Profil Jose Mendy, Bek Kiri Senegal yang Jadi Penutan Felix Kamuru di Garuda Select

Jose Mendy kerap dipercaya di posisi bek kiri Garuda Select. Felix Kamuru pun mengakui belajar banyak dari sang pemain

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 07 April 2023 | 18:30 WIB
Bek Garuda Select Jose Mendy. (Instagram/@programgarudaselect)

Bek Garuda Select Jose Mendy. (Instagram/@programgarudaselect)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Jose Mendy, pemain asal Afrika yang mengikuti program Garuda Select angkatan kelima di Inggris.

Indonesia mengenal program Garuda Select sebagai sebuah program yang memberi jalan bagi talenta muda Tanah Air untuk menimba ilmu.

Hal ini diketahui dari banyaknya pemain muda Indonesia yang berangkat ke Inggris dan dilatih oleh nama-nama besar seperti Dennis Wise dan Des Walker.

Baca Juga: Ikut Tanggapi Indonesia yang Tak Dapat Sanksi Berat, Media Malaysia Sebut FIFA Masih Sayang

Namun belakangan, Garuda Select tak hanya berisikan pemain muda Indonesia saja, melainkan juga para pemain muda dari negara-negara lainnya.

Hal ini terlihat sejak angkatan ketiga, di mana ada dua pemain Italia, yakni Elia Di Giuliomaria dan Lorenzo Berra yang turut berpartisipasi.

Lalu di angkatan kelima ini, jumlah pemain muda asing bertambah di Garuda Select. Tak hanya Indonesia dan Italia, ada pula pemain dari Australia hingga dari benua Afrika.

Baca Juga: Perlahan Namun Pasti, Marselino Ferdinan Mulai Dipercaya Pelatih KMSK Deinze untuk Tampil Starter di Laga Malam Nanti

Adapun pemain dari benua Afrika itu berasal dari Senegal. Pemain tersebut adalah Jose Mendy yang masuk Garuda Select angkatan keempat.

Namanya menjadi perbincangan setelah tampil mempesona di Garuda Select. Penampilan apiknya bahkan diapresiasi staf kepelatihan dan juga rekan-rekannya.

Salah satunya Felix Kamuru yang menyebut Jose Mendy sebagai bek kiri yang punya visi bermain mumpuni dan kelihaian dalam mengolah si kulit bundar.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Dikode Pelatih Bakal Starter Lagi, KMSK Deinze Bisa Ulangi Pesta Gol?

Uniknya, Jose Mendy bisa dikatakan pemain termuda di Garuda Select angkatan keempat ini, di mana dirinya baru berusia 15 tahun.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari Jose Mendy, permata asal Afrika yang mencuri perhatian di Garuda Select.

Bek Kiri dengan Postur Menjulang

Baca Juga: Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon, Persiapan SEA Games 2023

Tak begitu banyak referensi mengenai sosok Jose Mendy, terutama soal tanggal lahirnya. Hanya saja, diketahui ia baru berusia 15 tahun dan berasal dari Senegal.

Pada awalnya, Jose Mendy bergabung Garuda Select lewat seleksi, di mana ia berhasil menembus program tersebut dengan kemampuannya.

Kemampuannya ini pun tak lepas dari kesehariannya di kampung halamannya di Senegal yang aktif bermain sepak bola.

Dari sanalah kemampuannya terasah, sehingga para staf kepelatihan Garuda Select kemudian membawanya ke Inggris untuk mengikuti program itu.

Pada awal mula bergabung Garuda Select, yakni di angkatan keempat, pemain bernama lengkap Jose Gabriel Mendy ini sempat mengalami kesulitan.

Pasalnya, Garuda Select lebih mengandalkan teknik dan taktik, ketimbang permainan fisik seperti yang ia rasakan saat bermain di Afrika.

Dalam wawancaranya bersama Mola TV, Jose Mendy pun mengaku bahwa dirinya ingin mengasah kemampuannya di Garuda Select untuk meningkatkan kemampuannya.

Setelah itu, Jose Mendy pun akan mencoba peruntungan menembus kancah profesional dan mendapat kontrak, terutama dari tim Eropa.

Gaya bermain Jose Mendy yang penuh determinasi itu bahkan membuat pemain Garuda Select asal Indonesia seperti Felix Kamuru yang lebih tua darinya, banyak belajar dari pemain asal Senegal itu.

“Apa yang saya pelajari dari Jose (Mendy) adalah ketenangannya, lalu cara dia melepaskan Crossing (umpan silang), bertahan dan menyerang,” ujar Felix Kamuru.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak