

Baca Juga: Menilik Kans Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Misi Maha Sulit

Dengan masih adanya kalender FIFA lainnya yang tersisa di tahun 2023 ini, Timnas Indonesia pun masih bisa mengatrol posisinya di ranking FIFA.

Karenanya, ada potensi Timnas Indonesia bisa menggusur negara-negara Asia lainnya di peringkat FIFA atasnya, yang juga berfungsi untuk mengatrol posisi di ranking Asia.

Lantas, negara Asia mana saja yang posisinya di ranking FIFA bisa digusur oleh Timnas Indonesia? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Kamboja Bongkar 3 Tahapan Latihan Persiapan SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 Wajib Waspada

1. Hong Kong

Hong Kong saat ini duduk di peringkat ke-147 dunia, atau hanya unggul dua tingkat saja dari Timnas Indonesia di ranking FIFA dengan raihan 1057,03 poin.

Timnas Indonesia pun berpotensi menggusur posisi negara tersebut andai bisa meraih kemenangan pada FIFA Matchday di bulan Juni 2023 mendatang.

Baca Juga: CEK FAKTA: Zlatan Ibrahimovic Jadi Incaran Persija Jakarta dan Persib Bandung, Dikontrak hingga 2027

2. Kuwait

Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Kuwait, juga berada di atas Indonesia pada ranking FIFA, dengan menduduki peringkat ke-143 dengan 1071,92 poin.

Dengan adanya FIFA Matchday di bulan Juni 2023 dan bulan-bulan selanjutnya, Timnas Indonesia yang punya 1046,14 poin bisa saja menggusur Kuwait andai bisa meraih kemenangan di FIFA Matchday.

3. Malaysia

Rival abadi Timnas Indonesia, Malaysia, menjadi negara yang rankingnya naik drastis, hingga kini duduk di peringkat ke-138 dunia dengan 1082,13 poin.

Andai Timnas Indonesia bisa konsisten meraih kemenangan dari lawan-lawan berat pada FIFA Matchday mendatang, maka bukan hal yang mustahil untuk menggusur Malaysia di peringkat itu.

4. Turkmenistan

Timnas Indonesia juga bisa menggusur Turkmenistan yang kini duduk di peringkat ke-137 dunia dengan mengantongi 1095,20 poin.

Di FIFA Matchday mendatang, Turkmenistan wajib mewaspadai Timnas Indonesia yang punya rekam jejak bagu selama melakoni agenda FIFA dalam beberapa tahun terakhir.

5. Filipina

Tak ada yang menyangka Filipina bisa menduduki peringkat ke-136 FIFA mengungguli negara-negara kuat, dengan raihan 1097,67 poin.

Timnas Indonesia pun berpeluang menggusur Filipina, menyusul performa tim berjuluk The Azkals itu yang cenderung inkonsisten dan kerap menuai kekalahan dari negara-negara lainnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak