CEK FAKTA: Erick Thohir Resmi Mundur dari PSSI seusai Piala Dunia U-20 2023 Batal Digelar, Benarkah?

Beredar kabar bahwa Erick Thohir mundur dari kursi Ketum PSSI setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar. Cek faktanya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 31 Maret 2023 | 11:10 WIB
Cek fakta Erick Thohir dikabarkan mundur dari PSSI. (YouTube/Kreator Bola)

Cek fakta Erick Thohir dikabarkan mundur dari PSSI. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Baru-baru ini, kanal YouTube Kreator Bola mengunggah video dengan narasi yang menggegerkan karena menyebut bahwa Erick Thohir mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Menurut penjelasan kanal YouTube Kreator Bola itu, Erick Thohir memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi Ketua Umum PSSI setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia.

Narasi semacam itu juga tergambar melalui judul yang disematkan oleh Kreator Bola dalam video yang diunggah pada Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: 3 Pesan Shayne Pattynama untuk Pemain Timnas Indonesia U-20

“Erick Thohir Mundur! Timnas Makin Tak Bisa Diselamatkan – PSSI Harus terima Beban Berat,” bunyi judul dari video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola, Kamis (30/3/2023).

Tak hanya dari judulnya, kanal YouTube Kreator Bola juga memberikan penjelasan di dalam video tersebut. Ada narasi yang menyebut bahwa Erick Thohir sudah tidak kuat memimpin PSSI.

“Ya, apakah ini akan menjadi pertanda Erick Thohir tidak kuat memimpin PSSI. Tentu akan menjadi tanda tanya,” bunyi narasi kanal Youtube Kreator Bola.

Baca Juga: Masa Depan Terancam, Striker Timnas U-20 Khawatir Indonesia Disanksi FIFA usai Batal Gelar Piala Dunia

“Jika Erick Thohir serta pengurus-pengurs baru mundur, tentu ini akan menjadi kekecewaan,” lanjutnya.

PENJELASAN

Sejauh ini, tidak ada satu pun pernyataan dari Erick Thohir yang menyebutkan bahwa dirinya akan mundur dari Ketua Umum PSSI setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia.

Baca Juga: Sudah Disetujui DPR, 3 Alasan Justin Hubner Tidak Lagi Berminat Dinaturalisasi Menjadi WNI

Bahkan, Erick Thohir mengajak seluruh pihak untuk membuktikan kepada FIFA bahwa Indonesia bisa bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola.

"Kita harus tegar. Saya minta semua pecinta sepakbola tetap berkepala tegak atas keputusan berat FIFA ini,” kata Erick Thohir dikutip dari situs resmi PSSI.

“Sebab saya berpendirian, karena itu, ini saatnya kita harus membuktikan kepada FIFA untuk bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola, menuju sepak bola bersih dan berprestasi," imbuhnya.

Baca Juga: Media Inggris Sebut Gareth Southgate Merasa Terpukul usai Batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Jadi, tidak ada satu pun kata-kata atau penjelasan yang diberikan Erick Thohir bahwa dirinya memilih untuk meletakkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

KESIMPULAN

Merujuk pada penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi dan informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube kreator bola itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, Erick Thohir sampai saat ini masih menjadi Ketua Umum PSSI, dan dia juga tidak memberikan pernyataan apa pun soal rencana mundur dari jabatannya.

Dengan demikian, informasi dan narasi yang disampaikan oleh kanal YouTube Kreator Bola itu dapat dikategorikan sebagai hoaks atau berita palsu.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak